Kawah putih, adalah sebuah destinasi wisata yang berada di kecamatan ciwidey, Bandung, Jawa Barat. Destinasi wisata ini juga sering digunakan sebagai prewedding bahkan shotting film. Hal ini dikarenakan tempat ini memiliki latar yang indah, unik dan elok. Obyek wisata ini sangat terkenal, dan hampir semua paket wisata Bandung memasukkan program kunjungan ke kawah putih. Meskipun berada di area pegunungan, untuk menuju kesini tidaklah sulit. Karena sudah tersedia sarana angkutan umum, serta prasarana jalan yang sudah beraspal.

Rute menuju kawah putih tidaklahlah jauh, yaitu sekitar 50 km dari pusat kota bandung. Jika kalian datang menggunakan kereta api atau pesawat, maka kalian harus berkendara ke arah selatan bandung. Sepanjang perjalanan akan disuguhkan udara yang sejuk dan melewati hamparan kebun strawberry yang dapat dijumpai di beberapa titik. Estimasi perjalanan menuju kawah putih ciwidey sekitar 2 – 3 jam, tergantung juga kepadatan saat weekend.

 

Sejarah kawah putih Bandung

Sejarah kawah putih bandung dimulai sejak Gunung Patuha meletus tahun 1600. Gunung ini meletus dan membentuk sebuah kawah. Kawah tersebut berisi belerang yang berwarna putih. Sejak letusan tersebut masyarakat tidak ada yang berani mendekat karena dianggap bau belerang akan mengancam jiwa. Hingga akhirnya pada tahun 1837 ada seorang peneliti asal Jerman bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn tertarik untuk meneliti apa yang sebenarnya terjadi. Saat berjalan mendekati kawah gunung patuha, alangkah terkejutnya ternya terdapat kawah yang berisi banyak belerang.

Sejak penemuan belerang di kawah tersebut, dibangunlah pabrik penambangan belerang. Pabrik penambangan belerang ini dikelola oleh pemerintahan belanda dengan nama Zwavel Ontgining Kawah putih. Hingga berlanjut setelah pemerintahan belanda, pabrik ini beralih ke pemerintahan jepang dan diganti nama menjadi Kenzanka Yokoya Ciwidey.

Seiring dengan kemerdekaan RI dan pabrik tidak lagi melakukan penambangan, maka tempat ini menjadi terbuka untuk umum. Banyak masyarakat sekitar yang mengunjunginya. Semakin lama kawah ini semakin berkembang dan terkenal, dan hingga saat ini menjadi sebuah obyek wisata kawah putih. Area ini memiliki ketinggian 2.400 mdpl. Dengan ketinggian tersebut, suhu di sini tentu terasa dingin.  Karena udara terasa dingin, bawalah jaket atau pakaian yang tebal.

 

Fasilitas di Obyek Wisata Kawah Putih

Kawah putih Bandung merupakan tempat wisata bandung yang paling banyak di minati. Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara melakukan reservasi paket tour bandung dengan salah satu program mengunjungi kawah putih. Karena sudah sangat terkenal, tentu pengelola menghadirkan berbagai fasilitas yang lengkap. Di sana pengunjung akan diberikan pilihan area parkir yaitu: parkir atas dan parkir bawah. Jika kendaraan Anda parkir di bawah, maka untuk naik menuju lokasi kawah diharusnya menggunakan shuttle (masyarakat setempat menyebutnya ontang-anting). Namun, jika Anda parkir di atas maka tidak perlu menggunakan shuttle, karena sudah sangat dekat dengan kawah. Ingat yaa, parkir atas hanya diperbolehkan untuk jenis kendaraan motor, mobil dan maksimal elf.

Selain tersedia are parkir yang luas, fasilitas lain juga dihadirkan seperti: Toilet, musholla, pusat informasi, warung makan dan toko oleh-oleh. Harga tiket masuk kawah putih ciwidey adalah Rp 18.000 per orang. Dan naik shuttle sekitar 10.000 per orang. Oia, pengelola juga memberikan free masker lho guys, untuk mengantisipasi bau belerang di lokasi kawah. So, tetap tenang ya karena wisata kawah putih ini sangat aman untuk dikunjungi.

Daya Tarik Wisata Kawah Putih

Kawah putih Ciwidey bandung memiliki daya tarik yang tak biasa. Kawah berwarna putih dan hijau tosca ini hanya ada satu di pulau jawa, yaitu di sini. Kalian dapat berfoto dengan latar kawah dan tebing tinggi. Selain itu udara di sini juga cukup sejuk. Sterdapat juga anak tangga menaurun menuju kawah yang dapat kalian gunakan untuk selfie. Selain itu, terdapat juga pohon-pohon rindang di area kawah putih yang mungkin terlihat seperti di hutan amazon. Wisata di kawah putih ini sangat cocok untuk wisata bulan madu, wisata keluarga maupun family gathering.

Bagaimana guys, tertarik untuk wisata ke kawah putih? Ayo segera cek kalender liburan, rencanakan mulai dari sekarang. Kalian bisa berlibur bersama keluarga, teman, atau rekan kantor. Datang ke Bandung via backpackeran juga seru loh. Atau jika kalian tidak mau ribet menyiapkan segala akomodasi tour, bisa menggunakan jasa tour and travel di bandung. Semua akan diatur mulai dari pemesanan tiket, makan, hotel, resto, transport dan sebagainya. Kalian juga tidak perlu ribet memikirkan rute menuju obyek wisata. Tinggal duduk manis dalam mobil, driver dengan ramah akan memandu perjalanan menuju ke lokasi. Ayo segera reservasi paket liburan bandung sekarang juga!. Ajak teman-temanmu berlibur, Tentukan jadwal liburanmu, konsultasikan dengan agen tour dan berangkan ke bandung penuh keceriaan. Sampai berjumpa di Bandung ya guys … 🙂