Sahabat travelers yang berbahagia, kembali lagi dengan kita yang akan memberikan informasi seputar wisata Indonesia yang tidak  akan ada habis – habisnya. Kali ini kita akan pergi ke timur Pulau Jawa. Betul sekali! Karena kita berjalan kearah timur, maka yang akan kita tuju adalah Jawa Timur. Wilayah yang kaya akan wisata alamnya serta maupun wisata buatannya. Salah satu wisata yang mendunia dan hanya ada di Indonesia salah satunya adalah Gunung Ijen. Destinasi ini menjadi tempat yang favorit yang ada dalam paket wisata Jawa Timur. Terutama bagi wisatawan asing, mereka sangat suka dan penasaran untuk bisa mengunjungi destinasi satu ini. Bagi kalian yang suka petualangan, kawah Ijen adalah destinasi yang tepat untuk dipilih.

Eksotisme Gunung Ijen Buat Kalian Yang Gemar Berpetualang

Gunung Ijen merupakan kawah putih belerang yang terkenal di Indonesia. Namun gunung ini lebih familiar apabila di sebut dengan nama ‘kawah ijen’. Disebut demikian karena kawah ini adalah sebuah danau kawah yang bersifat asam yang terletak di Puncak Gunung Ijen. Gunung ini memiliki tinggi 2.443 meter di atas permukaan laut dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah mencapai 5.466 hektar. Cairan yang dimiliki Kawah Ijen memiliki tingkat keasaman Ph yang tinggi. Bahkan mendekati angka nol sehingga cairan tersebut bisa melarutkan manusia dengan cepat sekali. Kandungan cairan Kawah ini setara dengan air aki.

Gunung aktif yang dapat kita kunjungi kali ini ialah Gunung Ijen! Mengapa? Gunung Ijen bagaikan gunung berapi yang memiliki situs penambangan belerang alami. Biasanya dikenal banyak orang dengan sebutan api biru atau blue fire. Api biru itu muncul sepanjang malam dengan suhu dari dalam perut bumi dengan panas sekitar 600 serajat Celsius. Kandungan belerang Ijen sangat begitu besar. Panas yang merembes lewat celah gas panas bumi membakar belerang dan memunculkan api yang berwarna biru tersebut.

Perlu kalian ketahui, bahwa api biru tersebut hanya dapat ditemukan di Jawa Indonesia dan Islandia. Akan ada banyak pemandangan di tempat tersebut. Anda dapat melihat deretan pegunungan dan gunung raung Banyuwangi yang gagah dan indah sehingga dapat kalian nikmati. Bahkan dari ketinggian kalian juga dapat melihat laut selat Bali. Kemudian pemandangan gunung lain juga seperti puncak Gunung Merapi yang berada di timur Kawah Ijen, Gunung Raung, Gunung Suket Gunung Rante dari atas Kawah Ijen saat pagi hari dengan sunrise yang cerah.

Fenomena Blue Fire Sebagai Magnet Dan Daya Tarik Kawah Ijen

Hal yang menarik dan sangat di cari – cari oleh para wisatawan ialah fenomena blue fire atau api biru di danau kawah ijen. Namun kalian hanya dapat melihat ini dengan keberuntungan dan perlu perjuangn untuk mendapatkannya. Wisatawan harus datang di tempat ini ketika pagi hari. Karena fenomena itu hanya muncul ketika langit malam cerah, tidak hujan dan kalian harus sampai Kawah Ijen sebelum pukul 04.00. Maka kalian akan menjadi bagian dari seseorang yang mendapat keberuntungan melihat dan mengabadikan fenomena tersebut. apalagi kalian datang ke sini bersamaan dengan terang bulan. Wow indahnya tidak ada duanya di Indonesia.

Para travellers yang akan berkunjung ke Kawah Ijen, jangan lupa membawa masker dari rumah. Karena di kawah tersebut akan mengeluarkan asap yang baunya akan membikin sesak nafas jika dihirup secara langsung. Tidak hanya itu, asap tersebut juga berbahaya apabila di hirup bahkan terkadang ada yang mimisan. Hal ini terjadi pabila tidak kuat menghirup bau yang di keluarkan Kawah Ijen. Namun apabila kamu lupa membawa masker saat melakukan pendakian di Kawah Ijen. Sebelum masuk pintu gerbang pendakian akan disediakan sewa masker anti asap. Para tukang sewa akan setia menunggu dan mencari masker yang disewakan. Namun jangan coba – coba mengambil atau membawa pulang masker tersebut yaa. Karena tiap masker akan diberi cap dan tanda tertentu sehingga cepat dikenali oleh sang pemilik. Jadi, butuh stamina yang kuat juga ya travellers, untuk mengikuti paket wisata Ijen ini. Sebab kita akan dihadapkan pada bau belerang dan juga pendakian yang tidak sebentar.

Pemanfaatan Belerang di Kawah Ijen Sebagai Potensi Ekonomi

Kawasan yang kaya akan belerangnya tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat untuk di tambang. Dan usaha tambang ini dijadikan sebagai salah satu sumber penghasilan masyarakat setempat. Kebanyakan para penambang belerang di Kawah Ijen menjadikan batu – batu tersebut menjadi cenderamata yang dihias dan dibentuk semenarik mungkin. Wisatawan lokal maupun luar negeri bayak yang tertarik dengan batu – batu tersebut. Sehingga tak jarang banyak yang ingin membelinya. Kebanyakan orang menjadikan batu – batu tersebut sebagai koleksi dan cinderamata untuk tanda bahwa mereka pernah berkunjung ke Kawah Ijen. Harganya cukup murah kok sehingga sangat terjangkau untuk para pengunjung. Tidak hanya itu para pengunjung juga dapat melihat cara pembuatannya juga lhoo.

Area Camping Ground

Untuk teman – teman yang gemar berpetualang dan menginginkan camping di Kawah Ijen? Tenang! Di area pos sebelum pendakian terdapat area ground camping yang luas. Tidak hanya itu di area tersebut juga terdapat banyak warung makan yang dapat dijadikan alternatif teman – teman untuk mengisi perut. Ada juga toilet dan tempat parkir kendaraan kalian. Akan tetapi bagi kalian yang tidak menginginkan camping, disediakan pula penginapan atau homestay di area tersebut. Kalian dapat menginap di kota Bondowoso atau Banyuwangi agar dapat melakukan perjalanan ke Kawah Ijen. Terimakasih atas waktunya karena sudah membaca artikel eksotika indonesia.

Semoga bermanfaat untuk liburan kalian! Salam wisata, sampai jumpa…