De’ranch merupakan destinasi wisata yang memiliki konsep koboi Amerika yang tak akan Anda temukan di tempat lain. Berlokasi di Lembang, Bandung, lokasi ini selama beberapa tahun jadi lokasi rekreasi bagi wisatawan—baik domestik maupun mancanegara.

Letak dan rute menuju De’ranch Bandung

Tidak sulit menjangkau De Ranch mengingat tempat wisata ini berada di lokasi strategis, tepatnya di Jalan Raya Maribaya Nomor 17, Kayuambon, Lembang, Bandung Barat. Ada empat rute yang bisa Anda ambil bila ingin berkunjung ke De’ranch Bandung. Satu, dari Terminal Leuwipanjang, naik bus tujuan Bandung-Subang-Pemanukan-Indramayu, lalu turun di perempatan Tugu Bambu Lembang. Lanjutkan perjalanan dengan jalan kaki sekitar 500 meter menuju tujuan.

Dua, dari Terminal Cicaheum, naik angkot jurusan Cicaheum/Caheum-Ledeng ke arah Ledeng. Teruskan dengan naik angkot Ciroyom-Lembang dan turun di perempatan Tugu Bambu untuk dilanjutkan dengan jalan kaki. Tiga, bila Anda pergi ke Bandung dengan kereta api, turun di Stasiun Bandung, lalu temukan dan naik angkot Stasiun Hall-Lembang dan berhenti di perempatan Tugu Bambu. Empat, bila Anda pakai pesawat terbang, setibanya di Bandara Husein Sastranegara, berjalanlah ke Patung Husein untuk naik angkot Ciroyom-Lembang dan ikuti cara sebelumnya.

Daya tarik wisata De’ranch Bandung

Sebagai salah satu tempat wisata Lembang Bandung, De Ranch pastinya menawarkan berbagai daya tarik yang sanggup membuat Anda terpukau. Jika dunia koboi di Amerika Serikat selalu identik dengan wilayah gersang atau tandus, maka tema tersebut jadi lebih segar saat Anda datang ke wisata De’ranch Bandung. Alih-alih mendapati bentangan gurun dan kaktus, Anda akan melihat hamparan rumput hijau berlatar pepohonan dan pegunungan. Konsep tersebut sebenarnya dipengaruhi juga oleh status De Ranch yang juga merupakan peternakan sapi dan kuda.

Untuk mengoptimalkan pengalaman Anda di De Ranch, pihak pengelola pun menyediakan atribut bak koboi—dari topi, pakaian, hingga bot/sepatu. Kemudian, Anda dapat menunggangi kuda-kuda terlatih di sana bersama pemandu. Jadi, Anda yang belum lihai menaiki hewan tersebut tak perlu ragu mencoba saat berada di De’ranch.

Fasilitas dan wahana permainan obyek wisata De’ranch

Menunggangi kuda bukan satu-satunya daya tarik yang ada di wisata De’ranch. Tempat rekreasi tersebut dilengkapi dengan berbagai wahana dan fasilitas yang dapat digunakan wisatawan. Kemudian, tarif yang diberlakukan—baik untuk tiket dan wahana—sama-sama terjangkau, sehingga pengalaman liburan atau bersantai Anda di De Ranch tidak akan membuat pengeluaran membengkak.

Setelah menempuh rute menuju De’ranch pilihan Anda, siapkan biaya untuk membayar tiket masuknya. De Ranch buka dari Selasa sampai Jumat dengan jam operasional mulai pukul 9 pagi sampai 5 sore, lalu Sabtu-Minggu mulai pukul 8 pagi sampai 6 sore. Sementara pada hari Senin libur. Tarif yang dikenakan untuk tiketnya adalah Rp10.000 per orang. Bahkan harga tiket masuk De’ranch tersebut dapat Anda tukar dengan satu cup susu murni De Ranch dengan pilihan rasa beragam (cokelat, stroberi, mocca, dan lain-lain).

Menyoal wahana, setidaknya ada 23 wahana yang dapat wisatawan coba. Sebut saja delman, kuda tunggang dan poni (untuk anak) bagi yang ingin jalan-jalan di sekitar peternakan. Kemudian, anak pun dapat bermain di wahana seperti sepeda balita, loncat anak, mancing balita, hingga Poni Kidz. Untuk Anda yang menyukai tantangan, paket wisata De’ranch pun menyediakan kegiatan outbond seperti flying fox hingga riding out ke luar area De Ranch. Biaya yang dikeluarkan untuk mencoba setiap wahana pun beragam—dari Rp20.000 sampai Rp200.000 per wahana.

Kemudian, Anda yang memilih paket wisata Bandung untuk De Ranch pun dapat menikmati beragam fasilitas di tempat rekreasi tersebut. Di antaranya tempat parkir luas yang mampu menampung macam-macam kendaraan, tempat ibadah atau musala yang terawat, toilet bersih, tempat makan dengan menu murah dan lezat, jalur kursi roda, toko suvenir, hingga pasar tanaman hias. Dengan kelengkapan fasilitas dan wahana yang memadai, maka tak heran banyak wisatawan yang rela datang ke Lembang, Bandung untuk merasakan langsung pengalaman berekreasi di De’ranch. Anda tertarik?