wisata malang
Paket Wisata Malang & Tour Bromo
 0853 199 66777
 0878 199 66777
 cs.eksotika@gmail.com
 eksotikaindonesia.com

Home Profil Paket Wisata Gallery Foto Client

EKSOTISME PULAU LOMBOK DILIHAT DARI HAL INI

Pulau Lombok merupakan pulau terbesar di NTB. Disini terdapat 5 wilayah administrative pemerintahan; Kota Mataram, Kabupaten Lombok barat, Kabupaten Lombok timur dan Kabupaten Lombok utara dan Kabupaten Lombok tengah.

Lombok disebut juga dengan kota seribu masjid karena mayoritas penduduk Lombok beragama Islam. Sehingga masjid di sini sangat mudah dijumpai dan jarak masjid satu ke masjid lainnya sangat berdekatan oleh sebab itu Lombok mendapat penghargaan sebagai The Worlds Best Halal  dan The Worlds Best Halal Honeymoon 2015 di Dubai.

destinasi terbaik indonesia wisata pulau lombok

tangsi beach lombok nusa tenggara barat

Lombok dikenal dengan wisata alam yang pesonanya indah dan beragam. Pulau-pulau kecil yang mengelilingi pulau Lombok disebut Gili. Terdapat 3 Gili yang menjadi favorit wisatawan untuk snorkeling, diving dan memancing yaitu di Gili Trawangan, Gli Air, Gili Meno. Selain keindahan alam pulau ini juuga dikenal dengan seni dan tradisinya yang beragam. Misalnya tradisi preserean dan bau nyale

Tradisi preseran adalah pertujukan yang dilakukan dua orang lelaki yang bertarung di arena yang telah disediakan. Pertunjukkan ini dilakukan degan menggunakan tongkat rotan sebagai senjata dan ende terbuat dari kulit kerbau sebagai tamen. Pertunjukan ini brdurasi sekitar 5 ronde setiap ronde memiliki waktu 2-5 menit.

Pertunjukan ini dipimpin oleh 2 wasit yaitu, wasit pertama adalah pakembar sedi ( wasit pinggir lapangan) dan yang keedua adalah pakembar tengak ( wasit yang berada di tengah lapangan). Pertunjukan akan selesai jika durasi waktu yang diberikan sudah habis atau salah satu dari mereka ada yang terluka. Pertunjukan ini mempunyai arti yaitu setiap pepadu  dituntut untuk memiliki jiwa yang berani, rendah hati, dan tidak  pendendam.

Sedangkan tradisi bau nyale adalah menangkap cacing laut. Kata bau berarti menangkap dan nyale berarti cacing laut. Kedua kata ini berasal dari suku sasak. Tradisi ini dilakukan pada dua kali dalam setahun, yaitu pada hari ke-19 dan ke-20 bulan Februari dan Maret.

Bulan keluarnya nyale dikenal dengan nyale tunggak dan nyale poto. Nyale tunggak merupakan nyale yang keluar pada bulan Feruari. Sedangkan untuk buan Maret disebut dengan nyale poto. Namun nyale sangat bayak jika pada sat bulan februari sehingga masyarakat menangkap  nyale pada saat bulan februari dan biasanya mereka menangkap pada saat menjelang subuh

Lombok memiliki pesona alam, budaya, hingga keagamaan yang menarik perhatian wisatawan. Berikut adalah tempat wisata yang ada di Lombok

Gili Trawangan, Primadona Pulau Lombok

Berlokasi di barat daya Pulau Lombok, merupakan destinasi wisata top Asia yang berada pada peringkat 6 sebagai destinasi pulau yang paling diminati di Asia. Dulunya tempat ini merupakan kampung nelayan namun sekarang dikembangkan dan menawarkan beberapa akomodasi, restaurant, dan aktivitas yang seru dari gaya backpaper hingga exclusive.

