SEJARAH GILI TRAWANGAN

Masih tentang Gili. Kali ini kita akan bahas tentang Gili Trawangan.  Kalau sedang ke Lombok wajib banget deh ke Gili Trawangan. Eits, tapi nggak ada salahnya lho kalau mempelajari sejarah dari Gili Trawangan. Ada yang tau dulunya Gili Trawangan ini tempat apa guys? pulau ini dulunya pernah dijadikan sebagai tempat pembuangan narapidana. Kenapa sih dibuang di Pulau nan cantik ini? Karena pada jaman dahulu penjara sudah penuh sesak oleh para tahanan. Jadi lah pulau ini dijadikan tempat pembuangan.

Namun seiring berkembangnya teknologi dan maju nya jaman, pulau Trawangan dijadikan sebagai tempat singgah oleh orang-orang Bugis dari Sulawesi yang mereka kemudian turun temurun menjadikan Pulau Trawangan sebegai tempat singgah bersama warga Sasak dan Bali. Nah kira-kira itu sejarah singkat yang lumayan mencekam ya guys. Tapi tenang aja, buat kamu yang ingin berwisata ke sini tidak perlu khawatir lagi karena suasananya saat ini sudah sangat baik dan tentunya memiliki pemandangan yang menakjubkan.

Pulau Trawangan ini merupakan Gili terbesar dari kedua gili lainnya. Sama seperti dua gili lainnya kita tidak akan menemukan kendaraan bermotor ya guys. Kalian hanya akan menemukan sepeda dan cidomo saja. Jadi  jangan khawatir capek yah untuk mengelilingi pulau ini. Karena alat transportasi non mesin tersebut dapat disewa dengan harga yang sangat terjangkau.

 

LOKASI GILI TRAWANGAN

Terletak di Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Dari sisi administratif, objek wisata Gili Trawangan tersebut ada di wilayah provinsi NTB dan ada di arah barat laut Pulau Lombok.

KENAPA HARUS KE GILI TRAWANGAN?

Banyak alasan kenapa kamu harus menyempatkan mengunjungi Gili Trawangan kalau sedang liburan ke Pulau Lombok. Simak ya guys :

1. Punya pemandangan Alam Bawah Laut Menakjubkan!

Meski pemangan alam bawah lautnya tidak sealami kedua Gili lainnya, namun bagi kamu yang suka dengan olahraga air, sangat wajib mencoba snorkeling disini. Selain snorkeling kamu juga bisa coba scuba diving. Air laut di Gili Trawangan masih jernih dan bebas polutan, so biota laut tetap hidup harmonis dan terjaga sekali. Kalau pas beruntung pada saat menyelam, kamu bisa bertemu dengan Ikan Nemo / ikan badut yang ada di film Finding Nemo itu lho guys. Tak hanya itu, kamu juga berkesempatan menikmati jajaran terumbu karang warna warni yang tumbuh di bawah laut Gili Trawangan. Nah tunggu apa lagi guys? Pasti sudah nggak sabar ya terbang ke Lombok. Jangan lupa cek dan ricek tiket pesawat yah, usahakan cari yang promo tuh hehe.

2. Bebas Macet dan Bebas Polusi

Apa sih yang diragukan dari liburan ke Gili Trawangan? Macet ? wah pastinya sudah tidak akan ditemui deh yang namanya macet. Karena disini tidak ada kendaraan bermesin yang boleh beroperasi. Kamu bisa bebas, lepaas menikmati liburan tanpa rongrongan macet seperti di ibukota. Nah kalau macet sudah nggak ada, maka polusi pun ikut nggak ada lho guys karena kamu cuma bisa menggunakan sepeda, cidomo dengan cara menyewanya atau alternativ lain keliling pulau sambil berjalan kaki saja. Jadi sudah dapat dipastikan Gili Trawangan ini bebas polusi.

3. Pemandangan Garis Pantai yang Indah

Pemandangan menawan akan sangat mudah kamu temui disini. Jajaran nyiur melambai tertiup angin menambah suasana jadi semakin cetar membahana hihi. Jangan lewatkan suasana sore menjelang petang di Gili Trawangan. Kamu akan menemukan sunset yang cantik dengan suasana khas Gili Trawangan. Sambil menikmati gradasi warna air laut kebiru-biru an kamu bisa memesan es kelapa muda untuk menemani sore hari mu. Kalau dirasa tidak cukup hanya dengan berjalan-jalan seharian di pulau ini, kamu bisa reservasi / memesan kamar di villa yang ada di sini. Range harga yang ditawarkan pun sangat beragam. Kalau tidak ingin terlalu mewah dan hanya sekedar mampir tidur maka disarankan untuk memesan villa yang low budget untuk menghemat pengeluaran.

4. Villa dan Hotel yang Affordable

Nama Gili Trawangan sudah sangat mendunia di kalangan piknikers seluruh dunia. Tak heran tujuan utama turis asing datang ke Pulau Trawangan adalah untuk liburan selama beberapa hari hanya untuk melakukan aktivitas wisata yang seabreg tapi tidak membosankan disini. Buat kamu yang mendambakan suasana yang eksotis di Pulau Trawangan kamu harus merogoh kocek yang tidak terlalu dalam lho guys. Sebut saja Ombak Sunset Villa. Villa yang satu ini punya dermaga sendiri di Gili Trawangan. Jadi nggak usah khawatir berjalan jauh saat menuju lokasi villa. Nah dengan fasilitas yang bagus itu, harga yang ditawarkan tidak terlalu membuat kantong kering kok. Selain Ombak Sunset beberapa hotel dan villa yang rekomended antara lain Hotel Villa Ombak, Pearl Of Trawangan, Aston Beach Trawangan dan masih banyak lagi.

5. Ramah tamah Penduduk Lokal

Faktor lain yang mempengaruhi turis betah tinggal di sini adalah selain alamnya yang menawan, adalah karena orang lokal yang ramah dan bersahabat dengan siapa pun pendatang di Gili Trawangan. Tak jarang mereka akan dengans senang hati memberikan informasi pada kamu yang bingung mencari tempat menginap. Tapi tetap harus berhati-hati ya guys.

 

FASILITAS YANG TERSEDIA

Di pulau ini terdapat fasilitas yang cukup lengkap guys, seperti akomodasi yang mempunyai banyak pilihan dari kelas melati hingga hotel berbintang. Selain itu terdapat rumah makan atau restaurant yang juga menyediakan makanan khas Lombok disini. Dari rumah makan dengan masakan tradisional sampai restoran berkelas internasional yang menyediakan hidangan ala barat atau asia.

Wawww gak salah kalau pulau ini menjadi tujuan utama turis asing untuk datang ke Pulau Lombok. Selain itu masih ada fasilitas penunjang lainnya yaitu rental sepeda, sewa cidomo, mesin ATM, Island Security Office, penyedia peralatan olahraga air, dan masih banyak lagi.

 

Trus apa saja yang bisa kita lakukan di sini

Tunggu artikel kita selanjutnya yaaa 

^^