Pesona wisata di ujung timur Indonesia memang tiada habisnya untuk dibahas. Sebut saja Gili Air. Yap, benar Gili yang satu ini merupakan salah satu dari 3 rangkaian Gili yang ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Langsung saja yuk, simak ulasan mengenai potensi wisata di kawasan eksklusif di Lombok yang sayang untuk di lewati begitu saja hehe. Tentunya berwisata ke Lombok adalah dambaan setiap traveler yang belahan dunia manapun. Kali ini eksotikaindonesia.com akan membahas Wisata Lombok dengan cukup manis dan tidak membosankan untuk dibaca ๐Ÿ™‚

 

GILI AIR YANG MENAWAN

Masyarakat atau penduduk lokal sering menyebut kawasan ini dengan sebutan โ€œTengaq Aiqโ€ yang berarti tengah laut. Karena memang gili/ pulau ini letaknya di tengah2 lautan yang cukup tenang. Karena letaknya yang berada di tengah laut, wisatawan yang datang ke kawasan ini akan disuguhi keindahan dan keragaman hayati laut yang begitu menawan. Tentunya semuanya masih terjaga kealamiannya. Selain itu Gili Air merupakan Gili yang memiliki jumlah jiwa lebih banyak dibanding 2 gili lainnya. Namun demikian suasanya tidak terlalu ramai dibanding dengan Gili Trawangan. Kawasan Gili Air bisa dibilang lebih eksklusif dari pada Gili lainnya karena suasana cukup tenang dan nyaman untuk melepas penat. Suasana yang tenang khas pedesaan Lombok, masyarakat yang ramah menjadi salah satu faktor betahnya wisatawan ada di kawasan ini. Di pulau ini kita akan dihujani pemandangan yang luar biasa ditambah dengan pemandangan bawah laut yang mempesona. Menghabiskan waktu dengan warga sekitar sembari mengobrol dengan suasana kekeluargaan dibalut ketenangan, hmmm siapa yang tidak ingin?  Tidak hanya sekedar melepas penat, something to-do atau kegiatan yang dapat dilakukan di kawasan ini pun beragam. Untuk lebih jelasnya akan kita bahas pada point selanjutnya ^^.

 

SALAH SATU TEMPAT TERBAIK BERBURU SENJA DI LOMBOK TIMUR NUSA TENGGARA BARAT

Bagi sebagian orang, senja adalah saat yang paling dinantikan . Suasana dimana matahari menjadi sangat mempesona dengan semburat warna warni merah jambu dan jingga yang begitu memukau mata. Menikmati keindahan pesisir pantai lengkap dengan lambaian pohon kelapa yang tertiup angin semilir menjadikan hal tersebut istimewa. Sambil menyesap kelapa muda yang begitu segar, pemandangan senja di Gili Air dapat membuat mood kembali indah. Selain menikmati senja, kita dapat menjelajahi beberapa titik untuk menikmati keanekaragaman hayati laut di Gili Air ini, diantaranya adalah dapat melihat spot kuda laut, kura-kura, beragam ikan dengan berbagai warna, serta keanekaragaman penghuni laut lainnya. Masih mau diam saja dirumah? Jangan ya guys ^^. Go pack your bag. Mari jelajahi daerah Wisata Lombok, tentunya bisa cek dan cek di website nya www.eksotikaindonesia.

 

FASILITAS DAN AKSES KE GILI AIR

Jangan khawatir bagi anda karena fasilitas wisata sudah cukup lengkap, seperti penginapan yaitu ada villa/ resort yang sangat indah, hotel melati sampai hotel berbintang. Villa dan bungalow juga dapat disewa dengan harga yang bermacam-macam tentunya. Suasana istimewa bisa didapatkan disini terutama pada saat liburan musim kemarau. Atmosfer summer akan lebih terasa jika anda mendapatkan villa atau bungalow yang pas dan cocok bernuansa tropis dengan atap khas alang-alangnya.  Tempat kuliner dan restaurant juga sangat bervariasi. Resto yang buka pada malam hari tentunya merupakan pilihan yang tepat bagi anda yang sedang dalam perjalanan wisata bulan madu / honeymoon trip Lombok. Kenapa? Karena suasana menjadi sangat romantis dengan pemandangan lampu dari seberang laut yang nampak seperti kunang-kunang di malam hari. Oh ya, perjalanan menuju Gili Air dapat ditempuh dengan kapal motor atau boat. Starting point nya adalah dari pelabuhan bangsal dalam jarak tempuh sekitar 25 menit saja. Sedangkan untuk menuju ke pelabuhan bangsal dapat melalui Mataram dengan menaiki angkutan umum atau angkutan pribadi. Di sepanjang perjalanan pun wisatawan dimanjakan dengan keindahan pulau-pulau kecil yang cantik sehingga sudah pasti mata akan melihat serpihan surga di ujung timur Indonesia.