Gili Trawangan sangat diminati oleh wisatawan. Wisatawaan tertarik dengan garis pantai yang menakjubkan, pasir putih, perairan pirus daan kehidupan lauut yang menakjubkan. Jika kamu datang ke sini pada saat musim libur kamu bisa kehabisan kamar lho sobb…

Selain menikmat keindahan di pantai masih ada banyak kegiatan di sini yang menyenangkan contohnya

1. Sunrise di Pantai, Background Rinjani

Bila kamu menginap di hotel cobalah kamu bangun pada pagi hari untuk menikmati sunrise dengan background Gunung Rinjani dan Gili Meno. Lokasi yang sangat  pas untuk menikmati sunrise adalah dikawasan penangkaran penyu.

2. Snorkeling, wisata air pulau lombok

Disini kamu dapat berenang dari pantai tanpa menyewa perahu. Begitu kamu berada di dalam air kamu akan ditajubkan dengan kehidupan laut yang memanjakan mata. Mulai dari ikan tropis, karang berwarna-warni, dan kura-kura. Harga untuk menyewa alat snorkeling adalah RP 50.000,- saja 

3. Diving

Menyelam adalah kegiatan yang harus dilakukan saat mengunjungi Gili. Meski arus Gili disini terkenal arus yang cukup kuat di sela-sela antara masing-masing pulau. Di sini ada banyak spot foto yang sesuai dengan level wisatawan. Selain dpat melihat kura-kura anda juga akan disuguhkan oleh beberapa binatang laut contohnya, hiu karang, manta rays, gurita dan masih banyak lagi.

Gili Trawangan Lombok menawarkan beberapa type diving seperti :

  • PADI courses, kursus diving berstandar internasional
  • Shark Divving See dimana kamu dapat melihat kehidupan hiu karang
  • UV Night dive, menyelam pada malam hari dengan terpaan sinar rembulan
  • Freediving, menyelam tnpa bantuan oksigen dengan gaya bebas di kedalamaan 200 meter
  • Marine Walk, berjalan didasar lautan dengan bantuan oksigen dari atas kapal

4. Berayun Menikmati Sunset   

Bermain ayunan di atas air laut sambil menikmati sunset pasti terkesan berbeda.  Ayunan pertama di pantai sebenarnya ada di depan hotel Ombak Sunset namun kamu  bisa menjumpai banyak ayunan dibagian selatan pulau atau sunset point.

5. Surfing

Surfing adalah olahraga air yang selalu menarik utuk dicoba. Bermain ini membuat kita mudah bergaul dan saling mengenal baik dengan penduduk local dan turis mancanegara.

Spot berselancar di Gili ini terdapat pada sudut sekitar 300 meter dari pantai dan kamu mesti waspada terhadap arus kuat dan karang dangkalnya.

6. Aqua Flights

Olahraga air ini perlu kamu coba, selain memicu adrenalin kamu akan belajar melompat dari dalam laut hingga ke permukaan tinggi. Aktifitas ini diperkenalkan oleh South Sea Nomads sebuah perusahaan yang bergerak di bidang waterspot.

Gili Air, Menyelami Kekayaan Wisata Alam Lombok Tengah Laut

Membicarakan kekayaan Indonesia di pulau Lombok emang gaada habisnya ya. Salah satu yang menjadi favorit wisatawan adalah Gili Air Lombok. Pulau ini meupakan salah satu Gili yang terkenal di Lombok dikenal deengan keindahan pantainya. Pulau ini menawarkan keindahan alam bawah laut yang dapat memanjakan mata wisatawan.

Gili Air  Lombok penduduknya 2x lebih banyak dari Gili yang lain, namun itu tak menciutkan minat wisatawan untuk berkunjung di Gili Air. Suasana yang tenang serta penduduk yang ramahh pada setiap wisatawan.

