wisata malang
Paket Wisata Malang & Tour Bromo
 0853 199 66777
 0878 199 66777
 cs.eksotika@gmail.com
 eksotikaindonesia.com

Home Profil Paket Wisata Gallery Foto Client

KAWAH PUTIH CIWIDEY

Ingin merasakan liburan seperti di negeri dongeng? Datang aja ke objek wisata Kawah Putih Bandung. Sesuai dengan namanya, kamu akan mendapati pemandangan hamparan kawah yang sungguh menakjubkan. Kawah ini menyimpan cerita yang menarik lho baik mitos maupun secara ilmiah.

Kawah putih adalah tempat wisata Bandung yang paling terkenal. Destinasi ini emiliki pemandangaan yang sangat cantik. Tempat wisata ini sangat cocok untuk kamu yang suka travelling bertema alam. tempat ini memiliki pemandangan yang tidak dipunyai oleh destinasi lain. Rugi  jika kalian liburaan d Bandung tetapi tidak mampir ke Kawah Putih.

Kawah Putih merupakan sebuah danau yang terbentuk akibat dari letusan Gunung Patuha. Dkawasan ini berwarna putih akibat dari percampuran unsur belerang. Selain tanah yang berwarna puth, air yang ada di danau inii memiliki waarna yang putih kehijauan dan dapat berubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung suhu dan cuaca.

kawah putih ciwidey - paket wisata bandung

Selain terbentuk dari fenoomena alam, ada juga sebuah legenda yang lengkap dengan mitos yang melatarbelakangnya. Jika kamu penasaran sama seluk beluk destinasi wisata yang ada di Bandung ini yuk simak informasi berikut ini. Berlibur ke tempat eksotis ini tentunya akan membuat kenangan indah yang tak terlupakan.

Sejarah Kawah Putih

Setiap destinasi wisata pasti memiliki sejarah yang melatarbelakangi terentuknya obyek tersebut ya teman. Baik proses dari proses ilmiah hingga mitos atau legenda yang sudah sangat melekat dan dipercaya oleh masyarakat setempat.

Tempat wisata Kawah Bandung ini pun tak luput dari cerita semaca itu. ingin tau sejarah Kawah Putih? Yuk simak informasi selengkapnya dibawah ini

Akibat Letusan Gunung Patuha

Pada sekitar abad ke 10 dan 12 terjadi  letusan Gunung Patuha yang dahsyat. Hingga terbentuk kawah putih, dahuluunya kawah putih itu bernama Kawah Gunung Patuha, namun sekarang orangorang justru mengenalnya dengan sebutan Kawah Putih, mengapa bisa begitu? Karena air dikawah ini berwarna putih.

Gunung Patuha sebenarya memiliki beberapa kawah yang berada disebelah barat Gunung Patuha, hanya saja yang terkenal dan popular yaitu di Kawah Putih.

Awal Mula Kawah Putih Diketemukan

Pada awalnya destinasi tempat wisata ini di temukan oleh warga setempat. Karena warga setempat mengganggap bahwa lokasi ini sangat angker setelah melihat setiap burung yang terbang melewatinya pasti mati.

Sampai akhirna pada tahun 1837 ada seseorang ahli botani dari Jerman datang kekawasan ini untuk melakukan penelitian. Peniliti ini bernama Dr. Franz Wilhem Junghuhn sangat tertarik kepada pegunungan yang sunyi bahkan tidak ada satu burungpun yang melintas diatasnya.

Karena dengan rasa penasaran dan ketertarikan peneliti tersebut, iapun berkeliling desa untuk mencari informasi tentang Gunung tersebut. Pada saat itu setiap informasi yang diperoleh adalah bahwa kawasan tersebut Angker dan dihuni oleh mahkluk halus.

Bagi Dr. Franz Wiilhem informasi yang diberi masyarakat sekitar Gunung tidaklah akurat dan masuk akal. Mengapa demikiian? Karena Dr. Franz Wilhem tidak percaya dengan cerita-cerita yang beredar di masyarkat.  Ahirnya Dr. Franz Wilhem memutuskan  untuk pergi ke Puncak Gunung.

Setelah sampai di Puncak Gunung, ia melihat sebuah danau yan memiliki air yang berwarna sedikit hijau dengan semburan lava diatasnya dan bau belerang yang sangat meyengat. Sejak ditemukan oleh Dr. Franz Wilhem kawasan ini mulai dikenal dengan luas oleh masyarakat.

