Kamu penikmat sekaligus pecinta dan pecandu suasana gunung? Hmm, tak lengkap rasanya jika belum merasakan sensasi mendaki gunung di Indonesia timur. Nama gunung ini tersohor sampai penjuru dunia. Gunung yang cantik dan eksotis berdiri gagah menjadi atap di Pulau Lombok. Sudah bisa menebak ya ? Benar!  gunung Rinjani. Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Memiliki ketinggian di 3.726 mdpl, gunung ini masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Luasnya kurang lebih 76.000 ha. Luas bukan? Nah saking luasnya gunung ini dikelilingi oleh hutan dan semak belukar yang rimbun sebagai habitat beberapa hewan khas Asia –Australia yang masih sangat terjaga di gunung ini. Tak heran bila pemandangan di kawasan ini sangat asri dan juga sejuk tentunya. Sudah bisa berandai-andai untuk melakukan summit di Gunung cantik dan eksotis ini kan? Yuk segera realisasikan, tentunya siapkan semua kebutuhan dan perlengkapanmu untuk menapaki surganya para pendaki gunung ya 🙂

 

GUNUNG RINJANI, PESONA ALAM LOMBOK YANG TAK PERNAH MATI

Gunung Rinjani merupakan gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini menjadi salah satu gunung favorit bagi pendaki Indonesia karna keindahan alamnya. Rinjani juga memiliki panorama indah dan khas. Setiap tahunnya pun, wisata gunung Rinjani  ini banyak dikunjungi oleh pecinta alam mulai dari penduduk lokal, pelajar atau mahasiswa hingga mancanegara. Pendakian guung rinjani merupakan salah satu objek wisata yang menjadi andalan bagi pencinta alam. Hal ini terbukti karna komunitas pencinta alam di seluruh nusantara maupun mancanegara mengalami peningkatan di setiap tahunnya. Jadi setuju kan kalau Rinjani ini keren bangettt? Eksotisme nya mampu memikat para pendaki professional maupun pemula untuk menjajal trek mengagumkan gunung ini. Nah gunung Rinjani ini punya kawah selebar kurang lebih 10 km dan terdapat danau kawah yang disebut segara Anak dengan kedalaman sekitar 230 m. Warna airnya yang kadang membiru dan dapat berubah tergantung kondisi alam dan cahaya matahari yang menyinarinya.

 

SURGA BAGI PECANDU, PENIKMAT, & PECINTA PENDAKIAN GUNUNG

Indonesia memang kaya akan keindahan alamnya, mulai dari laut, danau, ataupun gunung. Salah satunya yaitu Gunung Rinjani ini. Keindahannya memang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata lagi. Baik di pagi hari, siang, sore maupun malam hari, pesona gunung Rinjani selalu terlihat dengan megahnya. Ketika malam tiba, suasana akan semakin indah. Apalagi kalau anda mendaki ketika bulan Agustus / September dimana musim kemarau mulai datang. Suhu pada musim kemarau memang menjadi lebih dingin daripada biasanya di malam hari. Tapi tak perlu khawatir dengan dinginnya suhu di malam hari, karena pemandangan yang didapatkan justru akan menjadi sangat memukau. Bagi anda yang mendambakan melihat milky way, suhu dingin menjadi tak berarti. Secara sederhana milky way berarti ribuan bintang-bintang yang bertaburan di angkasa. Jangan lupa memandangi nya di balik tenda sambil minum kopi dan melahap cemilan yang sudah dibawa ya ^^.

 

ALASAN GUNUNG RINJANI WAJIB ADA DALAM BUCKET-LIST PENDAKIANMU

Anak-anak gunung pasti setuju nih, kalau Rinjani wajib masuk dalam list pendakian yang harus dilakukan. Mau tau alasannya? Cuss, simak terus yaa jangan sampai terlewat ^^

 

1. 7 Summits Indonesia, Waa Keren kann?

Memiliki ketinggian 3.726 mdpl, Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Juga merupakan gunung tertinggi ketiga setelah Puncak Cartenz di Papua dan Kerinci di Sumatera. Bagi anda penikmat alam yang berhasil “muncak” di tempat ini sangat berhak atas pemandangan indah dan mengagumkan yang disajikan oleh alam. Kaki langit yang sangat luas terlihat tanpa batas dengan hamparan awan yang bergumul seperti es krim di ketinggian ini. Lanskap nya adalah pemandangan Gunung Batur, Gunung Tambora, Gunung Agung serta samudera yang terbentang luas.

 

2. Punya Danau Segara Anak yang Unik dan Menarik

Kalau Semeru punya Ranu Kumbolo, nah jangan khawatir kalau sedang melakukan pendakian di gunung Rinjani. Karena Rinjani punya Segara Anak yang memiliki pemandangan kelas bintang 5. Nah ini salah satu alasan utama pendakian Gunung Rinjani menjadi begitu seru dan mengasyikkan. Tau-tau sampai puncak deh hehehe. Daya tarik Segara Anak tidak hanya terletak pada kecantikannya.

