BAPENDA adalah Lembaga teknis daerah yang bekerja dibidang penelitian dan perencanaan pembangunan daerah. Bapenda dipimpin oleh seorang kepala badan yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur/ Bupati/ Wali Kota melalui sekertaris daerah. Tugas pokok dari badan ini yaitu membantu Gubernur/ Bupati/ Wali Kota dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Khususnya d ibidang penelitian dan perencanaan pembangunan daerah. Wisata yang diadakan ini dilakukan agar dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan antara karyawan. Sehingga diharapkan agar  terjalin hubungan menjadi lebih baik.

Wisata kali ini dilaksanakan oleh grup Bapenda, dengan jumlah peserta 26 orang. Wisata Semarang ini dilaksanakan selama 3 hari 2 malam. Paket wisata yang dipilih yaitu paket wisata 3 hari 2 Malam Amazing Wonderful Semarang dari Jogjakartour. Alasan peserta memilih paket wisata Amazing Wonderful Semarang karena destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Semarang sangat beraneka ragam. Mulai dari wisata alam, religious, sejarah, keluarga, kuliner, dan wisata belanja. Peserta dijemput di Stasiun Semarang Tawang menggunakan micro bus dan microbus ini yang akan dipakai selama peserta menjalankan wisatanya.

 

3 HARI 2 MALAM TRIP TO SEMARANG

Day One, Jumat 28 September 2018

Di hari pertama rombongan Wisata Semarang ini karena kedatangan peserta masih pagi dini hari,tentunya peserta membutuhkan bersih diri dan sholat subuh. Maka dari itu peserta melakukan transit di masjid terdekat untuk melakukan bersih diri dan sholat subuh. Setelah itu peserta melanjutkan perjalanan untuk sarapan pagi. Sarapan pagi dilaksanakan di warung soto khas Semarang.

 

Soto Bangkong

Nama warung makan tersebut adalah soto Bangkong Semarang. Warung makan soto ini merupakan salah sati ikon kuliner kota Semarang lho karena rasanya yang lezat. Jangan sampai dilewatkan dalam kunjungan Paket Wisata Semarang. Warung soto ini ternyata tidak cuma menyediakan menu masakan soto tetapi ada menu masakan lain. Seperti ayam goreng, garang asem, sate ayam, sate telur, tempe bergedel, rempelo ati goreng dan yang paling unik adalah menu brutu goreng. Setelah selesai sarapan pagi peserta melanjutkan perjalanan untuk menuju destinasi wisata yang pertama kali. Yaitu Wisata Klentheng Sam Po Kong. 

 

Klentheng Sam Pokong

Wisata Klentheng Sam Pokong adalah destinasi Wisata Semarang yang berupa bangunan atau sebuah petilasan. Digunakan sebagai tempat persinggahan dan pendaratan yang pertama kalinya oleh seorang laksamana Tiongkok yang beragama islam. Bernama Zheng He/ Cheng Ho. Di tempat wisata ini peserta bisa berfoto-foto dengan bangunan khas Cina yang berwarna merah. Setelah peserta puas dengan wisata Klentheng Sam Po Kong peserta melanjutkan perjalanan untuk makan siang. Makan siang dilaksanakan di Delman Resto. Tempat makan ini berlokasi Jalan Simongan Raya No. 22 A Semarang. Setelah selesai makan siang peserta melanjutkan perjalanannya untuk menuju Wisata Sore Lawang Sewu.

 

Lawang Sewu

Lawang Sewu merupakan sebuah Gedung yang pada jaman dulu digunakan sebagai kantor dari Nederlands Indische Spoorweng Maatschppij (NIS). Tempat wisata ini disebut dengan Lawang Sewu karena bangunan ini memiliki pintu yang sangat banyak, meskipun kenyataannya jumlah pintu nya tidak mencapai seribu. Akan tetapi bangunan ini memiliki banyak jendela yang tinggi dan lebar sehingga masyarakat sering mengangapnya sebagai pintu.

 

Kota Lama & Gereja Blenduk

Setelah puas dengan wisata Lawang Sewu peserta melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi wisata Kota Lama dan Gereja Blenduk Semarang. Di tempat wisata ini peserta dapat melihat-lihat keindahan bangunan Gereja Blenduk. Yakni memiliki keunikan tersendiri karena gereja ini mempunyai kubah berwarna merah bata yang mencolok dan kontras. Dengan warna badan gereja yang berwarna putih bersih. Gereja ini merupakan salah satu ikon Kota Lama yang selalu dikunjungi dalam paket wisata Semarang.

