wisata malang
Paket Wisata Malang & Tour Bromo
 0853 199 66777
 0878 199 66777
 cs.eksotika@gmail.com
 eksotikaindonesia.com

Home Profil Paket Wisata Gallery Foto Client

KISAH SEDIH DI BALIK AIR TERJUN COBAN RONDO

Air Terjun Coban Rondo berlokasi di Batu Malang. Kota Malang memang sudah dikenal sebagai kota wisata sejak lama, selain berada di dataran tinggi menjadikan udara Kota Malang sangat sejuk dan pas untuk wisata keluarga. Malang sebagai kota dengan daya tarik wiaata yang tiada duanya. Malang memang mempunyai daya tarik wisata yang tak kalah menarik dengan kota lain.

Begitu banyak destinasi wisata Malang yang dapat ditawarkan, tak heran jika banyak juga paket wisata Malang yang laku dijual karena memang Malang kota yang mengasyikan untuk liburan keluarga, individual maupun honeymoon. Tempat wisata di Kota Malang yang belakangan ini naik daun atau popular adalah Jatim Park 1,2,3 atau Batu Secret Zoo sedangkan wisata Malang yang lama namun masih banyak dikunjungi wisatawan adalah Agrowisata petik apel, Taman Bunga Selecta hingga paket pendakian Gunung Bromo.

coban rondo

Foto by Syams

Nah,  salah satu obyek yang belum diketahui banyak orang adalah Air Terjun Coban Rondo. Mungin sudah tak asing lagi ya dengan nama Air Terjun Coban Rondo yang ada di Malang ini. Air terjun yang berada di pegunungan dengan ketinggian 1.135 Mdpl. Tinggi Air Terjun Coban Rondo adalah 84 meter dan diresmikan pada tahun 1980. Sumber air terjun ini  berasal dari mata air lereng gunung Kawi. Yaitu, mata air Cemoro Mudo.

Derasnya debit air membuat angin begitu kencang bila mendekat di air terjun tersebut. Udara di Air Terjun  Coban Rondo sangat sejuk, teduh dan hati menjadi terasa sangat damai. Selain pemandangn yang indah dan bernuansa epik Air Terjun Coban Rondo sangat cocok untuk anda yang ingin liburan melepas penat lelah bekerja di kantor. Aliran air yang cukup tenang dan saangat jernih membuat anda kagum dan betah berada di tempat ini.

Legenda Air Terjun Coban Rondo

Ada cerita menarik dari kawasan alam yang mempunyai makna tersendiri. Dalam bahasa jawa Rondo memiliki arti Janda, jika digabungkan maka Air Terjun Coban Rondo Malang adalah Air Terjun Janda. Legenda local menyebutkan bahwa dulu ada seorang Dewi Bernama Dewi Anjarwati. Dewi Anjarwati ini kemudian dipinang oleh Raden Baron Kusuma dari Gunung Anjasmara.

Setelah selapan hari pasca pernikahan atau usia pernikahan baru 36 hari, Dewi Anjarwati mengajak sang suami untuk berkunjung kerumah mertuanya yang berada di Gunung Anjasmoro. Pada saat itu orang-orang jawa sangat percaya bahwa jika usia pernikahan masih selapan hari, maka pasangan pengantin belum boleh untuk berpergian terlalu jauh dari rumah

Hal tersebut juga telah dikatakan oleh orangtua dari sang suami yaitu Raden Baron Kusuma. Namun pasangan pengantin yang baru menikah itu tidak mau mendegar perkataan orangtuanya, dan akan tetap berangkat menuju Gunung Anjasmoro untuk menengok orangtuanya.

Ujian Cinta Raden Baron

Didalam perjalanan menuju Gunung Anjasmoro mereka bertemu dengan seorang lelaki bernama Jaka Lelono. Jaka Lelono terpesona oleh kecantikan yang dimiliki oleh Dewi Anjarwati. Untu menghindarkan dari Jaka Lelono, Raden Baron menyuruh anak buahnya untuk mengamankan Dewi Anjarwati. Dewi Anjarwati disembunyikan di kawasan air terjun atau Coban.

Kesetiaan Dewi Anjarwati

Sebelum ditinggalkan, Raden Baron berpesan kepada Dewi Anjarwati sebelum Raden Baron kembali menjemput Dewi Anjarwati, Dewi Anjarwati tidak diperbolehkan kemana-mana. Dewi Anjarwati pun mengiyakan permintaan suaminya itu.

Kemudian bertarunglah Raden Baron dengan Jaka Lelono selama 3 hari 3 malam, tak disangka kedua dari pria yang tadipun tewas bersama dalam pertarungan yang sengit itu. Sehingga Dewi Anjarwati yang menunggu di Coban menjadi janda. Lalu air terjun ini disebut dengan Coban Rondo Malang.

Misteri & Mitos

Bukan Indonesia namanya bila tidak hadir dengan berbagai macam dan misteri. Konon di Air Terjun Coban Rondo Malang sering ada wanita keluar di malam-malam tertentu dengan suara tangisannya. Warga sekitar meyakini bahwa wanita tersebut adalah perwujutan dari Dewi Anjarwati.

Wanita itu menangis karena belum ada kepastian yang menerangkan bahwa kapan sang pangeran hati akan datang menjemput Dewi Anjarwati.

