Apa kabar sobat traveler, kembali lagi nih dengan saya yang nggak akan ada bosennya ngasih informasi seputar wisata di Indonesia tentunya. Nah kebetulan sekali nih bagi kalian yang sedang bingung nyari tempat ngetrip yang indah dan menarik di Karimunjawa. Saya akan membagikan destinasi indah dan menarik di Karimunjawa nih sobat traveler. Sebelum saya mulai apa yang kalian pikirkan mengenai kata indah dan menarik pasti kalian udah nggak sabar dong untuk mengetahuinya. Ini semua bisa kalian pilih dan kunjungi dalam paket wisata Karimunjawa. Nah nggak usah kebanyakan deh pembukaannya langsung kita kupas ulasannya. Let’s go!

 

1. Pantai Ujung Gelam

Karimunjawa merupakan daerah kepulauan nih sobat traveler yang tentunya ada banyak sekali pantai di sana. Pertama saya akan membahas mengenai Pantai Ujung Gelam yang berada di ujung paling barat. Pantai dengan keindahan maksimal ini patut kalian kunjungi nih sobat traveler. Daerah ini konon diyakini memiliki pemandangan sunset terbaik dan bisa membius wisatawan yang berada di Pantai Ujung Gelam Karimunjawa . Apalagi jika cuaca bersahabat dan langitnya bersih dari awan. Kalian akan seakan melihat bola yang terkadang diameternya besar atau kecil turun perlahan dan masuk kedalam lautan bebas. Pokoknya disini merupakan spot sunset terbaik di Karimunjawa ini sobat traveler jangan lupa kesini yahh.

 

2. Bukit Joko Tuwo

Yang satu ini bagi saya sangat spektakuler sobat traveler apalagi sudah memasuki WIS atau Waktu Indonesia Senja. Disini kalian bisa melihat 3 keistimewaan bukit ini nih, yang pertama kalian bisa melihat tulang mamalia laut yang besar yang tidak lain adalah paus. Pemberian nama Joko Tuwo sendiri memiliki arti bahasa Jawa joko yang artinya perjaka dan tuwo artinya tua lalu digabungkan menjadi perjaka tua yang juga dikaitkan dengan kerangka paus disini. Karena paus memiliki umur yang panjang dan kelamin paus tersebut diyakini warga sekitar adalah laki laki. Selain pemandangan kerangka paus disana kalian akan menemui tasbih rasaksa yang terbentuk dari batuan andesit. Di Bukit Joko Tuwo ini kamu bisa menyaksikan sebuah pertunjukan tentang senandung senja Karimunjawa . Sebuah pertunjukan tentang matahari yang perlahan menenggelamkan dirinya ke dalam garis batas cakrawala. Sangat amazing sekali.

 

3. Makam Sunan Nyamplungan

Ini nih tempat yang cukup bersejarah di Karimunjawa nih sobat traveler . Kalian akan menemui sebuah petilasan berupa makam Sunan Nyamplungan atau Syekh Amir Hasan. Beliau adalah putera dari Sunan Muria yang merupakan sosok penting bagi Karimunjawa. Beliaulah yang mempunyai kontribusi tentang nama Karimunjawa itu sendiri dan tentang pelajaran agama Islam disini. Terkadang kita harus mengetahui apa yang sebelumnya pernah terjadi di suatu tempat nih sobat traveler.Di Karimunjawa ini memang masih terlihat jejak dan sejarah bekas Wali Songo. Penyebaran Islam pertama dan bahkan ditemukannya pulau ini pertama kali oleh Sunan Muria dari Wali Songo.

 

4. Pantai dan Bukit Annora

Oke kita akan mengunjungi Karimunjawa di sisi selatan dan masih berdekatan di sisi utara Karimunjawa ini sobat traveler. Lokasinya semakin mendekan dengan Tracking Mangrove Karimunjawa. Ada yang namanya Pantai Annora. Di sini kamu dapat menyaksikan sebuah pantai dengan instalasi seni yang etnic. Mulai dari meja dan kursi yang asik untuk bersantai, ayunan yang diletakkan mulai dari batang pohon hingga ayunan yang diletakkan di laut semacam di Lombok. Ada taman kecil yang lucu, hingga asesoris tambahan yang menambah kesan artsy tetapi tetap sederhana. Semua properti yang dibuat untuk memperindah Pantai Annora itu terbuat dari sampah dan benda rusak yang terdampar di garis Pantai Annora tersebut. Selain dapat menikmati keunikan instalasi seni tadi, kamu juga akan disuguhkan dengan panorama hamparan pantai yang terbentang luas dari atas bukit.

