wisata malang
Paket Wisata Malang & Tour Bromo
 0853 199 66777
 0878 199 66777
 cs.eksotika@gmail.com
 eksotikaindonesia.com

Home Profil Paket Wisata Gallery Foto Client

TIPS NAIK KERETA AGAR BALITA TIDAK REWEL

Kereta api masih menjadi moda transportasi yang aman, nyaman dan cepat untuk bepergian, terutama untuk mudik atau liburan. Bepergian bersama keluarga pasti sangat nyaman dengan naik kereta. Namun, bagaimana kalau memiliki bayi atau anak yang masih dibawah umur?  Para moms… anda harus mempersiapkan kebutuhan khusus si balita tersebut dengan matang ya.

balita naik kereta

Dengan persiapan yang matang sejak jauh-jauh hari, perjalanan anda dan bayi akan terasa aman, nyaman dan menyenangkan. Perjalanan jauh memang sering kali membuat anak rewel. Terlebih haru duduk berjam-jam dalam kereta. Untuk hal yang seperti ini sebenarnya tidak usah khawatir. Nah sebelum anda berangkat, perhatikan terlebih dahulu beberapa hal ini :

1. Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari

Sangat penting memesan tiket kereta jauh-jauh hari. Sekarang, pemesanan tiket sudah bisa dilakukan 90 hari sebelum keberangkatan. Kemudahan semakin terasa dengan adanya situs KAI Indonesia yang memungkinkan kamu memesan tiket secara online.

Dengan membeli tiket kereta api jauh hari sebelum keberangkatan anda akan mendapat keuntungan  yaitu harga relative murah, dan bebas memilih tempat duduk sesuka hati. Anda pun dapat memilih tempat duduk yang nyaman untuk bayi anda selama perjalanan di kereta.

Kami sarankan pilihlah tempat duduk yang berada di tengah dekat dengan jendela. Tujuannya adalah agar anak tidak merasakan guncangan terlalu keras saat kereta api melaju diatas rel. Jika anda duduk di bagian dekat jendela maka anak anda dapat melihat indahnya pemandangan di luar kaca tersebut sehingga membuat anak tidak mudah bosan.

2. Pilih Keberangkatan Pada Malam Hari

Jika anak tersebut sangat aktif dan suka rewel saat perjalanan, solusinya memilih pemberangkatan pada malam hari. Agar bunda tidak perlu repot menenangkan atau mengajak jalan-jalan anak sedang rewel. Pastikan sebelu keberangkatan perut si anak sudah kenyang sehingga mempercepat tidur si anak di kereta. Jangan lupa bawa selimut, kaos kaki, baju tebal, minyak hangat untuk si anak karena udara didalam kereta saat malam hari cukup dingin.

Jangan lupa juga anak dibawakan topi karena saat sampai di tempat tujuan mungkin sudah berganti hari menjadi pagi harinya atau siang harinya. Hal ini diperlukan supaya tidak terlalu kaget dengan perubahan suhu dari dalam kereta yang dingin menuju luar kereta.

3. Bawa makanan yang disukai anak selama perjalanan di kereta api

Hal berikut yang tak kalah penting adalah makanan sikecil. Bunda wajib membawa makanan atau cemilan yang cukup untuk anak selama diperjalanan. Agar tidak terlalu banyak, pilihlah makanan yang sangat disukai oleh sikecil. Ajak sikecil untuk memilih makanan yang disukai mereka sebelum melakukan perjalanan. Ketika sikecil bosan maka bunda bisa memberikan camilan tersebut agar dia tidak rewel dan membantunya untuk mengurangi rasa lapar.

Hal ini dapat dilakukan juga dengan memilihkan atau membawakan makanan berat untuk bekal makan siang atau makan malam si kecil. Berikan atau bawalah sendiri masakan dari rumah. Hal ini selain lebih ekonomis ibu juga lebih yakin bahwa anak-anak makan makanan yang benar-benar sehat dan aman. Jika terpaksa harus membelikan makan siang atau makan malam untuk si anak, pastikan betul bahwa kita beli makanan di tempat yang terjaga kebersihannya. Misalnya ibu dapat membelikan menu makanan yang ada di restorasi kereta, yang sering ditawarkan oleh mbak atau mas petugas kereta. Walalu memang harganya cuku tinggi dibandingkan ketika membeli di luar kereta.