 

SETAPAK KEINDAHAN BAWAH LAUT GILI AIR

Memadukan unsur keramaian malam sekaligus kenyamanan beristirahat bisa anda didapatkan disini. Ya, Gili Air merupakan perpaduan dari Gili Meno dan Gili Trawangan. Pemandangan bar dapat ditemukan di sisi sebelah timur Gili Air, sedangkan di sebelah barat dapat ditemukan pemandangan laut yang sangat indah. Tak heran jika aktivitas paling digemari disini adalah snorkeling dan diving. Beberapa spot menarik yakni Air Wall, Airslope, Frogfish point, Segaluh, dan lain-lain patut dicoba demi mendapatkan pemandangan indahnya bawah laut Gili Air. Diantara tempat-tempat tersebut wisatawan bisa dinikmati. Keindahan deretan terumbu karang dan ikan-ikan dengan warna yang menarik juga merupakan surga bagi pecinta bawah laut, yang akan dipuaskan dengan keunikan tersendiri oleh masing-masing tempat. Sebagai contoh Air Wall, ditempat ini gugusan terumbu karang terbentang seperti dinding. Wisatawan juga dengan mudah menjumpai kuda laut dan kura-kura yang lucu . Tersedia juga tempat persewaan peralatan snorkeling atau menyelam sekaligus dengan pemandu profesionalnya jadi tidak perlu khawatir.

Wisata air selain snorkeling dan diving yakni anda bisa melakukan aktivitas selancar di Gili Air Lombok ini. Namun harap sabar yaa menunggu ombak naik dan menjadi cantik. Pastinya gak sabar untuk mencoba paket wisata lombok ini segera bersama rekanan dan keluarga.

 

AKTIVITAS DARAT YANG TAK BOLEH TERLEWAT

Untuk kegiatan darat wisatawan bisa melakukan aktivitas jogging disepanjang tepian pantai, tersedia juga trek jogging dengan deretan tumbuhan tropis sebagai pagarnya. Sedangkan di sisi garis pantai wisawatan dapat berbaring dan berjemur sembari menikmati keindahan pemandangan. Selain aktivitas jogging, tentunya aktivitas darat lainnya tak boleh terlewatkan. Cidomo atau kuda kecil atau semacam bendi bisa jadi alternative wisata darat yang dapat dicoba. Cidomo ini bisa disewa jika ingin keliling Gili Air agar tubuh tidak merasa sangat lelah.

Bersepeda santai sambil selfie dan mencari spot foto instagrammable juga dapat anda lakukan disini. Terdapat banyak tempat persewaan sepeda di area Gili Air. Tenang saja anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam jika ingin bersepeda santai seharian disini. Yuk, supaya nggak penasaran lagi sama Gili Air, cuss nikmati Wisata Lombok dalam rangkaian paket wisata unik dan menarik. Oh iya, sobat travelers di Gili Air ini tidak ada kendaraan bermesin ya, karena keindahan alam dan kealamian daerah tersebut sangat dijaga sehingga tidak banyak polusi udara yang ditimbulkan.

 

TIPS BERWISATA DI GILI AIR

  1. Sewa perahu motor agar perjalanan menuju Gili Air lebih singkat, serta lama waktu kunjung disini bisa lebih longgar
  2. Membawa cash money dalam jumlah cukup karena di Gili Air belum terdapat fasilitas mesin ATM
  3. Memakai sunblock cukup karena akan sangat panas ketika tiba di Gili Air pada siang hari
  4. Memakai sunglasses untuk terhindar dari silau nya sinar matahari
  5. Memakai topi simple supaya terhindar dari bad hair day, dan sebelumnya pastikan rambut sudah dioles vitamin rambut J
  6. Jika tidak mau terlalu lelah keliling Gili Air, maka anda dapat menyewa menaiki Cidomo untuk sightseeing di sekitar jalur walking distance pantai atau menyewa sepeda untuk keliling di area ini

 

INFO WISATA LAINNYA

  1. Waktu wisata terbaik : Pada saat summer (musim kemarau) yakni pada bulan Juni / Agustus hingga September awal.
  2. Sewa Cidomo sekali jalan di kisaran Rp 100.000 / per cidomo
  3. Sewa Sepeda sekali jalan di kisaran Rp 30.000-50.000 / per hari
  4. Hotel / Villa / Bungalow yang jadi rekomendasi antara lain Mowies Bungalows, Gili Air Sanctuary Villa and Resorts, Manta Dive Gili Air Resorts, dan masih banyak lagi

Jangan ragu, konsultasikan kebutuhan Wisata Lombok dan Wisata Halal anda di Eksotika Indonesia sekarang juga. Dapatkan info menarik lainnya dengan direct menghubungi WA yang akan dipandu oleh customer services berpengalaman di bidangnya ๐Ÿ™‚