wisata malang
Paket Wisata Malang & Tour Bromo
 0853 199 66777
 0878 199 66777
 cs.eksotika@gmail.com
 eksotikaindonesia.com

Home Profil Paket Wisata Gallery Foto Client

KERAJINAN TANGAN KHAS MALANG & KEUNIKANNYA

Kota Malang merupakan salah satu daerah populer di Jawa Timur. Kota apel yang terkenal dengan beragam olahan makanan dari buah-buahan yang selalu jadi andalan oleh-oleh wisatawan. Bentang alam nan indah di Kota Malang tak kalah cantik dan membuat siapapun pasti akan terpana begitu juga dengan hasil kerajinan tangan khas Malangnya.

Malang juga selalu menjadi tujuan tempat wisata keluarga favorit untuk para wisatawan domestik hingga mancanegara. Sebut saja wisata Jatim Park Malang. Keseruan dari wahana permainan hingga wisata edukasi asyik menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan, tempat wisata ini tak pernah sekalipun surut dari kunjungan para pelancong yang tengah berada di Kota apel.

Setelah asyik berkeliling atau mengeksplor kota Malang, pasti tak akan lengkap jika tidak membawa oleh-oleh, bukan?

Oleh-oleh memang selalu menjadi hal wajib saat berwisata ke daerah tertentu. Ternyata, selain terkenal dengan keripik, Malang juga punya kerajinan khas, lho. Bentuknya yang unik dan beragam cocok untuk koleksi maupun hiasan di rumah.

Nah, kira-kira apa saja sih kerajinan tangan khas Malang yang bisa kita jadikan oleh-oleh saat kita pergi ke Malang?

Yuk simak ulasan berikut!

1.     Topeng Malangan, Warisan Seni Adiluhung Kerajinan Tangan Khas Malang

Topeng Malangan menjadi salah satu warisan seni tradisional dari leluhur yang masih eksis sampai sekarang. Topeng ini juga menjadi souvenir artistik yang bisa kamu bawa pulang. Kerajinan tangan ini merupakan bentuk implementasi dari kebudayaan seni lokal dan Malang.

Ciri dari Topeng Malangan ini terletak pada bentuk mata, hidung, bibir, warna dan ukiran. Masing-masing warna topeng sebagai simbol dari karakter topeng. Warna putih menggambarkan watak suci, jujur, dan berbudi luhur. Hijau menggambarkan kedamaian. Kuning menggambarkan kemuliaan. Sedangkan hitam menggamabarkan kebijaksanaan. Beragam ukiran unik yang ada di bagian dahi memiliki sifat kebangsawanan.

Untuk menemukan kerajinan tangan yang satu ini, kamu bisa berkunjung ke Dusun Kedungmonggo. Dusun tersebu terletak Desa Karangpandan, Kec. Pakisaji. Dusun ini berada di bagian selatan Kota Malang dan berjarak 10 km dari pusat kota. Dusun Kedungmonggo menjadi salah satu daerah pelestarian Topeng Malangan yang sudah bertahan hinggan 5 generasi. Topeng Malangan dibanderol dengan harga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

2.     Dinoyo, Kampung Centra Keramik Kerajinan Tangan Khas Malang  

Jika berkunjung ke Kota Malang, jangan lupa berkunjung ke sentra kerajinan tangan yang satu ini. Keramik Dinoyo sendiri merupakan kerajinan yang paling populer di kota Malang. Kamu dapat menemukan deretan toko keramik di sepanjang di Jl. MT. Haryono. Jika ingin mengetahui cara pembuatannya, datanglah ke Kampung Wisata Keramik Dinoyo.

Ketika akan memasuki kampung, kamu akan disambut dengan sebuah taman kecil dan miniatur keramik serta tulisan “Kampoeng Wisata Keramik Dinoyo”. Kampung wisata ini dapat kamu temukan setelah menyusuri Jl. MT. Haryono dan terakhir Mega Jaya Souvenir.

Beragam kerajinan gerabah hingga produksi peralatan dapur akan memanjakan mata. Mulai dari guci, vas, hingga piring cantik yang bisa kamu jadikan hiasan atau mempercantik dekorasi di rumah. Keramik Dinoyo sendiri dibanderol dengan harga mulai dari 5 ribu hingga jutaan rupiah.

3.     Batik Khas Kota Malang

Batik Malang biasanya disebut sebagai Batik Malangan. Walaupun tak sepopuler batik Jogja, Solo, ataupun Pekalongan, namun batik Malangan juga punya kekhasan corak yang tak kalah unik. Ciri khas dari Batik Malang adalah punya warna yang cerah. Bunga teratai dan Malang Kucecwara menjadi motif khasnya.