Pemilihan makanan untuk anak kita tentu sangat penting, mengingat dalam beberapa hari ke depan kita akan berada di tempat lain di luar rumah. Dengan perubahan suhu udara dan mungkin cuaca sekitar tempat yang kita kunjungi maka penjagaan kesehatan tubuh bagi anak dan keluarga mejadi bagian penting yang harus juga dijaga. Ini dapat dicegah dengan banyak mengkonsumi air putih dan juga membawa bekal buah-buahan yang mudah dikonsumsi seperti anggur, jeruk, duku, salak, pisang atau buah lain yang tidak perlu ibu repot mengupas atau mengiris dengan pisau. Agak ribet yaaa untuk membawa-bawa pisau selama serjalanan di kereta.

4. Hindari membawa barang terlalu banyak

Terkadang orangtua tergoda untuk membawa barang banyak. Rasanya keperluan sikecil harus dibawa semua, namun sebaiknya hal tersebut ditahan agar tidak merepotkan. Jangan banyak-banyak membawa barang nanti perhatian beralih kebarang bawaan bukan sikecil.

Jadi bunda harus mempertimbangkan saat membawa pakaian sikecil. Sebaiknya bunda mencuci pakaian saat sudah sampai tujuan. Sehingga nggak perlu banyak membawa pakaian baju ganti yang berlebihan.

5. Bawa barang kesayangan si kecil

Memang terkadang perjalanan di kereta membuat si kecil tidak nyaman. Oleh karena itu jangan lupa bawa barang favorit si kecil satu atau dua barang saja. Jika memungkinkan minta si kecil untuk memilih barang favoritnya sendiri sebelum meninggalkan rumah.

Berikan opsi pilihan barang yang mudah dibawa seperti bantal, boneka kecil atau mainan seperti mobil-mobilan yang dapat dimasukkan ke dalam tas anak. Hal ini dilakukan supaya tidak merepotkan selama bepergian menggunakan kereta api. Hal ini juga menguntungkan bagi orang tua selama perjalanan anak kita tidak melirik penjual mainan yang biasanya dapat dengan mudah ditemukan di tempat umum seperti stasiun atau destinasi wisata tempat kita berkunjung.

6. Ajak ngobrol si kecil selama perjalanan di kereta

Untuk bunda yang tidak memilih jadwal perjalanan malam harri, selalu ajak si kecil untuk mengobrol. Bunda bisa menceritakan bagaimana serunya perjalanan hingga nanti sampai tempat tujuan. Melihat pemandangan dari balik jendela kereta api sembari memberikan beberapa pengetahuan juga bisa bunda lakukan.

Selain itu, jangan biarkan nak duduk terlalu lama, sesekali ajaklah jalan-jalan menyusuri gerbong. Bahkan bunda bisa mengajak si kecil untuk mengenal sekitar atau berkenalan dengan penumpang lainnya. Dengan begitu selama perjalanan di kereta anak menjadi tidak bosan dan rewel

7. Beri perigatan pada si kecil selama naik kereta api

Jika memilih keberangkatan pada pagi hari atau siang hari. Bunda wajib mengingatkan si kecil tentang beberapa hal yang tidak boleh dilakukan selama dikereta api. Cara ini semacam hipnotis dengan memberikan kata-kata berulang kepada si keci. Bunda harus menerapkan peringatan berulang pada si kecil ini dari jauh–jauh hari sebelum naik kereta.

Itulah sedikit tips untuk mengatasi anak yang rewel jika bunda akan mengajak si kecil naik kereta. Persiapkan perjalanan wisata anda dan keluarga tercinta bersama Eksotika Indonesia.

So, are you interested in family vacation?

Rencanakan waktu liburan kamu bersama Eksotika Indonesia sebagai travel online terbaik buat kamu yang ingin traveling keliling Indonesia tanpa perlu ribet dan pastinya aman, dong. Eksotika Indonesia  telah dipercaya oleh banyak perusahaan dengan paket wisata corporate gathering dan ragam paket wisata family, honeymoon, study tour dan masih banyak lagi. Bagi yang mau trip Family ke Jogja, cusss cek jogjakartour.com

Terima kasih untuk sobat yang telah membaca artikel kami dan sampai jumpa di artikel selanjutnya..

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© eksotika indonesia