BOOM PARIWISATA USAI PANDEMI CORONA

Akan seperti apa dunia pariwisata nanti setelah corona pergi? Seperti yang kita ketahui semua bahwa industry pariwisata adalah salah satu sektor yang terdampak. Hal ini di sebabkan karena ada pembatasan perjalanan. Otomatis ada banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang membatalkan perjalanan yang sudah direncakan sebelumnya. Boom pariwisata usai pandemi corona, mungkinkah?

Yak menurut prediksi pak Wishnutama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pariwisata Indonesia akan kembali normal pada tahun 2021. Menurut Presiden Joko Widodo industry pariwisata akan kembali booming usai pandemic corona pada akhir tahun 2020.

Mempersiapkan fasilitas menyambut boom pariwisata usai pandemic corona

Wishnutama tetap melakukan koordinasi koordinasi dengan pemerintah di daerah. Untuk mempersiapkan destinasi yang super prioritas. Hal ini dilakukan oleh pak menteri dengan tujuan untuk menyiapkan rebound pariwisata usai pandemic corona.

Fokus pak Wishnutama adalah pada hal-hal dasar selama kita melawan corona beberapa bulan ini. Yaitu higienitas, toilet, kebersihan, keselamatan dan keamanan. Strategi inilah yang digaungkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menyambut geliat pariwisata usai pandemic corona. Apabila hal ini dapat dipenuhi maka tidak mustahil boom pariwisata usai pandemic corona akan terjadi.

Lalu seperti apa trend wisata di Indonesia setelah pandemi usai?

Menurut Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata ASITA Surakarta melakukan prediksi sektor usaha atau industri pariwisata harus mempersiapakan kekuatan untuk menghadapi pekerjaan besar setelah pandemic berakhir. Seperti dilansir oleh Antara dan dituliskan oleh Kompas.com bahwa akan ada gelombang kunjungan wisatawan di destinasi wisata yang selama pandemic ini melakukan lockdown atau menutup akses.

Menurut Daryono Wakil Ketua ASITA Jawa Tengah setelah berlalunya masa pandemi corona nanti akan ada lonjakan jumlah wisatawan yang tidak kecil. Hal ini disebabkan oleh saat masa pandemi terjadi orang lebih banyak di rumah. Artinya boom pariwisata usai pandemic corona kemungkinan akan terjadi.

Masih menurut Darono bahwa nantinya aka nada perubahan perilaku wisatawan. Yaitu perubahan kebiasaan untuk berwisata ke destinasi yang biasa berubah menjadi wisata minat khususlah yang akan banyak dikunjungi. Wisata minat khusus seperti wisata budaya, wisata kuliner, wisata alam karena kebanyakan orang ingi sesuatu hal yang fresh dan sehat.

Segmen pasar yang mendukung boom pariwisata usai pandemic corona

Lalu segmen pasar yang akan menyasar wisata minat khusus adalah mereka yang memiliki daya beli premium class. Di wisata minat khusus inilah nanti akan terjadi boom pariwisata usai pandemi corona.

Terjadinya pandemic yang besar ini mampu merubah kebiasaan hingga pola piker masyarakat. maka di masa yang akan datang setelah pandemik selesai orang akan lebih peduli dengan keamanan dan kenyamanan. Wisatawan baik domestik maupun manca negara agaknya akan sangat selektif terhadap destinasi wisata yang akan mereka kunjungi.

Tipe wisatawan premium class ingin menikmati kunjungan dengan istimewa dan bahkan private. Dengan demikian beberapa tourism stakeholder mengambil kebijakan untuk melakukan inventarisasi dan memanfaatkan waktu luang untuk mempersiapkan diri.

Terlebih bagi pengelola destinasi wsata yang seyogyanya memperoleh kelonggaran untuk mempersiapakan diri dengan fasilitas dan service yang baik yang sangat diperlukan oleh wisatawan di masa setelah pandemic. Ada dua hal yang perlu mereka persiapakan sebagai pengelola destinasi wisata yaitu adalah kenyamanan dan keamanan.

Pelayanan prima juga perlu dipersiapkan. Perhitungan yang jeli sehingga tidk menyebabkan penumpukan wisatawan di destinasi wisata tertentu.

Boom pariwisata usai pandemi corona versi Eksotika Indonesia

Menurut prediksi management kami Eksotika Indonesia aka nada boom pada sektor Pariwisata. Dengan segmen khusus dan juga perubahan perilaku dan tipe paket wisata yang diminati. Private trip adalah paket yang mungkin akan banyak diincar para wisatawan.