Legenda VS Mitos

Seperti yang ceritakan sebelumnya tempat wisata ini tak luput dari legenda atau mitos yang melatarbelakanginya. Ya warga setempat percaya bahwa kawasan ini sangatlah sakral dan angker, memiliki aura mistis yang sangat kuat, sehingga tak ada satupun burung yang berani  melintas dikawasan ini. Karena setiap burung yang melintas pasti akan mati.

Hal didasari oleh masyarakat setempat bahwa di puncak gunung terdapat tujuh makam leluhur yang namanya diawali dengan sebutan Eyang. Ketujuh Eyang tersebut adalah Eyang Rangsa Sadana, Eyang Jaga Satru, Eyang Camat, Eyang Barabak, Eyang Ngabai, Eyang Baskom dan Eyang Jambrong.

Saat Dr.Franz datang dan bertanya kepada masyarakat sekitar kenapa tidak ada satupun burung yang melintas dikawasan ini, jawaban mereka semua hampir sama yaitu cenderung mistis. Namun Dr. Franz Wilhem tidak langsung percaya dia datang ke puncak dan menemukan kawah dengan bau belerang yang sangat menyengat, alasan burung tidak ada yang mau melintas diatasnya.

Pesona Keindahan Kawah Putih

Tempat wisata Kawah Putih merupakan salah satu destinasi wisata di Bandung yang favorit bagi pengunjung domestik maupun mancanegara.  Sesuai dengan nama tempat  wisata ini memiliki air yyang berwarna  putih. Letak kawah ini berada di ketinggian 2090 meter diatas permukaan laut.

Saat kamu berkunjung ke Kawah Putih kamu akan merasakan seperti berkunjung ke negeri dongeng.. apalagi kawah ini dikelilingi oleh hutan mati yang memliki pemandangan yang unik berupa ranting pepohonan kering yang menambah keeksotisan tempat wisata alam ini.

Selain itu, disini juga menyuguhkan pemandangan alam yang unik berupa kabut tebal yang selalu menyelimuti kawah. Tentunya dengan perpaduan pemandangan yang sangat indah, tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin melepas penat akibat rutinitas kerja yang cukup menguras waktu dan tenagamu setiap hari.

Aktivitas yang Seru Saat Berkunjung Di Kawah Putih

Saat berkunjung kesini kamu bisa melakuan kegiatan lain, tidak hanya duduk manis dan menikmsti keidahan alam yang eksotis. Lalu apa aja sih  yang bisa kita lakukan disini? yuk simak rangkuman informasi berikut :

  • Spot menarik untuk Fotografi
  • Relaksasi di pemandian air panas
  • Menikmati keindahan kebun the
  • Menimati kuliner khas
  • Bermalam dan menikmati keindahan sekitar

Cara Menuju Tempat Wisata Kawah Putih

Jika tertarik ingin mengunjungi Wisata Kawah Putih Ciwidey tidaklah susah, ada banyak cara yang dapat kamu lakukan, baik menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum. Namun jika kamu sudah sampai di tujuan kamu akan berjalan cukup jauh yaitu sekitar 5km.

Namun jangan khawatir jika kamu tidak ingin capek berjalan disini menyediakan transportasi yang bernama Ontang Anting. Alat transportasi ini berupa minbus  yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menjadi terbuka. Tiket untuk menaiki transportasi ini adalah Rp. !3.000/orang. Transportasi ini hanya bermuatan untuk 12 orang.

Alamat, Harga dan Jam Operasional

Lokasi tempat wisata ini berada dikawasan Jl. Situ Patengan, Rancabali, Bandung Jawa Barat. Untuk jam operasional Kawah putih dibuka pada pukul 07.00-17.00. sedangkan untuk harga tiket masuk dibanderol denggn harga Rp. 18.000 untuk wisatawan local dan untuk wisatawan asing Rp 50.000

Sedangkan untuk  tarif kendaraan adalah

  • Parkir atas (mobil) Rp. 150.000
  • Parkir atas (motor) Rp. 35.000
  • Ontang-anting Rp. 13.000
  • Parkir bawah (mobil) Rp. 6.000
  • Parkir bawah (motor) Rp. 5.000
  • Parkir bawahh (bus) Rp. 25.000

So, jika tertarik ingin mengunjungi ke kawag putih janga lupa perhatikan jam nya ya. Meski rincian biaya cukup mahal namun jangan khawatir semua akan terbayar oleh keindahan pesona Kawah Putih. Ingin wisata murah ke Kawah Putih?

Namun bingung cari travel? Cus Eksotika Indonesia Tour adalah  jawabannya, yuk mampir dan rasakan petualangan  baru bersama Eksotika Indonesia ke Kawah Putih Ciwidey Bandung…. atau mau trip ke Jogja bisa cek paket Wisata Yogyakarta lengkapnya di sini

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© eksotika indonesia