Berwisata Bandung selain menikmati keindahan alamnya juga biasanya tak lupa wisatawan menyempatkan untuk berbelanja. Sebutan Paris Van Jaya yang melekat untuk Kota Bandung ini memang semakin menguatkan Bandung sebagai pusat Fashion seperti halnya Paris. Nah, ada sisi lain nya ya pasti yang bisa dikulik dari Bandung sebagai Destinasi Wisata yang diminati. Wisata Saung Angklung Mang Udjo namanya sebagai alternatif wisata Budaya yang bisa dikunjungi dan cocok untuk semua kalangan. Apabila memilih Paket Wisata Bandung sertakan pula destinasi Saung Angklung Mang Udjo ini untuk rangkaian paket wisatamu. Sebab destinasi Wisata Bandung ini tidak hanya unik dan berbeda dari yang lainnya tetapi juga menghibur dan mendidik.

Saung Angklung Udjo ini adalah sebagai laboratorium seni dan budaya Sunda sekaligus pusat pembelajaran segala sesuatu berkaitan dengan Angklung. Tidak hanya rombongan sekolah dan mahasiswa dari seluruh Indonesia yang tertarik mengunjungi destinasi ini. Tetapi juga wisatawan Mancanegara sekaligus pegiat seni Dunia juga sangat tertarik untuk belajar lebih dalam tentang Angklung di sana. Angklung ini tidak hanya menarik sebagai warisan seni dan budaya Nusantara yang harus terus dilestarikan. Tetapi Mendengarkan orkestra dan sekaligus bermain dengan Angklung ini juga menjadi treatmen dan therapy tersendiri untuk menenangkan Jiwa. Kelebihan alat musik Tradisional salah satunya adalah bisa lebih selaras dengan jiwa manusia yang membutuhkan ketentraman. Nah, pasti didapatkan pengalaman penuh haru dan juga berkesan ketika kita sudah mencoba memainkan Angklung di Saung Mang Udjo ini.

Sejarah Berdirinya Saung Angklung Mang Udjo

Berdirinya Saung Angklung Mang Udjo ini diinisiasi oleh seseorang yang bernama Udjo Ngalagena atau yang sering dipanggil dengan Mang Udjo. Didirikan tahun 1966 bersama dengan Uum Sumiati sebagai istrinya dan berniat mulia kala itu untuk melestarikan kebudayaan sunda khususnya Angklung ini. Mang Udjo sendiri ini adalah seorang seniman asli dari Jawa Barat yang memang menguasai lebih dari satu keahlian seni dan budaya. Beliau memang sudah mengenal dan bergelut dengan Angklung sejak berusia 4 tahun, sehingga sudah bisa dilihat betapa cinta dan tertariknya dengan Angklung. Hingga akhirnya dengan niat tulus dan baik bersama istrinya berupaya agar seni budaya Sunda ini tidak pundah dan hilang oleh waktu. Berbekal cinta dan passion berdirilah Saung Angklung Mang Udjo yang saat ini tidak hanya dikenal oleh masyarakat Domestik tetapi juga Internasional. Ketrampilan seni lainnya yang juga dikuasai oleh Mang Udjo ini adalah seni bela diri, kecapi, gamelan dan bisa menyanyikan berbagai lagu daerah dengan bahasa Belanda. Berbagai jenis kesenian Khas Jawa Barat juga dapat dinikmati di Saung Angkung Mang Udjo ini. Meskipun Mang Udjo sendiri sudah meninggal pada tahun 2001, tetapi kesenian dan Saung Budaya ini tetap lestari diteruskan oleh putera puterinya.

Pertunjukan Menarik di Saung Angklung Mang Udjo

Berbagai jenis pertunjukan tradisional yang ada dan bisa dinikmati di Saung Angklung Mang Udjo antara lain :

  1. Demonstrasi Kesenian Wayang Golek
  2. Pertunjukan Helaran dengan Angklung yang biasa dilakukan ketika khitanan ataupun panen padi
  3. Tari Topeng yang diperankan oleh wanita yang menyamar sebagai laki-laki menggambarkan kisah tentang Majapahit
  4. Orkestra Angklung yang menyajikan berbagi jenis lagu mulai dari lagu daerah, lagu anak hingga lagu dangdut dan lagu berbahasa Inggris
  5. Bermain Angklung Bersama pengunjung dengan memegang Angklung satu persatu yang sudah diberi nomer. Dengan memperhatikan kode dan petunjuk dari Instruktur, akan terjadi keharmonisan lagu dan nyanyian angklung bersama yang menarik
  6. Menari Bersama. Bisanya ini dilakukan setelah proses bermain angklung bersama sudah selesai. Pengunjung bersama dengan Instruktur akan menari bersama menggambarkan kecerian dan kedekatan satu sama lain.

 

Apa Saja Fasilitas Yang Ada di Saung Angklung Mang Udjo

Beberapa fasilitas di Saung Angklung Mang Udjo ini tersedia untuk memberi kemudahan dan memanjakan pengunjung. Di sana kita bisa mendapati beberapa hal antara lain:

  1. Bale Karasemen. Adalah venue atau tempat yang dipakai untuk pertunjukan seni yang tersedia panggung dan lengkap dengan kursinya.
  2. Buruan Sari Asih. Adalah space atau tempat untuk bersantai ria, sambil menikmati suasana Khas Sunda.
  3. Pusat Produksi Angklung. Merupakan tempat memproduksi Angklung terbaik dan kita bisa melihat proses pembuatan nya secara langsung.
  4. Sentra Penyuluhan kehutanan. Adalah bentuk kerjasama Saung Angklung Mang Udjo dengan Dinas Kehutanan untuk sama-sama melestarikan pepohonan dan lingkungan.
  5. Saung Dan Dapur Udjo. Adalah tempat untuk menikmat dan merasakan suasana khas Sunda sambil memesan menu tradisional Sunda dengan harga terjangkau.

Saung Angklung Mang Udjo ini memang sudah melegenda dan Fenomenal. Terletak di Jl. Padasuka no. 118 yang berada di pusat kota Bandung membuat tempat ini mudah diakses. Agendakan liburan Bandung anda lebih semarak dan bernilai dengan mengunjungi Saung Angklung Mang Udjo ini. Selain terhibur, hal yang paling berkesan adalah saat bersama-sama dengan pengunjung lain memainkan Angklung dengan harmoni yang pas. Caranya setiap pengunjung akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan dipersilahkan mengambil satu-satu Angklungnya. Masing-masing Angklung tersebut sudah diberikan no nya sehingga mempermudah Instruktur untuk memimpin permainan.

Instruktur di depan akan memberikan kode dengan tangan nya agar pengunjung mengikuti instruksi permainan nya. Maka, instruksi tersebut jika dimainkan dengan serempak sesuai no angklung dan bergantian akan bisa menyanyikan lagu-lagu tradisonal ataupun populer yang menarik. Karena kompak dan dipimpin Instruktur dengan tepat, pengalaman bermain Angklung bersama ini sangat menarik. Bikin haru dan terkesan lho ya dan bisa juga tidak terasa kita menangis saking bahagianya. So, ini menjadi pengalaman yang sayang untuk dilewatkan ketika berwisata ke Bandung. Ambil paket wisata Bandung yang menyertakan kunjungan ke Saung Angklung Mang Udjo ini. Dijamin kita akan penasaran lagi dan suatu saat ingin mengunjungi nya kembali. Have a Nice Bandung Trip…