Apa yang terlintas dipikiran kamu ketika mendengar Gunung Rinjani? Eiietss, tidak hanya itu. Terutama di kaki Gunung Rinjani ini kamu akan menemukan banyak sekali  air terjun nan mempesona dan masih asri yang menjadi primadona di kawasan Sembalun. Kawasan wisata Lombok yang begitu mempesona dan memikat tiap pengunjungnya memang perlu dijelajahi lebih dalam lagi untuk mendapatkan pemandangan nan eksotis. Wisata Lombok memang sudah sangat terkenal dengan wisata pantai Lomboknya yang begitu mempesona dengan pemandangan serta pasirnya yang putih. Tidak hanya itu lhoo, di Lombok ini kamu juga akan mendapati air terjun yang begitu memukau.

Desa Sembalun ini akan menawarkan pemandangan, suasana alam nan epic, serta kawasan alam yang masih segar dan asri. Lebih tepatnya lagi di Jalan Raya Sembalun Lawang, Dusun Sajang, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Nah, di lokasi ini kamu akan mendapati tiga air terjun sekaligus lhoo yaitu Air Terjun Mangku Kodek, Air Terjun Mangku Sakti dan Air Terjun Mangku Kuda Sembrani. Nah, untuk rute yang lebih sesuai yaitu mengunjungi Air Terjun Mangku Kodek karena lokasinya yang berada di antara kedua air terjun tersebut. Air Terjun Mangku Kodek ini pun  pada dasarnya berarti monyet dalam bahasa Sasak lhoo.

Rute Menuju Air Terjun Mangku Kodek

Dan mengenai rute yang akan ditempuh, air terjun nan memukau bernama Air Terjun Mangku Kodek ini dapat ditempuh sekitar tiga setengah jam dari Kota Mataram dengan ajrak sekitar seratus kilometer. Nah, disarankan pula untuk menuju ke objek wisata Air Terjun Mangku Kodek ini menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor ataupun bisa juga dengan menggunakan jasa penyedia paket wisata lombok menuju Air Terjun Mangku Kodek. Selama perjalanan menuju Air Terjun Kodek ini kamu akan mendapati pemandangan yang epic dan masih asri serta yang pasti kesegaran udara di kawasan tersebut.

Untuk tiba di Air Terjun Mangku Kodek ini pun memerlukan sedikit perjuangan yaa, karena akses nya yang dapat dibilang cukup terjal. Dari parkiran pun anda masih perlu berjalan kaki kurang lebih 20 menit dari Sekretariat PAPAR (Pemuda Adat Peduli Anak Rinjani) atau berjarak sekitar empat kilometer. Tetapi dari jerih payah yang telah kita lalui itu akan membuahkan hasil yang yang tidak sia-sia. Terbayar dengan pemandangan yang begitu memukau dekorasi tebing karya Sang Pencipta akan menyambut tiap wisatawan yang singgah. Dan pengunjung di sini perlu berhati-hati karena dasar sungai di Ai Terjun Mangku Kodek tidak begitu rata dan sedikit licin.

Daya Tarik Air Terjun Mangku Kodek Lombok

Yang menarik dari Air Terjun Mangku Kodek ini sebenarnya adalah pemandangan tebing yang menjulang tinggi di kanan kiri sungai tersebut. Sungai nya yang berwarna toska jernih nan bening ini dapat kamu nikmati lengkap dengan view tebing yang menjulang tinggi dengan indahnya walaupun Air Terjun Mangku Kodek ini sebenarnya hanya setinggi tiga meter. Terbayang kan bagaimana eloknya air terjun hidden paradise ini dengan segarnya alam, terasa seperti di latar film fantasi berjudul The Chronicles of Narnia: Price Caspian ketika mereka sedang menyusuri sungai untuk mencari Aslan.  Nah, setelah dari Air Terjun Mangku Kodek yang mana terletak dibawah Air Terjun Mangku Sakti, kamu dapat segera melanjutkan travelling mu ke Air Terjun Mangku Sakti ini yaa. Dan biasanya Air Terjun Mangku Kodek ini lebih sepi pengunjung lhoo, jadi kamu dapat menikmati bak sensasi private waterfall.

Untuk segi fasilitas di area tempat wisata Air Terjun Mangku Kodek ini belum ada, jadi jangan lupa untuk membawa persediaan makanan dan minuman yaa. Tetapi untuk kawasan area parkir tetap tersedia warung-warung, serta terdapat pula gazebo untuk sholat atau ibadah dan istirahat.

Nah, sepertinya bucket list mu akan bertambah yaa. Air Terjun Mangku Kodek ini dapat kamu tambahkan di paket wisata lombok mu lhoo. Dijadikan sebagai tujuan wisata untuk honeymoon pun bisa lhoo. Dapat segera kamu list kan di Paket Wisata Honeymoon Lombok mu. Dapat segera kamu tambahkan dan request kan melalui admin eksotikaindonesia.com dan pastinya akan lebih lengkap lagi jika Paket Wisata Honeymoon mu ditambah dengan fasilitas fotografer yang akan menemani mu selama perjalanan wisata di Lombok.