Bagi masyarakat suku Sasak danau ini memiliki tempat tersendiri di dalam kearifan lokal suku tersebut. Bagi umat Hindu, danau ini menjadi tempat yang cukup penting untuk melakukan ritual suci tertentu yang dipercaya oleh masyarakat sekitar. Dan di sekitar danau, biasanya orang melakukan beberapa kegiatan seperti berkemah, berendam di air belerang yang hangat dan memancing.  Karena memang tidak terdapat larangan bagi para pendaki untuk memancing . So jangan lupa bawa alat pancing ya guys. Kapan lagi ya bisa mancing di gunung kan? Tapi tetap yaa jangan tinggalkan apapun kecuali jejak. Jadi yang ngaku pecinta alam yuk, bawa turun kembali sampahmu 🙂

 

3. Gunung Rinjani Punya Jalur Trek Bintang Lima

Mendaki gunung pasti lelah bukan? Tapi itu yang tidak pernah bikin kapok. Ngaku bagi kamu yang ketika mendaki dan sedang lelah-lelahnya sering nyeletuk “Kapok Naik Gunung”. Pada akhirnya akan mengulangi untuk naik dan naik ke puncak lainnya. Waah, rasanya celetukan kapok tidak akan berlaku kalau sudah mendaki gunung ini.  Lelah dan penat akan sangat terbayarkan dengan adanya pemandangan eksotisme bentang alam Rinjani yang sangat top dan layak mendapatkan bintang lima. Mengapa? Karena Rinjani memiliki hutan hujan pegunungan rendah, padang savanna yang luas dengan hamparan edelweiss sejauh mata memandang. Tau kan? Bunga edelweiis merupakan bunga abadi yang hanya bisa tumbuh di gunung dengan ketinggian lebih dari 2000 an mdpl. Bisa foto ala-ala juga nih di sekitaran padang edelweiss ini.

 

4. Epik nya Padang Savana Sembalun

Anak gunung mana nih yang tak kenal Sembalun? Wah, kudet deh kalau sampai nggak kenal hehe Pemandangan hijaunya savana disini sungguh instagrammable dan cocok untuk berfoto dengan keren. Nah, Desa Sembalun ini merupakan titik awal pendakian menuju puncak Rinjani. Jika lewat jalur ini kita akan disuguhi padang rumput yang terbentang luas sejauh cakrawala. Spot menarik lainnya di area Sembalun adalah Bukit Pergasingan, bukit Selong Sembalun , dan lain sebagainya.

 

5. Gunung Rinjani Punya kolam/pemandian air panas belerang yang hangat

Tidak mengherankan jika naik gunung itu melelahkan. Tapi lain halnya jika kamu mendaki gunung Rinjani. Serasa ada dihotel bintang 5 alami. Kamu bisa merasakan nikmatnya berendam di kolam air hangat setelah lelah dalam pendakian. Letaknya tidak terlalu jauh dari Segara Anak.

 

6. Punya pemandangan sunset Romantis di bukit Plawangan Sembalun

Pernah nonton film Romeo dan Anjani? Nah salah satu spot syuting nya ada disini nih. Di area ini memang sangat cocok untuk menantikan tuan senja sembari mengabadikan moment indah ini dengan kamera.

 

7. Bertemunya 2 Ritual antar 2 Agama yang tidak pernah menimbulkan kerusuhan

Gunung Rinjani merupakan tempat suci bagi 2 agama yang berbeda yakni Islam Watu Telu dan Hindu Lombok. Namun demikian tidak pernah ada kerusuhan yang menyebabkan rusaknya persaudaraan antar umat tersebut. Bagi umat agama Hindu, gunung Rinjani merupakan tempat suci untuk mereka melakukan Mulam Pakelem dengan ara melarung persembahan di danau Segara Anak. Menurut kepercayaan umat Hindu Lombok, ritual ini dipercaya dan dilakukan dengan tujuan untuk menjaga keharmonisan alam semesta. Sedangkan bagi umat Islam Watu Telu mereka berdoa di sekitar Danau Segara Anak pada saat purnama tiba.

 

RUTE MENUJU GUNUNG RINJANI

Akses menuju kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani cukup mudah. Upayakan tujuan terakhir angkutan umum adalah ke terminal Mandalika Mataram. Dari terminal Mandalika bisa menggunakan angkutan umum engkel (sejenis elf) untuk menuju pasar aikmel. Perjalanan ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam. Dari pasar Aikmel menuju Sembalun (lokasi/titik awal pendakian gunung Semeru) bisa naik mobil pick up dengan perjalanan selama kurang lebih 2 jam. Siapkan uang cash cukup ya untuk keperluan bayar-membayar nya nanti 🙂

 

Mau tahu juga tips apa saja untuk mendaki Gunung Rinjani?? Next ada di postingan kita di part 2. Stay tune yaaa teteup pantengin eksotikaindonesia