MENGENAL GILI MENO LEBIH DEKAT

Warga net tentunya sudah tidak asing dengan wisata air di Pulau Lombok. Yap ,Kali ini kita akan membahas mengenai wisata di Gili Meno yang patut disambangi ya sobat travelers. Gili Meno ini adalah salah satu dari tiga pulau terkecil selain Gili Trawangan dan Gili Air. Di bagian utara Pulau Lombok terdapat 3 pulau indah yang selalu jadi primadona wisata Lombok. Ketiga pulau ini jaraknya memang berdekatan ya guys. Meski jaraknya berdekatan namun karakter ketiga nya sangat berbeda. Nama Gili Trawangan sudah lebih dulu melambung melebihi 2 gili lainnya. Karena memang Gili Trawangan adalah gili yang pertama kali dikembangkan dan diperkenalkan kepada khalayak ramai. Berbanding terbalik dengan Trawangan. Gili Meno bisa dibilang jauh dari hingar bingar “party island”. Nah, simak terus yuk keindahan Gili Meno yang wajib ditilik dari segi wisata pantainya.

 

PULAU GILI MENO, PULAU ROMANTIS BAK SURGA TERSEMBUNYI

Mengikuti saudaranya, Gili Trawangan, di Gili Meno mulai ramai dibangun penginapan/ bungalows / villa dengan fasilitas sederhana hingga fasilitas mewah. Wisatawan yang berkunjung ke Bali atau Lombok biasanya menyempatkan waktu untuk berkunjung ke pulau ini. Pulau ini berpasir putih serta berair jernih sehingga cocok untuk wisatawan menikmati dan menghabiskan waktu dengan aktivitas olahraga air atau sekedar jalan-jalan keliling pulau.  Gili Meno merupakan destinasi tepat bagi mereka yang ingin menikmati suasana pulau nan damai, tenang dan alami. Lebih dari hal tersebut, Gili Meno memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan dua gili yang mengapitnya.

Apa saja sih kelebihan Wisata Gili Meno ini ? Nah jangan kemana2 ya guys, tetap pantengin ulasan menarik kami disini ya guys.

1. Pantai Pasir Putih memukau “One of The Best White Sand Beach”

Gili Meno ini dikelilingi oleh hamparan pasir putih sejauh mata menandang. Pemandangan pantai berpasir putih ini disinyalir sebagai pemandangan terbaik dibanding di 2 Gili lainnya yakni Air dan Trawangan. Air laut nya bersih serta ombak yang tenang menjadi alasan utama Gili Meno dinobatkan sebagai pantai berpasir putih terbaik disbanding 2 gili lainnya. Selain itu Meno adalah salah satu tempat snorkeling dan diving terbaik di Lombok Utara dengan biota laut yang sangat beragam. Kenapa? Karena wisatawan yang berkunjung ke Trawangan pun pada akhirnya selalu menyempatkan diri untuk melakukan aktivitas air disini.

2. Biota Laut Gili Meno yang Lebih Bervariasi

Pernah mendengar bahwa hanya ada dua tempat yang masih menyimpan keindahan karang biru nya? Yap, karang biru tersebut hanya ada di Caribbean Island dan di Lombok tentunya. Di Gili Meno ini sobat travelers dapat menjumpai dengan mudah karang-karang biru yang hanya berjarak beberapa meter saja dari bibir pantainya. Di Gili eno ini masih terdapat banyak ragam biota laut yang masih sangat alami baik dari jenis ikan maupun dari jenis karang nya. Daya tarik utama dari Gili Air yakni berenang bersama banyak penyu jika beruntung. Tentunya jika melakukan aktivitas air seperti paddling, snorkeling, atau bahkan diving.

