wisata malang
Paket Wisata Malang & Tour Bromo
 0853 199 66777
 0878 199 66777
 cs.eksotika@gmail.com
 eksotikaindonesia.com

Home Profil Paket Wisata Gallery Foto Client

PANDUAN JIKA KAMU PERTAMA KALI NAIK PESAWAT

Berbagai transportasi tersedia buat kita yang ingin melakukan perjalanan jauh mapaun dekat. Jika kamu ingin melakukan perjalanan jauh dengan waktu tempuh yang singkat, naik pesawat terbang bisa jadi pilihaanmu. Selain kita mendapatkan keuntungan dalam hal waktu dan energy untuk melakukan perjalanan dengan jarak yang cukup jauh, kita juga akan mendapatkan pengalaman lain soal menggunakan kendaraan via udara atau pesawat.

Transportasi pesawat saat ini bukan hanya untuk orang-orang berduit saja. Sekarang siapapun bisa naik pesawat. Ya harga tiket yang makin murah membuat masyarakat melirik moda transportasi udara tersebut. Segera tentukan kota atau negara tujuan kamu, lalu cek via google flights untuk jadwal dan juga harga tiketnya.

Pertama kali menggunakan moda transportasi udara

Ohyaaa bagi sobat yang baru pertama kali naik pesawat tentu bakal bingung dengan sistemnya. Mulai dari tempat duduk yang disiapkan hingga proses check-in. Tenang dan jangan bingung ketika kamu berada di bandara untuk memproses keberangkatanmu, jangan sampai panik gara-gara takut ketinggalan pesawat ya.

bromo malang - naik pesawat

Lewat tips ini liburan atau perjalanan kamu akan menjadi lancar, kamu juga gak akan kena denda atau mengalami kerugian finansial karena kelalaian yang tidak sengaja dilakukan karena belum paham prosedur keberangkatan dan kepulangan perjalananmu menggunakan perjalanan via udara.

Nah, agar kamu tak mengalami hal tersebut, berikut hal-hal yang harus kamu  perhatikan sebelum naik pesawat. Simak ulaasan berikut!!

1. Siapkan Tiket Pesawatmu & Cek Kartu Identitasmu

Kamu bisa mendapatkan tiket pesawat dari banyak tempat dan berbagai cara. Kamu juga dapat memesan tiket online maupun secara offline.  Tiket offiine biasanya dengan cara pemesanan pada agent travel. Biasanya pembeli sudah mendapatkan tiket cetak. Sedangkan tiket online biasanya setelah membeli tiket, tiiket elektronik akan dikirim melalui email pribadi kamu saat melakukan reservasi atau pembelian. Kemudian jangan lupa untuk di print.

Cetak Tiket

Print out tiket dapat dilakukan untuk mengantisipasi erorr di smartphone kamu. Gak lucu kan ya jika kamu sedang proses check-in tiba-tiba hp kamu error dan gabisa nyala. Untuk mendukung program go green atau menjagaan terhadap lingkungan di dunia kamu dapat mencetak atau meminta petugas travel agentmu untuk mencetak tiket pesawatmu di kertas yang reuseable paper. Ini salah satu upaya untuk menjaga dunia dari penggunakan kertas yang berlebihan dan mengurangi jumlah produksi sampah di Indonesia.

Download E-Ticket

Atau cukup lakukan download di smartphone kamu saja jika dapat dipastikan bahwa bateray handphone tidak low dan tidak erorr saat ditanyakan oleh petugas. Simpan E-ticket pesawatmu serta jangan lupa letakkan di storage yang kamu gampang temukan kembali. Hal ini memudahkan kamu saat di bandara dimintai oleh petugas untuk menunjukkan tiket penerbangan saat akan masuk ke dalam ruangan passanger. Penyimpanan di handphone akan mengukung perjalananmu yang less waste atau minim sampah.

2. Perhatikan Kuota Bagasi Maskapai yang kamu pilih

Ada 2 jenis bagasi yang terdapat dalam pesawat. Yang pertama adalah bagasi kabin dan yang kedua adaalah bagasi tercatat. Bagasi kabin berada di dalam kabin pesawat. Lebih tepanya berada diatas tempat dudukmu nanti. Biasanya barang yang dibawa kekabin beratnya tidak melebihi 7kg. jadi barang yang dibawa kesini seperti tas kecil berisi dompet, hp, dan sejenisnya.

Sedangkan untuk bagasi tercatat ini merupakan bagasi yang barang bawannya diatas 10kg. namun dibagasi tercatat ini harus membayar per kilogramnnya ya sobat ekotis. Setelah sampai ke tempat tujuan kamu bisa mengambil barang bawaanmu di Coveyor Baggage.

3. Perhatikan waktu dan usahakan datang lebih awal

Untuk kamu yang pertama kali naik pesawat jangan sekali-kali mepet waktu keberangkatannya. Usahakan satu atau dua jam sebelum jam keberangkatan sudah ada di bandara. Lebih cepat lebih baik untuk menghindari antrean saat masuk kedalam terminal dan saat proses check-in.

4. Jangan sampai salah terminal

Cek kembali tiket pesawat yang kamu beli. Perhatikan bandara mana dan terminal berapa yang harus kamu datangi. Karena jarrak terminal saatu ke yang lainnnya itu jauh ya sobat eksotis. Gak lucu kan jika tiba-tiba salah terminal, padahal waktu sudah mepet untuk chek in dan memproses bagasi. Ini menghindarkan diri dari ketinggalan pesawat.