Setelah puas menikmati wisata Kota Lama dan Gereja Blenduk peserta melanjutkan perjalanan untuk makan malam di Agung Resto. Tempat makan ini merupakan tempat makan mewah yang mempunyai konsep tradisional tetapi mewah. Yang menarik dari tempat makan ini adalah tempat ini mengabungkan restoran, galeri antik dan keindahan alam pegunungan. Menu yang disajikan yaitu aneka sajian iga, seperti iga bakar, iga penyet, dan iga tongseng. Citra rasa dari masakan ini akan membuat pengunjung akan benar-benar ketagihan karena racikan bumbu yang meresap, dan daging iganya yang empuk. Setelah makan malam selesai peserta melanjutkan perjalanan menuju Home Simpang Lima untuk melakukan check in.

 

Day Two, Sabtu 29 September 2018

Di hari kedua ini peserta dijemput di hotel dan langsung melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi wisata Museum Kereta Api Ambarawa.

 

Museum Kereta Api Ambarawa

Di tempat wisata yang satu ini peserta dapat melihat langsung mesin-mesin kereta api pada zaman kolonial Belanda. Destinasi wisata Semarang ini dapat menambah pengetahuan peserta mengenai kereta api. Setelah puas menikmati wisata Museum Kereta Api, peserta melanjutkan perjalanan untuk makan siang di Eva Coffee Ambarawa. Setelah makan siang selesai peserta melanjutkan perjalanan untuk menuju Bandungan. Peserta menggunakan shuttle Bandungan untuk menuju wisata Candi Gedong Songo.

Candi Gedong Songo

 Candi Gedong Songo merupakan nama sebuah kompleks bangunan candi peninggalan budaya Hindu. Terletak di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Di tempat wisata ini peserta dapat menikmati pemandangan yang indah. Tidak kalah dengan keindahan tempat wisata di daerah lain. Setelah puas dengan wisata candi Gedong Songo peserta melanjutkan perjalanan untuk makan malam. Makan malam dilaksanakan di Joglo Nglaras Resto. Setelah makan malam selesai peserta akan menuju parkir bus utama. Dengan menggunakan shuttle terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan untuk menuju hotel. Setelah sampai di parkir bus peserta melanjutkan perjalanan menuju hotel untuk istirahat.

 

Day Three, Minggu 30 September 2018

Di hari ketiga ini merupakan hari terakhir peserta melaksanakan kegiatan wisata Semarangnya. Peserta melakukan check out dari hotel dan dijemput di hotel untuk melanjutkan perjalanan untuk menuju wisata Kampung Batik Semarang.

 

Kampung Batik Semarang

Di tempat wisata ini peserta akan disuguhkan dengan berbagai macam polesan cat bertema batik dihampir seluruh objek. Misalnya dinding-dinding rumah warga, jalan berbahan paving, dan gapura, semuanya bertema batik. Peserta juga dapat menikmati suasana yang sejuk dan teduh. Karena di kampung ini terdapat tanaman-tanaman yang rindang. Setelah itu peserta melanjutkan perjalanan untuk makan siang. Makan siang dilaksanakan di Asem Jawa Kampoeng Semarang Resto. Setelah makan siang selesai peserta melanjutkan perjalanan untuk menuju Wisata Belanja Makanan Khas Semarang. Di tempat wisata ini peserta dapat membeli makanan khas Semarang seperti lumpia, bandeng presto, dan wingko. Ini dia oleh-oleh khas Semarang yang bisa dimasukkan dalam alur paket wisata Gathering perusahaan di Semarang.

Setelah peserta puas membeli oleh-oleh peserta melanjutkan perjalanannya untuk menuju Wisata Belanja Tas Webe Semarang. Di sini peserta dapat membeli tas webe asli Semarang. Karena hanya di Semaranglah satu-satunya outlet tas webe yang original yang hanya ada di Kampung Semarang. Setelah puas dengan wisata belanja tas webe peserta melanjutkan perjalanan untuk menuju stasiun untuk melakukan transfer out. Finis trip.

Kegiatan kunjungan wisata yang dilaksanakan oleh Grup Bapenda berjalan dengan lancar tanpa ada kendala. Peserta merasa sangat puas dan peserta juga merasa senang dengan paket wisata dari eksotikaindonesia.com. Semoga di lain waktu mereka bisa datang kembali lagi menggunakan jasa wisata kami.   

^^