Kota Tua, kota metropolitan merupakan kota yang luas. Sulit rasanya membayangkan bahwa Jakarta pernah dikurung hanya di daerah yang kecil. Daerah kecil tersebut dikenal sebagai Batavia. Hari ini disebut sebagai Kota Tua yang mengingatkan masyarakat di abad-abad sejarah Indonesia yang masih didominasi oleh Eropa.

Pada abad ke-16, Belanda mendirikan pusat perdagangan di wilayah tersebut. Akses dan posisinya yang strategis dengan sumber daya alam waktu itu menjadikan wilayah tersebut merupakan kepulauan yang dilirik oleh orang dari seluruh dunia.

Hal tersebut meninggalkan banyak pelestarian. Walaupun pelestarian tersebut hanya pada sekitar Kota Tua, hal tersebut menjadi bagian obyek wisata yang mengundang banyak wisatawan.

Letak dan Rute Menuju Kota Tua Jakarta

Destinasi rute menuju Kota Tua Jakarta tidak terlalu sulit. Teknologi memudahkan Anda menuju lokasi tanpa hambatan. Jika Anda dari pusat kota, Anda hanya memerlukan waktu 25-30 menit menggunakan kendaraan transjakarta. Namun, jika Anda ingin melalui daerah tersebut dengan kendaraan pribadi, pastikan Anda memiliki banyak tenaga untuk perjalanan Anda karena jalanan kota Jakarta yang sangat padat.

Daya Tarik Obyek Wisata Kota Tua

Obyek wisata Kota Tua terbagi menjadi beberapa museum yang mencatat berbagai sejarah di Jakarta. Pertama, Museum Sejarah Jakarta memiliki berbagai pameran tentang kota dan lokasi dari zaman prasejarah, masa penjajahan hingga zaman kemerdekaan negara tersebut. Bangungan yang didirikan pada tahun 1710 merupakan contoh bangunan yang lebih baik dari pada gedung-gedung megah di Jakarta.

Kedua, Museum Wayang yang menampilkan berbagai aneka jenis wayang sebagai bentuk dedikasi untuk pewayangan Jawa. Selain itu, museum ini memamerkan berbagai boneka tradisional yang ada dari berbagai pulau di seluruh negeri. Tidak hanya boneka tradisional, berbagai evolusi pewayangan juga dipamerkan dalam museum ini.

Ketiga, Batavia Café merupakan tempat yang otentik dari Kota Tua. Anda dapat menikmati secangkir kopi setelah berkunjung ke berbagai museum di Kota Tua Jakarta. Anda juga dapat menikmati pemandangan Balai Kota lama yang memiliki keindahan tersendiri. Café yang telah menjadi restoran ini telah berdiri lebih dari 20 tahun dan pemerintah sedang membuat pembangunan yang memiliki suasana yang sama seperti kota Batavia di Belanda. Tiga tempat tersebut memiliki daya tarik yang mengundang wisatawan terutama wisatawan mancanegara.