5. Lakukan proses Check-in

Setelah kamu melewati security check atau pemeriiksaan keamanan, kamu harus melakukan proses check-in untuk mendapatkan boarding pass. Selain itu barang bawaan yang berukuran besar seperti koper harus diserahkan untk ditimbang dan masuk bagasi tercatat. Setelah ditimbang kamu akan diberi bukti nomer tas yang suda masuk bagasi. Jangan sampai hilang bukti ini karena bukti ini nantinya untuk mengambil barang bawaan kamu.

Jangan lupa bawa identitas diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan membawa tiket pesawat yang sudah kamu beli yah. Setelah Boarding Pass sudah dicetak, simpan baik-baik karena dengan ketas kecil inilah kamu bisa naik dan masuk ke kabin pesawat. Selain itu menukar boarding pass, kamu bisa meminta petugas untuk memberian tempat duduk yang nyaman untukmu. Misalnya saja kamu lebih memilih duduk disamping jendela atau ditengah, biasanya kamian akan ditanya oleh petugas counter.

Self check in counter

Ohyaaa ada juga cara lain untuk check in yakni check in mandiri. Ini bisa dilakukan dengan beberapa syarat. Yaitu maskapai penerbangan yang kamu pilih adalah maskapai yang punya fasilitas self check in di bandara. Di Indonesia hanya ada bebera maskapai saja yang sudah menyediakan fasilitas ini. Kamu tinggal menggunakan layar komputer yang sudah tersedia dan biasanya ada tanda yang cukup jelas. Kamu hanya perlu memasukkan kode booking tiket pesawatmu saja di komputer tersebut lalu memilih tempat duduk sesuai dengan arahan aplikasinya.

Website Check in 

Cara ketiga adalah dengan website check in. Ini dilakukan oleh masing-masing penumpang juga dengan mengakses website maskapai penerbanganmu. Caranya sama yaitu hanya menginput data kode booking saja melalui halaman website tersebut. Hanya saja dengan cara ketiga ini kamu juga harus tetap menghubungi counter check in maskapai pilihanmu untuk mendapatkan print out boarding pass.

6. Periksa Gate keberangkatan dan tunggu pesawatmu disana

Di boarding pass, kamu bisa menemukan informasi soal gate keberangkatan pesawatmu yang kamu dapatkan dari loket check-in. tunggu pesawatmu di ruang yang telah disediakan, jangan teraluh jauuh dari gate tersebut supaya tak ketinggalan info penerbangan, apakah dimajukan atau delay, ataupun pindah gate lain.

Dengarkan pengumuman soal status pesawatmu, dan bersiaplah ketika pesawatmu sudah tibaa. Sebisa mungkin jangan mengenakan earphone ataupun headset kettika sedang menunggu kedatangan pesawat ya. Nanti malah gak denger kalau peswatnya dataang, gamau terjadi kan?

7. Siapkan KTP dan Boarding Pass saat mau menaiki pesawat

Petugas aakan memeriksa KTP dan boarding pass kamu. Siapkan terlebih dahulu agar tidak terburu-buru atau kebingungan mencari dokumen tersebut didalam tas kamu. Setelah kamu menunjukan KTP dan Boarding Pass kamu simpan baik-baik dokumen itu masukan kedalam dompet, janggan diibuang sebelum kaamuu sampai meninggalkan bandara tujuan. Karena pemeriksaan identitas dilakukan secara berlapis.

8. Naik pesawat dan cari tempat duduk yang tecantum didalam boarding pass

Jangan sampai saalah kursI ya teman. Lihat nomor kursimu di Boaring Pass, setelah kamu menemukan tempat dudukmu segeralah letakan barang bawaanmu kedalam bagasi kabin yang terletak diatas tempat duduk pesawat kamu.

9. Sebelum take off perhatikan instruksi keselamatan yang diperagakaan awak pesawat

Jika kamu baru pertama kali naik pesawat sebaiknya kamu memperhatikan awak pesawat yang sedang memperagakan  instruksi keselamatan di uudara. Informasi itu sangat penting untuk diketahui, sebagai upaya mengantisipasi pada saat genting.

10. Jangan terburu-buru meninggalkan bandara. Ambil tas di bagasi dan pasttikan tidak ada yan tertinggal

Jika sudah mencapai tujuan, jangan terlalu senang lalu melupakan barang bawaanu ya teman-teman. Ambil baranmu sesuaai dengan nomor penerbangan. Perhattikan baik-baik barang bawaanmu dan jangan sampai tertukar dengan orangg  lain.

Jdi gimana?

Gak perlu takut lagi kan jka kamu baru pertama kali naik pesawat karena sudah tahu informasi tips naik pesawat terbang sebelumnya. Itulah ulasan umum buat yang pertama kali naik pesawat. Intinya, tenang aja tinggal ikuti petunjuk ini dan perjalanan di udara untuk pertamakalimu bakal tenang.

Jika masih bingung di bandara kamu bisa bertanya pada petugas bandara/satpam yang siaga ataupun bertanya kepada orang lain. Jangan malu bertanya ya temannnn.

Semoga bermanfaat…

 

Cek tiket pesawat sekaliguas paket wisatanya via kami Eksotika Indonesia^^

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© eksotika indonesia