 

5. Tracking Mangrove Karimunjawa

Diam diam di Karimunjawa terdapat hutan mangrovenya juga loh sobat traveler. Secara lokasi, hutan mangrove ini terbagi menjadi dua. Satu sisi masuk ke dalam Pulau Karimunjawa, sisi lainnya masuk ke dalam Pulau Kemujan. Tetapi ketika kamu ingin memasuki dan ingin berjalan-jalan di dalamnya, berarti kamu masuk ke dalam wilayah Pulau Kemujan. Di sana sudah dibuatkan fasilitas seperti jalan yang terbuat dari kayu, pos penjagaan, papan serta pusat informasi tentang satwa dan fauna. Kesemuanya tadi sebagai upaya edukasi bagi wisatawan oleh pengelola. Tempatnya cukup luas dan asyik kok sobat traveler karena rindangnya hutan mangrove disini membuat udara yang ada menjadi lebih sejuk dan membuat anda betah nih.

 

6. Pantai Batu Putih

Nah lokasi Pantai Batu Putih ini terletak di Dusun Jelamun, Karimunjawa. Berjarak sekitar 15 km jika ditempuh dari kota Karimunjawa. Dari namanya kalian sudah bisa menebak mengapa dinamakan Pantai Batu Putih. Karena kalian akan menemui sebuah bongkahan batu yang cukup besar dan warna batu tersebut adalah putih. Warga sekitar juga memberi nama demikian juga karena keberadaan bongkahan batu putih tersebut sobat traveler. Selain itu kalian akan menemui sebuah dermaga dimana kalian melihat kapal bersandar disana. Kondisi air disini masih jernih ni sobat traveler. Karena belum terlalu banyak wisatawan yang mengunjungi lokasi ini nih so kealamiannya masih terjaga dongg. Wah semakin tertarik untuk mencoba dan menikmati paket wisata Karimunjawa nih.

 

7. Kampung Suku Bugis Karimunjawa

Kalian juga akan menemui hal keren mengenai suku yang berada di Indonesia nih guys. kalian akan menemui kampung suku Bugis. Yak benar sekali salah satu suku di Indonesia yang berasal dari Sulawesi ini diyakini demikian, karena bentuk rumah ny. Selain itu karena kebudayaan mereka sama persis dengan kebudayaan suku Bugis di Sulawesi Selatan ini guys. Selain menikmati keindahan alam di Karimunjawa kalian juga bisa mempelajari budaya suku Bugis ini loh. Ya, walaupun sudah tidak murni lagi 100%, tetapi kamu masih bisa merasakan dan menambah pengetahuan kamu tentang budaya Bugis.

 

8. Pantai Ujung Batu Lawang

Letak tempat wisata di Karimunjawa yang satu ini memang berada di paling ujung utara Pulau Kemujan, Karimunjawa.P antai Ujung Batu Lawang ini sebenarnya konsepnya dibuat seperti Tracking Mangrove Karimunjawa. Tempat untuk melakukan kegiatan trekking yang asik dan ujungnya di Pantai Ujung Batu Lawang. Tetapi entah mengapa saat ini tidak terlalu ramai pengunjung dan dari sepinya pengunjung. Akhirnya berdampak kurang terurusnya fasilitas tempat wisata di Karimunjawa ini. Tetapi ada hikmah dari tidak terurusya pantai ini lho guys yaitu dari sisi feel karena disana sudah banyak pepohnan yang membelukar. Sehingga membuat suasana disini seperti di hutan lepas atau terasa wild para petualang pasti suka mengenai hal ini.

 

9. Penangkaran Hiu

Cukup menantang nih guys yang satu ini, berlokasi di Pulau Menjangan Besar ada penangkaran ikan hiu. Sebuah tempat wisata yang menarik wisatawan bisa berenang, berselfie ria dengan kawanan ikan hiu. Memang ikan hiu di penangkaran ini sudah jinak dan tidak berbahaya. Ukuran hiu yang besar ini bisa memberikan kesan tersendiri bagi wisatawan. Hiu terbesar di penangkaran milik Karimunjawa ini, panjangnya sekitar 1,75 meter dan berat 91 kilogram. Ada satu syarat masuk kolam hiu yakni tangan harus tetap berada di atas air, tidak boleh dimasukkan ke air. Alasannya, tangan menyerupai bentuk hewan air bintang laut yang selama ini menjadi santapan hiu. Nah tertarik menguji adrenalin disini guys?

Nah sobat traveler itu tadi adalah hal yang menarik dan destinasi dari Karimunjawa. Destinasi semuanya tadi sangat disayangkan apabila kalian lewatkan dalam paket wisata Karimunjawa guys. So jangan lupa untuk berkunjung ke beberapa obyek dari tempat menakjubkan diatas lho sobat traveler.

 

Naik vespa sambil makan pepaya, sampai jumpa di info wisata selanjutnya!