Pulau Tengaq Air

Masyarakat menyebut pulau ini menyebut pulau ini dengan “ Tengaq Aiq” artinya tengah-tengah laut. Mayoritas penduduk aslinya adalah suuku Bugis dan Suku Sasak angg mata pencahariannya adalah sebagai pedagang., nelayan, dan pemandu wisata

Gili ini menawarkan keindahan bawah laut  yang sangat menakjubkan. Wisatawan dapat mihat hayati Indonesia, wisatawann juga dapat melihat spot kuda laut, kura-kura, dan spesies ikan yang membuat wisatawan tidak akan pernah bosan.

Gili Meno, Ketenangan dan Pesona Keindahan Wisata Pulau Lombok

Gili Meno merupakan pulau yang memiliki keindahan alam paling berbeda dari sekitar 43 Gili yag ada di Lombok. Meno merupakan destinasi wisata yang sesungguhnya ingin menikmati alam dengaan suasana yang tenang dan alami. Gili Meno memiliki kelebihan lain jika dibandingkan dengan gili Air dan Trawangan.

Kelebihannya yaitu

  • Suasana romantic dan santai cocok untuk honeymoon karena tempat ini masih sedikit pengunjung
  • Pantai Pasir Putih terbaik dijadikan spot snorkeling nomer 1 di Lombok utara. Ombak yang tenang dan air laut yang bersih sangat cocok untuk kegiatan snorkeling / diving
  • Biota yang lebih kaya di sini terdapat karang biru yang hanya ada di 2 tempat yaitu Lombok dan Carribean. Daya tarik disini adalah berenang dengan penyu.
  • Danau yang cantik kamu disini dapat menikmati suasana natural dan menaiki jembatan kayu yang dibuat melingkar. Kamu juga dapat melihat burung –burung besar yang tinggal di hutan bakau daan juga melihat proses pembuatan garam yang masih tradisional.

Fakta Menarik Tentang Pulau Lombok

Sebagian besar orang yang enggan mengunjungi pulau Lombok  menganggap bahwa pulau ini biasa saja, namun jika kamu datang kesini diijamin kamu akan mengantongi pengalaman yang tak pernah kamu lupakan. Berikut fakta menarik dari pulau Lombok yang berhasil saya rangkum

1. Lombok Berarti Lurus

Banyak orang beranggapan bahwa Lombok berasal dari bahasa jawa yang mempunyai arti cabai namun definisi tersebut ternyata salah. Lombok sebenarnya berasal dari bahasa sasak “lomboq” yang mempunyai arti lurus. Nama lomboq diberikan untuk memperingati perjalanan panjang para nenek moyang masyarakat Lombok saat menemukan pulau ini

2. Asal Usul Suku Sasak

Asal usul suku sasak saat ini menjadi berdebatan dikalangan ilmuwan. Segian ahli beranggapan suku sasak merupakan penduduk asli pulau Lombok yang dinikahi oleh para imigran dari Pulau Jawa pada masa Kerajaan Mataram lama.

Sedangkan sebagian yang lain beranggapan bahwa suku sasak berasal dari suku jawa kuno. Hal ini didasarkan padda pendekat etimologi, bahwa sasak berasal dari kata “sah“ (pergi) dan “shaka” (leluhur) yang jika diartikan kembali ke tanah leluhur. Namun sekarang para ahli setuju dan bersepakat bahwa suku sasak sudah menghuni daratan Lombok ratusan tahun lamanya.

3. Memeluk Rinjani, Gunung Berapi Teringgi ke dua di Indonesia

Rinjani merupakan gunung tertinggi kedua di indonesia  yang masih aktif dengan ketinggian 3.726 mdpl . namanya yang sudah terkenal dikalangan wisatawan dan para pendaki karena terdapat spot pendakian yang indah. Dari punck Renjani kita juga dapat melihat sebgian pulau Lombok. Indah sekali ya teman? 

Maka tak heran jika banyak wisatawan yang bolak-balik berkunjung kesini.