3. Memiliki danau yang cantik dengan gugusan bakau disekitarnya

Merupakan satu-satunya gili yang memiliki danau. Suasana natural dapat dirasakan ketika menaiki jembatan kayu yang dibuat melingkar pada area ini. Disini wisatawan dapat juga mengabadikan pemandangan indah dengan background pohon bakau dan beberapa burung besar yang masih tinggal secara liar di tempat ini. Atmosfir alam tetap terasa saat menapaki tempat ini. Jangan lewatkan pula untuk melihat proses pembuatan garam dengan cara yang masih tradisional.

4. Suasana Romantis dan Santai dipadu alunan ombak yang tenang

Mencari suasana romantic dan intimate? Di sini tempatnya. Meno merupakan tempat wisata honeymoon di Lombok yang cukup diminati. Tempat ini menjadi tempat favorit wisata Lombok untuk honeymoon dan wisata keluarga tentunya. Selain suasana lebih tenang, di Gili Meno tidak terdapat club / hingar bingar pesta si malam hari seperti di Trawangan. Sehingga bagi wisatawan yang sangat mendambakan ketenangan jauh dari keramaian tempat ini sangat cocok sebagai pilihan wisata Lombok bagian utara selama beberapa hari.  

 

CARA MENUJU KE GILI MENO

Nahhh untuk mencapai ke Gili Meno anda bisa menempuh dua jalur alternatif nih guys.

1. Jalur pertama

Yaitu jalur lewat tepi pantai dengan rute Mataram-Senggigi-Pemenang. Jalur ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam perjalanan. Bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan mobil atau sepeda motor. Di sepanjang jalur ini anda akan disuguhi hamparan biru nya laut dibingkai pasir putih yang menawan. Jalur ini dibuat khusus karena mengikuti kontur / bentuk jalan daratan di Gili Meno. Anda dapat menemukan pemandangan istimewa yakni pemandangan Bukit Malimbu dan bukit Serumbu.

2. Jalur kedua

Yaitu jalur dengan rute Mataram-Pusuk-Pemenang. Rute ini sangat cocok bagi anda yang senang dengan keanekaragaman hayati. Karena disini terdapat spot enarik yakni Pusuk Pass. Pusuk Pass merupakan salah satu bagian yang masih dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Di area ini anda bisa berhenti sejenak untuk beristirahat sembari menikmati rimbunnya hutan dan “berburu” kera / monyet untuk diberi makan. Wisatawan yang melewati jalur ini biasanya akan menghentikan laju kendaraannya sejenak dan mengambil gambar atau sekedar memberi makan kera di sekitar tempat ini. Eits, jangan takut ya guys kera liar yang ada di kawasan Gili Meno ini relative lebih jinak disbanding dengan kera-kera yang ada di kawasan Uluwatu Monkey Forest, Bali. Selain itu jarak tempuh pun menjadi relative singkat yakni hanya dengan 45 menit saja.

Nah sudah ada gambaran bukan untuk menuju kawasan ini? So, pilih sendiri jalur tempuhmu, jangan lupa pastikan kendaraan anda dalam keadaan prima untuk bepergian jauh yaa..

 

“SOMETHING TO DO “ di GILI MENO LOMBOK

1. Menikmati Pantai

Jangan ragu dengan keindahan pantai di Gili Meno ini. Karena merupakan salah satu pantai terbaik diantara dua gili lainnya. Pantai nya landau dan cukup bersih, memiliki pasir putih kekuning-kuningan serta bertekstur lebih lembut. Pantai nya cukup lebar sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas, salah satunya adalah voli pantai. Selain bersih, pantai di pulau ini juga memiliki air yang sangat jernih dan berombak cukup tenang. Udara di Gili Menomasih bersih dan bebas polusi tentunya alasan utama nya yakni tidak ada nya kendaraan bermesin yang beroperasi di pulau tersebut.

