Monas atau Monumen Nasional ini merupakan monumen sekaligus dijadikan sebgai museum yang mana didirikan dengan tujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang gigin berjuang merebut kemerdekaan dari masa penjajahan Belanda.

Meskipun pada mulanya Monas Jakarta ini hanya dibuat sebagai museum perjuangan, namun pada akhirnya justru menjadi salah satu obyek wisata andalan kota Jakarta. Wisata Monas Jakarta ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit sekaligus obyek wisata edukasi terbaik untuk para pelajar maupun wisata umum sekalipun. Tugu Monas ini tak hanya menawarkan wisata sejarah saja, namun juga menyediakan beberapa spot selfie Monas terbaik bagi anda yang memang hobby berfoto atau selfie. Spot instagramable pun kini sudah disediakan sebagai salah satu trik menarik minat wisatawan untuk datang dan berkunjung.

Sejarah Monas

Mengenai sejarah Monas sendiri sebenarnya dimulai dari niatan Presiden Soekarno untuk mendirikan suatu monumen untuk mengenang jasa – jasa para pahlawan sekaligus sebagai perayaan kembalinya pusat kepemerintahan Indonesia ke Jakarta serta pengakuan Belanda atas kemerdekaan RI. Kemudian pada tanggal 17 Agustus 1954 diadakanlah sayembara untuk membuat karya rancangan monumen tersebut. Dari ratusan konsep yang masuk, ternyata hanya karya Frederich Silaban lah yang diterima dimana konsep monumen tersebut. Namun akibat kendala biaya ynag diajukan oleh Silaban terlalu besar, ditambah dengan kondisi perekonomian kala itu sedang buruk maka rancangan tersebut terpaksa ditolak oleh Presiden Soekarno.

Namun akhirnya R.M Soedarsono yang kala itu ditunjuk langsung oleh Presiden Soekarno sebagai arsitek yang akan meneruskan rancangan monumen yang diajukan oleh Silaban. Soedarsono menambahkan angka 17, 8 serta 45 yang mana melambangkan kemerdekaan negara Republik Indonesia. Hingga akhirnya rancangan tersebut disetujui kemudian mulai dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961. Pembangunan selesai pada tanggal 12 Juli 1975. Ditanggal itu pula Monumen Nasional ini diresmikan dan dibuka untuk umum.

Untuk harga tiket masuk Monas sebenarnya dari waktu ke waktu mengalami perubahan, terutama ketika masa liburan yang umumnya harga akan naik. Namun berdasarkan informasi terbaru untuk bisa menikmati keindahan Monumen andalan Jakarta ini, anda akan dikenakan tarif yang besarnya dibedakan antara tarif pelajar, anak dan juga dewasa. Untuk hari biasa tarif pelajar sebesar Rp. 3000, anak Rp. 2.000 dan dewasa Rp. 5. 000. Kemudian ketika high season tarif mengalami kenaikan sebesar Rp. 20.000 (Dewasa) dan Rp. 10.000 (Anak – anak). Kemudian jika ingin naik ke atas puncak yang berada dibawah lidah api berbalut emas yang mana melambangkan semangat juang yang berkobar ini, anda akan dikenai tarif tambahan. Monumen ini buka setiap Selasa – Minggu pada pukul 8 pagi hingga 10 malam. Kemudian pada hari Senin museum akan ditutup untuk umum. Sedangkan jam operasional lift menuju puncak monumen hanya terbagi menjadi 2 jadwal yaitu :

  • Pukul 8 pagi – 4 sore
  • Pukul 7 – 10 malam

Letak dan rute menuju Monas

Monas sendiri berada di Lapangan Merdeka, Jakarta atau lebih tepatnya di Gambir, Jakarta Pusat. Untuk bisa menuju lokasi ini tidaklah sulit. Mengingat lokasinya yang berada dijantung kota dan sangat populer tentu cukup mudah menuju kesana. Rute termudah yaitu anda bisa menggunakan Bus Trans Jakarta karena akan melewati halte Monas dan akan akan berhenti tepat disamping pintu masuknya. Jika anda menggunakan KRL, anda bisa naik kemudian turun di Stasiun Gambir kemudian cukup berjalan kaki menuju Monas. Selain itu, anda juga bisa menggunakan transportasi lain seperti taksi maupun ojek.

Fasilitas dan sarana prasarana yang ada di Monas

Mengenai fasilitas sendiri, Monas menawarkan beberapa spot dan sarana menarik untuk anda, yaitu :

  • Taman berisi berbagai jenis bunga dan tanaman hias, ditambah dengan air mancur yang dapat menyala ketika malam hari
  • Replika Burung Garuda berukuran besar
  • Patung atau relief pahlawan
  • Puncak monumen
  • Penyimpanan Bendera Pusaka
  • Toilet khusus penyandang disabilitas

Apa yang dapat kita lakukan di Monas

Monumen Nasional merupakan sarana rekreasi menarik untuk anda. sembari berpiknik ria, anda juga bisa sekaligus mengajak anak – anak untuk berwisata sekaligus mengenalkan sejarah. Karena memang Monas Indonesia ini menjadi wisata rekreasi yang unik dan menarik. Disamping anda bisa puas berfoto ria, anda juga bisa menjadikan obyek wisata ini sebagai Paket wisata Jakarta edukasi untuk menambah wawasan anda dan keluarga.