4. Kawasan Bebas Kendaraan Bermotor

Siapa sangka di Indonesia terdapat pulau yang bebas dari kendaraan bermotor, dimanakah pulauitu? Ya di Gili Trawangan orrang disana tidaak boleh mengendarai kendaraan bermotor. Peraturan ini adalah peraturan daari adat yang kemudian diadopsi oleh pemerintahan setempat, jika perjalanan jauh mereka bisa memanfaatkan kereta kuda disebut dengan Cidomo.  Keunikan iniah yang menjadi daya tarik wisata bagi wisatawan baik domestic maupun mancanegara.

5. Cita Rasa Pedas Kulineran selama Wisata Pulau Lombok 

Bagi para pecinta kuliner pedas, pulau Lombok bisa jadi salah satu destinasi yang tepat untuk memanjakan lidah kamu. Tempat ini mempunyai ciri khas makanan yang pedas seperti ayam taliwang, beberuk terong, plecing kangkung, sate bulayak, sate rembiga daan banyak lainnya.

Cita rasa yang sangaat pedas ini dipengaruhi  olehh cabai asli pulau Lombok yang memiliki pamor pedas yang benar-benar kerasa bangett. Banyak orang menyebut pulau Lombok adalah gudangnya makanan pedas. Jangan lupa sisipkan agenda kulineran selama wisata pulau lombok.

6. Rumah Suku Sasak dari Kotoran Sapi

Suku sasak merupakan suku asli pulau Lombok yang sudah mendiami pulau Lombok selama berabad-abad. Suku ini memiliki banyak budaaya dan trasdisi yang unik. Dari segi bangunan atau rumah tempat tinggal suku sasak mengganti semen dengan kotoran sapi sebagai perekat, wah unik sekali ya teman.

Tidak hanya itu suku sasak juga menggunakan kotoran sapi yang baru untuk mengepel lantai, bisa bayangin nggak teman kotoran yang baru dibuat ngepel wow amazing. Namun jangan khawatir setelah dipel menggunakan kotoran yang baru tadi, lantai kemudian dibilas hingga bersih kok.

7. Pernikahan Suku Sasak

Bersyukurlah kamu yang tingggal di desa modern sebab syarat untuk menikah tak banyak dan ngggak ribet. Lain halnya disini ya kawan  disini untuk menikah banyak hal yang mesti disiapkan.

Persiapan Mempelai Wanita

Untuk mempelai wanita jika ingin menikah wanita tersebut  harus sudah bisa menenun. Jika belum pandi menenun maka wanita tersebut tidak diijinkan menikah.

Keuntungan dari menenun ini adalah tradisi untuk menenun memang sat ini sudah memudar. Sisii lain menemukan generasi penerus sangatlah terbatas, yang ada kini hany orang-orangg yang lanjut usia saja yang meneruuskaan tradisi menenun.

Persiapan Mempelai Pria

Sedangkan untuk pria, jika mereka ingin mempersunting gadis pujaan hatinya, pria tersebut harus bisa meculik gadis dari rumah orangtuanya tanpa diketahui oleh siapapun. Jika penculikan ini gagal maka si pria akan dikenakan denda dengan jumlah permintaan keluarga si gadiis dikalikan jumlah jembattan yang ada antara ruumahnya dengan gadis tersebut.

Umumnya penculikan ini dilakukan pada malam hari, gadis yyang berhasil diculik akan dibwa kerumah saudara dekat pria tersebut. Dalam beberapa hari kemudian utusan keluarga pria akan mengabari keberadaan gadis pada orangtuanya. Jika orangtua dari gadis  tersebuut menyepakati maka segera mungkin dilaksankan pernikahan.

Adat yang digenggam masyarakat asli Lombok ini betul-betul unik ya sobat, terlihat dari cara yang tidak biasa untuk melangsungkan pernikahan.

Oke mungkin cukup untuk sekian tentang ulasan diatas yang saya jelaskan jika ingin belibur ke pulau Lombok yuk cek Paket Wisata Lombok Eksotika Indonesia kami melayani paket wisata ke Lombok …sssst Lombok itu indah bukan sekedar pantai saja.

Ayo, tunggu apalagi, segera berkunjung ke Pulau Lombok yuk…

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© eksotika indonesia