2. Berkunjung ke penangkaran Penyu

Salah satu dari sekian banyak daya tarik di GIli Meno adalah adanya penangkaran penyu hijau yang cukup terkenal. Walaupun namanya penyu hijau namun pada saat masih anakan, penyu –penyu tersebut sedikit berwarna kemerah-merahan.  Di kawasan ini terdapat beberapa penetasan telur penyu yang dikelola oleh Kementrian Perikanan dan Kelautan kawasan ini. Tempat untuk menetaskan telur penyu ini memang terlihat seperti kolam-kolam dengan ukuran kecil. Yakni sekitar 1m x 1m.

3. Sightseeing dan Eksplorasi Gili Meno Bird Park dan Danau Air Asin

Kurang lengkap rasanya jika sudah sampai di suatu pulau nan cantik jika tidak berjalan-jalan si sekitaran kawasan ini. Sepanjang perjalanan akan disuguhkan pemandangan khas pantai yang sangat menarik serta indah tiada akhir, hehe. Kalau terlalu malas berjalan kaki masih ada cidomo / semacam dokar khas Gili yang bisa di sewa dengan tariff mulai dari RP 100.000 per cidomo. Selain berjalan-jalan, naik sepeda ataupun naik cidomo, kita bisa juga jalan-jalan di tengah pulau. Karena memberikan pengalaman tersendiri yakni bisa berinteraksi dengan masyarakat local sekitar Gili Meno. Suasana pedesaan yang tenan akan melengkapi liburan mu di pulau ini. Dengan burung-burung yang masih terbang bebas diantara pepohonan rimbun. Di salah satu perkampungan ini terdapat taman burung bernama Gili Meno Bird Park. Di tempat ini hidup aneka macam burung langka. Selain itu di sisi sebelah barat pulau terdapat juga Danau Air Asin yang cukup ramai dikunjungi wisatawan.

4. Snorkeling

Snorkeling merupakan aktivitas wisata yang sudah tidak asing di kalangan pecinta olahraga air. Bagi anda yang tetap ingin menikmati keindahan bawah laut tanpa harus merogoh kocek yang dalam, maka snorkeling bisa jadi pilihan. Walaupun hanya dengan snorkeling saja namun pemandangan bawah laut Gili Meno tetap dapat terlihat lengkap dengan ikan-ikan yang beraneka ragam.

5. Scuba Diving (Menyelam)

Bagi anda yang memiliki jiwa adventure sejati, maka tak lengkap rasanya jika hanya melakukan aktivitas snorkeling saja. Pastikan tubuh dalah keadaan fit untuk siap memandangi cantiknya pamandangan bawah laut yang didominasi oleh terumbu karang warna warni nya, dihiasi aneka rupa bintang laut, penyu hingga hiu karang. Kegiatan diving disini akan terasa semakin sempurna karena arus laut nya tidak terlalu kuat. Jadi siap-siap ber-diving ria di Gili Meno ya guys.

6. Golden sunrise & sunset moment Gili Meno

Jika menginap di pulau ini, maka lengkap sudah suasana indah berbalut ketenangan yang dapat anda rasakan. Pasalnya anda dapat berburu sunrise di pagi hari dengan berjalan kaki ke sebelah timur area ini.  Waktu yang tepat agar mendapatkan momen sunrise dan sunset yang menawan adalah pada bulan-bulan di musim kemarau yakni Agustus-September dimana matahari terlihat begitu sempurna pada saat menampakkan dirinya di pagi hari maupun ketika matahari mulai tenggelam di ufuk barat Gili Meno.

Nah, guys jangan hanya dibayangin yaa, kalau pikiran lagi full, jangan lupa pilih tempat-tempat wisata yang wonderful. Hmmm, atau kalau kalau lagi mau move on, jangan hanya diam aja yuk lets action for your vacation. Tentunya visit dulu website www.eksotikaindonesia.com dimana disajikan informasi lengkap seputaran Wisata Lombok, Wisata Halal di Pulau Lombok yang sayang  sekali jika dilewatkan begitu saja. Pack your bag, hurry up! (red)