Selain itu, Bati Pemalangan juga memiliki ciri khasnya sendiri. Pertama, Candi Badut yang menjadi peninggalan sejarah dari Kerajaan Kanjuruhan di tahun 760 Masehi. Kedua, isen-isen dengan motif tugu dan rambut singa putih dibelakangnya, sebagai simbol Kabupaten Malang. Ketiga, adanya hiasan boket dipinggiran kain. Biasanya, berhias tiga buah sulur bunga teratai dengan pola seperti rantai.

4.     Kerajinan Bambu

Salah satu kerajinan tangan unik khas Malang lainnya adalah kerajinan bambu. Desa Sanankerto menjadi wilayah sentra kerajinan bambu yang memang memiliki potensi pengrajin dan bambu yang melimpah. Kerajinan yang dibuatpun meliputi asbak, miniature kapal panisi, kaligrafi, tempat bonsai, gantungan kunci, dan masih banyak lagi. Kerajinan tersebut dibuat dengan memanfaatkan limbah bambu yang akhirnya dapat menjadi souvenir bernilai jual tinggi. Terlebih, jika kerajinan tersebut juga dieksplor ke luar negeri.

5.     Cobek, Kerajinan Tangan Batu 

Dusun Petung Wulung merupakan daerah penghasil kerajinan cobe batu di kota Malang. Berlokasi di Desa Toyomarto, Singosari. Sebagian besar penduduk disini juga berkerja sebagai pengrajin cobek batu. Menariknya, kerajinan cobek batu yang satu ini nggak perlu diragukan lagi deh kualitasnya. Kualitas dan ketahanannya lebih lama disbanding yang lain. Oh iya, sobat juga bisa lho beli cobek batu buat hadiah untuk orang tua. Pasti deh, si Ibu jadi seneng, hehehe.

6.     Ken Dedes Malang, Toko Kerajinan Tangan Terlengkap 

Kerajinan Ken Dedes merupakan sentra usaha kecil mandiri yang ada di Kabupaten Malang. Berbagai kerajinan serta pernak-pernik unik yang sering menjadi andalan oleh-oleh wisatawan. Sentra Ken Dedes sendiri memiliki koleksi handicraft yang lengkap, berada disini kamu seolah menyaksikan beragam koleksi nusantara yang begitu artistik. Pusat Kerajinan Ken Dedes menyuguhkan 54 stand yang dibagi menjadi 3 graha, yaitu; Graha Tumapel, Graha Ken Umang, dan Graha Gayatri. Koleksinya mulai dari topeng kas Malang, Rencong Aceh, kerajinan kayu, tas, hingga perhiasan perak.

7.     Kerajinan Gerabah Gethakan

Industri kerajinan gerabah memang selalu menjadi primadona di berbagai daerah. Salah satunya Kampung Gethakan, Desa Pagelaran, Kec. Pagelaran, Malang. Daerah ini suda menjadi kawasan kerjinan gerabah iconic di Malang. Produknya sendiri sudah dikenal oleh banyak masyarakat akan kualitasnya.

 Bahkan, tak jarang para wisatawan lokal maupun mancanegara yang memburu kerajinan gerabah ini untuk dijadikan buah tangan. Beragam bentuk gerabah disini, mulai dari vas, souvenir, celengan, pot bunga, dan masih banyak lagi. Untuk harganya muai dari 5 ribu sampai ratusan ribu rupiah tergantung dengan ukuran dan tingkat kesulitannya. Kerajinan gerabah juga menjadi salah satu kerajinan yang harus dilestarikan.

Okay.. itulah ulasan mengenai beberapa kerajinan tangan khas Malang yang bisa kamu jadikan oleh-oleh buat keluarga, koleksi ataupun hiasan dirumah. Kamu juga bisa melihat secara langsung proses pembuatannya supaya liburan kamu jadi lebih seru dan pastinya menambah wawasan baru. Ayo, bagi yang udah penasaran dan nggak sabar buat beli, cus buruan ke Malang. Apalagi, buat kalian yang lagi liburan di Malang jangan sampai ketinggalan, ya.

So, are you interested in vacation to Malang?

Bingung harus cari travel online terbaik dan nggak mau ribet?

Yuk kunjungi Eksotikaindonesia.com yang siap untuk menemani liburan anda dengan ragam paket wisata Malang terbaik. Mulai dari paket wisata keluarga, wisata honeymoon, hingga wisata gathering family Trip Malang. Terima kasih untuk sobat yang telah membaca artikel kami dan sampai jumpa di artikel selanjutnya…

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© eksotika indonesia