Seperti destinasi wisata lain di Lembang, Floating Market atau Pasar Apung menyuguhnyan konsep yang identik dengan pegunungan. Tak hanya itu, sesuai namanya, Anda dapat merasakan sensasi seperti di pasar terapung yang sudah ada di Sungai Kuin (Banjarmasin), Langkat (Sumatra Utara), hingga Bangkok (Thailand).

Letak dan rute menuju Floating Market Bandung

Pasar Apung Bandung beralamat di Jalan Grand Hotel Nomor 33, Lembang. Akses menuju destinasi wisata ini pun tidak sulit dijangkau mengingat lokasinya strategis dan dekat dengan tempat rekreasi lain di Bandung Barat. Jika Anda pergi dari Bandung, maka Anda dapat naik angkot yang mengarah ke Jalan Setiabudhi (Margahayu-Ledeng, Kalapa-Ledeng, Ciroyom-Lembang). Lantas, perjalanan menuju Floating Market Lembang harus melewati Pasar Lembang, lalu berputar mengikuti jalan ke arah Bandung. Lalu, carilah jalur yang mengarah ke Jalan Grand Hotel Lembang dan temukan tujuan Anda di samping kiri.

Daya tarik wisata Floating Market Lembang Bandung

Seperti yang telah disebutkan, wisata Floating Market memungkinkan Anda untuk belanja di atas perahu yang terapung di danau. Sejumlah penjual akan menjajakan dagangan mereka—dari jajanan khas Jawa Barat, ikan segar, sayur, dan lain sebagainya. Anda juga tidak perlu cemas akan terjatuh, karena perahu yang tersedia di sana sudah didesain sedemikian rupa untuk menampung bobot maksimal. Begitu pula track yang akan Anda lewati di sana pun sudah dipastikan aman. Dengan begitu, Anda dapat melakukan transaksi hingga berswafoto saat sedang mengapung di danau.

Belanja di perahu terapung bukan satu-satunya daya tarik yang dapat Anda coba. Pasalnya, wisata Lembang ini menghadirkan wahana dan fasilitas lain yang tak kalah menarik. Antara lain arena bermain anak yang mencakup Taman Miniatur Kereta Api, Kereta Api Mini, Pancing Magnet, Kampung Leuit, Tempat Fauna, dan lain sebagainya. Anda juga dapat mencoba Kampung Kandang, Paddle Boat, hingga Jasa Penyeberangan Danau. Tarif yang dikenakan untuk setiap wahana di Floating Market terbilang murah dan bervariasi, dari Rp20.000 sampai Rp70.000 sesuai kebutuhan. Sementara untuk fasilitas, Pasar Apung menyediakan sarana ibadah seperti musala, tempat makan, dan toilet/WC.

Wisata kuliner apa saja yang dapat ditemui di Floating Market?

Kota mini Floating Market di Lembang pun menyediakan wisata kuliner yang akan menyenangkan para pecinta kuliner. Sebelumnya, Anda juga harus memastikan biaya makan dan tiket terpenuhi. Destinasi wisata ini buka setiap hari Senin sampai Jumat dari pukul 9 pagi sampai 5 sore dan Sabtu-Minggu dari pukul 9 pagi sampai 8 malam. Tarif yang dikenakan untuk pengunjung adalah Rp15.000 per orang, lalu ada biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk motor dan Rp30.000 untuk mobil. Setelah menebus harga tiket masuk Floating Market, Anda akan mendapatkan welcome drink.

Menikmati wisata kuliner di Pasar Apung Lembang ternyata berbeda dari yang lain, karena ada sistem tersendiri yang pengelola tetapkan. Alih-alih menggunakan uang, Anda harus membeli makanan dengan koin. Nominal koin yang disediakan paket wisata Floating Market Bandung dimulai dari angka Rp5.000, Rp10.000, hingga Rp20.000. Anda dapat menukarkan uang tunai ke loket khusus untuk mendapatkan alat pembayaran tersebut. Anda juga tak perlu cemas, karena semua harga yang dipasang pedagang di sana sudah sesuai dengan nominal koin, sehingga transaksi akan berjalan.

Nah, sekarang mari kita ulas beberapa makanan yang dapat Anda santap di Pasar Apung Lembang. Rata-rata harga makanan dan minuman di sini adalah Rp15.000 sampai Rp25.000. Bagi wisatawan yang suka makan camilan, ada pisang keju dan tahu susu crispy yang hangat nan lezat. Ya, khusus tahu susu crispy, Anda akan merasakan langsung kenikmatan tahu susu khas Lembang yang sudah terkenal di paket wisata Bandung. Jika Anda ingin makanan berat, jangan lewatkan sate kelinci dan soto. Sementara untuk minumannya, ada kopi dan teh untuk yang ingin menghangatkan tubuh. Beberapa penjaja makanan di Floating Market pun senantiasa mengolah makanan secara langsung, sehingga Anda akan memperoleh santapan yang masih panas dan tentunya enak dikonsumsi.