Dengan tidak melibatkan banyak orang untuk berpindah dari satu destinasi ke destinasi lain membuat orang menjadi lebih merasa nyaman, menikmati dan paling penting adalah aman. Begitu juga dengan paket-paket ready made tour yang telah kami persiapkan juga merupakan paket paket private dengan berbagai pilihan destinasi yang baru dan tema yang baru. Jangan khawatir bagi yang ingin menikmati fasilitas premium dapat kami berikan beberapa opsi paketnya.

Lalu apa saja keuntungan berwisata secara private.

Mari kita bahas satu persatu.

Lebih mengenal diri sendiri dan keluarga dekat

Kalau kamu soloist traveler maka kamu akan lebih mengenal diri sendiri degan berwisata private. Jika kamu memilih trip dengan keluarga maka di private trip package kamu akan dapat waktu-waktu emasmu dengan kalurgamu tentu di tempat yang tidak di rumah lagi. Atau jika kamu dengan gank kecilmu melakukan trip private maka momentum melepas kerinduan bersama sahabata bakalan kedapet.

Secara udah beberapa bulan nggak nge-trip yaaa. Cuss silahkan pilih dan rencanakan mau nge trip sama siapa hayo…

Mendapatkan zona nyamannya sendiri

Ini banget banget bakalan dapet yaitu zona nyaman kalau kalian pilih paket private trip. Bayangin aja selama ini di rumah saja atau di kos / kontrakan dengan pemandangan yang membosankan dan tidak luas.

Lebih ekonomis – boom pariwisata usai pandemic corona

Ekonomis bagi sebagian orang ini penting. Mengingat wisata adalah kebutuhan tersier. Bukan merupakan kebutuhan pokok manusia. Hal inilah yang menjadikan sebagian orang berfikir ulang untuk membeli paket trip. Terlebih adalah pembelanjaan ini dilakukan pasca pandemic, dimana banyak orang yang mengalami penurunan pendapatan.

Nah paket trip keluarga akan lebih bisa dimanage budgetnya. Bergantung pada pilihan tempat wisata, jumlah destinasinya dan juga hotel atau penginapannya.

Lebih mudah mencustom paket wisata

Anda dan keluarga atau sahabat dekat akan sangat berpeluang untuk membuat atau mengubah rundown dan fasilitas selama trip.

Ada list destinasi prioritas dapat dikunjungi dengan nyaman. Atau bahkan tujuan tertentu seperti kulineran lokal yang tempatnya tidak mungkin dapat terjangkau jika anda melakukan trip dengan bus besar.

Di sini paket trip family atau private anda dengan sahabat sangat mudah direvisi dan dikaji kembali sesuai dengan kebutuhan anda dan keluarga.

Ohya momentum ke luar kota setelah pandemic nanti juga akan sangat memungkinkan bagi anda dan keluarga yang kemarin-kemarin saat pandemic tidak dapat berkunjung ke keluarga yang lain. Pengaturan waktu dan destinasi wisata akan sangat mungkin dilakukan. Eksotika Indonesia akan sangat senang membantu adan dan keluarga membuat paket yang custom.

Lebih peka terhadap pengalaman baru

Jika kita terbiasa piknik bersama rombongan biasanya banyak hal yang tidak harus kita fikirkan. Seperti makan. Jika dengan rombongan fasilitas makan sudah diatur oleh tour planner. Sesuai dengan kapasitas resto dan jumlah peserta trip.

Hal ini akan sangat berbeda jika anda dan keluarga mengambil paket trip private. Fasilitas makan biasanya tidak kami masukkan dalam budgeting sehingga tempat dan rundown sangat mungkin di rumah.

Dengan demikian pengalaman untuk menentukan tempat makan adalah sebuah pengalaman baru. Walaupun nantinya aka nada driver kami yang siap sedia selalu memberikan informasi up to date untuk memilih makanan atau resto mana saja yang ngehits tapi nyaman dan aman untuk dine-in.

Nah itulah beberapa keunggulan paket wisata private atau family yang kami dapat sajikan untuk traveler sekalian. Boom pariwisata usai pandemi corona dapat saja berwujud larisnya paket-paket private sekaligus wisata minat khusus. Untuk informasi lebih lengkap dapat menghubungi kami melalui WhatssApp atau Telpon.

Terus bersemangat dan ikuti aturan pemerintah untuk menjaga jarak fisik dan juga menggunakan masker jika keluar rumah. Semoga pandemic ini segera barlalu sehingga boom pariwisata usai pandemi corona akan dapat segera kita sambut bersama. Aamiin