Mitos dari Air Terjun Coban Rondo Malang adalah mereka yang datang ketempat wisata ini bersama pacarnya maka, hubungan mereka akan renggang atau tidak langgeng. Ini dikarenakan warga sekitar percaya bahwa Dewi Anjarwati cemburu melihat kelanggengan hubungan tersebut.

Wahana Air Terjun Coban Rondo Malang

Tidak hanya menawarkan keindahan alam yang masih terjaga, namun ditempat wisata ini juga menawarkan permainan yang seru sekaligus menantang serta fasilitas  yang memadai ada disini, wow keren yaa, dimana lagi sih kita dapat melihat pemandangan alam yang eksotik disertai dengan berbagai wahan permainan keren kayak gini, yu kita lihat ulasan berikut :

1. Fun Tubing

Fun tubing adalah berenang mengitari sungai dengan menggunakan ban pelampung, jika ingin mencoba wahana ini kamu akan dikenakan biaya Rp. 35.000/orang. Tiap peserta akan diberi ban pelampung dan baju pelaampung.

2. Paint Ball

Paint ball adalah sejenis permainan baku tembak antar team/kelompok dengan menggunakan senapan permainan dan peluru yang terbuat dari karet. Biaya yang dibanderol untuk wahana ini adalah Rp. 450.000 untu 6 orang formasi 3 dan mendapat peluru 150 butir

3. Taman Labirin Coban Rondo

Taman labirin merupakan sebuah taman buatan dari tanamaan yang tinggi dan dibentuk labirin. Taman labirin merupakan fasilitas baru yang langsung popular sebagai spot foto hits di Malang. Biaya untuk masuk ke taman ini dibanderol dengan harga Rp. 10.000/orang.

4. Outbond di Coban Rondo Malang

Untuk menikmati fasilitas yang ada, kamu akan dikenakan tarif yang berbeda beda sesuai dengan fasilitas yang kamu coba. Jika berkunjung kesini rasanya kurang ya jika tidak memanfaatkan tempat yang lapang dan sejuk ini untuk outbond. Terlebih buat sobat yang sedang merencanakan kegiatan outing office, gathering office, atau capacity building. Ya memang disini juga menawarkan berbagai macam wahana untuk outbond dijamin deh kamu bakal suukkkka.

5. Flying fox

Jika kamu ingin mencoba keseruan meluncur diudara dari ketinggian flying fox sangat cocok untuk anda. Dipermainan ini kamu akan dibawa meluncur dengan kecepatan tinggi dari satu post ke post lainnya. Wahana ini memasang tariff sebesar Rp 30.000 per orang saja

6. Wahana Satwa dan Keebun

Tidak hanya wahana permainan saja yang seru dan menantang di sini juga kamu dapat mengenal alam. Wahana ini menyediakan wisata flora dan fauna, pengunjung juga dapat menikmati bagaimana khasiat tanaman obat keluarga, selain itu pengunjung juga dapat memberi makan rusa secara langsung daan dibanderol dengan harga Rp 5.000 saja.

7. Dancok Café (Daun Cokelat Café) Coban Rondo

Didalam kawasan wisata Coban Rondo Malang juga terdapat tempat nongkrong yang asik lo dengan konsep dekat dengan alam menambah sensasi eksotik disini. Cukup membayar Rp 2.500 kamu sudah dapat memasuuki café ini,namun harga tersebut belum termasuk harga minuman dan makanan ya sobat travellers.

Lokasi Air Terjun Coban Rondo

Air terjun ini berada di Jalan  Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Pujon, Malang Jawa Timur. Jika kau hendak kesini jalan menuju tempat wisata ini terbilang cukup mudah. Jam operasional objek wisata ini adalah pukul 07.00-17.00 WIB

Harga Tiket

Jika kamu sudah sampai dikawasan wisata Air Terjun Coban Rondo Malang kamu akan dipungut biaya sebesar Rp 15.000 untuk local weekday dan Rp 18.000 untuk lokal weekend sedangkan untuk mancanegara adalah Rp 30.000 untuk weekday dan Rp 35.000 untuk weekend

Keunikan Air Terjun Coban Rondo

Keunikan yang dimiliki wisata ini adalah jika kamu sedang ngopi air yang mendidih dituangkan pada cangkir dan disuguhkan pada pemesan bisa langsung dingin gais. Ya memang karena suhunya cukup dingin. Keunikan lainnya adalah sampai saat ini tetap ada orang yang percaya kepada mitos air terjun tersebut karena mengalaminya, namun juga ada yang tidak percaya sebab tidak mengalami apa-apa

 

Emmm jadi gimna nih seru kan berwisata di Coban Rondo? Destinasi alam ini sangat cocok untuk keluarga anda, selain ramah untuk anak, khususnya untuk mengajarkan anak agar lebih mencintai alam.  Kalau berkunjung ke Malang ngga kesini rugi ya rasanya.

Masih penasaran tentang Air Terjun Coban Rondo?

Ingin mecoba datang kesana?

Tapi bingung cari travel yang aman dan terpercaya? Segera akses tanya-tanya gratissss ke Eksotikaindonesiatour. Jalan bareng bersama keluarga daan ajak teman-teman kaamu pasti lebih seru dan menyenangkan cobain kuyyy

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© eksotika indonesia