Candi Borobudur

Candi Borobudur yang tak kalah elok dengan Candi Prambanan ini merupakan candi Budha terbesar di Asia Tenggara. Situs ini termasuk dalam salah satu dari UNESCO World Heritage Site. Waah kita patut bangga yaa. Memiliki 2,672 panel relief dan 504 stupa. Candi Budha ini dibangun sekitar abad ke -8 oleh Dinasti Syailendra pada masa keemasannya. Dibangun menggunakan bahan batu vulkanik yang kurang lebih sebanyak 2,5 juta buah. Direkatkan tidak menggunakan semen ataupun perekat bangunan lainnya, hanya menggunakan system interlock atau system seperti puzzle. Menakjubkan sekali yaa, di abad 8 sudah mengenal interlock system..

Mengenal Sejarah Candi Borobudur

Candi Borobudur ini dahulu pernah ditinggalkan kaumnya dikarenakan erupsi Merapi sekitar tahun 1006. Kemudian sekitar tahun 1814, Borobudur ditemukan oleh orang Inggris bernama Thomas Stamford Raffless dan ditemukan dalam keadaan yang terbengkalai. Kemudian ia mengerahkan anak buahnya untuk melakukan renovasi. Tahap  1 pada tahun 1907 oleh Pemerintah Belanda, dan yang ke 2 oleh Pemerintah Indonesia dan UNESCO tahun 1973. Nah itu yaa, sekilas sejarah Candi Borbudur..

Candi  ini memiliki pemandangan yang super untuk bisa memanjakan mata kita saat sunrise time lhoo.  Keindahan sunrise ini sudah diakui oleh dunia. Bahkan turis manca negara sangat gemar menikmati sunsrise ini. Boleh lhoo pengunjung website ini mencoba menggunakan jasa tour package kami ..

Ada apa saja di Candi ini?

Di kawasan Candi ini juga terdapat 2 museum yang tidak kalah bersejarahnya lhoo yaitu Museum Samudra Raksa dan Museum Karmawibangga jadi saat mengunjungi Candi Borobudur jangan lupa untuk mampir ke Museum ini yaaa.

Di Museum Karmawibangga ini terdapat penjual ice cream, jadi bisa melepas penat dengan membeli ice cream ini  setelah berpanas-panas ria mengelilingi Candi Borobudur. Dan tidak perlu khawatir mencari cinderamata, karena di jalur masuk dan keluar area Candi Borobudur terdapat banyak sekali penjual yang menawarkan cinderamata khas Borobudur, mulai dari gantungan kunci, baju, penghias ruangan, topi cantik, hingga miniature Candi, dan sebagainya. Jadi, cobalah untuk datang ke candi bersejarah ini yaaa ..