PESONA PANTAI KUTA LOMBOK

Eits jangan salah sangka dulu ya guys, Kita masih belum beranjak lho dari eksotisme Pulau Lombok. Kali ini kita akan bahas mengenai Pantai Kuta. Wah, sabar dulu guys, Pantai Kuta yang satu ini bukan yang ada di Bali yaa. Pantai Kuta yang satu ini ada di Pulau Lombok.

Jadi bagi siapapun yang berwisata ke Pulau Lombok tak ada salahnya mengunjungi Pantai Ini. Untuk melihat perbedaan yang ada antara Pantai Kuta Bali dengan Pantai Kuta Lombok hehe. Selain karena pantai Kuta Lombok memiliki ombak yang lebih tenang, simak nih beberapa keunikan yang berbeda dari pantai Kuta yang ada di Bali. Apa saja sih perbedaan Pantai Kuta Lombok dengan Pantai Kuta Bali yang perlu kamu ketahui supaya lebih afdol nih jalan-jalan ke Lombok nya hehe. Cek it out dibwah ini ya guys :

 

1. Lokasi nya sangat strategis sebagai kawasan wisata Pantai

Pantai Kuta Lombok atau orang lebih sering menyebutnya Pantai Kuta Mandalika berjarak sekitar 30 menit dari Lombok International Airport. Sangat mudah ditemukan karena letaknya berdekatan dengan Pantai Tanjung Aan, Desa Wisata Sasak Ende dan Sade.

 

2. Memiliki cerita rakyat / Dongeng menarik seputar “Nyale”

Ada tradisi unik dan menarik pada setiap tahunnya. Upacara / tradisi ini dilakukan di Pantai Kuta Mandalika. Tradisi apa sih sampai segitu menariknya? Hehe , upacara Bau Nyale guys nama nya. Nyale adalah sejenis cacing laut yang jumlah milyaran dan hanya muncul setahun sekali di Pantai Mandalika Lombok ini. Mau tau kan cerita dibalik upacara Bau Nyale ini? Masyarakat Nusa Tenggara Barat percaya pada legenda bahwa konon Nyale adalah penjelmaan dari Putri Mandalika yang sengaja menceburkan dirinya ke laut karena diperebutkan oleh beberapa pria. Agar tidak terjadi peperangan, maka sang putri memilih menceburkan dirinya ke laut. Namun Putri Mandalika berjanji akan kembali setiap tahunnya pada waktu tertentu. Nah believe it or not ya guys.

 

3. Memiliki Pasir yang unik

Berbeda dengan pantai Kuta Bali yang berpasir hitam,  Pantai Kuta Mandalika ini memiliki hamparan pasir putih yang luas. Pemandangan di sekitaran pantai ini begitu indah perpaduan dari hijaunya bukit-bukit yang mengelilinginya. Jika sedang berada di pantai ini dan sedang berjalan di atasnya, cobalah perhatikan psir putih yang menghampar di tepi lautnya. Ya, bentuk pasir putihnya sangat unik. Yakni berupa bulatan-bulatan ukurannya lebih besar dari ukuran pasir putih lembut pada umumnya. Mirip seperti biji merica. Nah pantai ini juga terkenal dengan sebutan Pantai Merica.

 

4. Terdapat penjaja Kain Songket di area pantai

Siapa tak kenal songket? Hasil karya warisan budaya Nusantara yang namanya sudah mendunia. Songket di daerah Lombok dihasilkan oleh beberapa perajin dari desa yang berbeda. Salah satunya songket dari desa Sade yang kemudian hasilnya dapat kamu temui dengan mudah di pinggir pantai pada lokasi berdagang disini.

 

5. Fasilitas cukup Lengkap menambah poin plus kunjunganmu kesini

Pantai Kuta Mandalika di Lombok ini termasuk ke dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang diresmikan oleh presiden Jokowi tahun 2017 lalu. Fasilitas yang ada disini pun dibilang lumayan lengkap walaupun masih dalam tahap pembangunan kala itu. Terdapat penginapan, kamar mandi umum maupun tempat ibadah yang tengah dibangun.

 

RUTE & LOKASI PANTAI KUTA LOMBOK

Tak hanya akan membagi informasi mengenai rute menuju ke pantai ini, namun juga informasi tiket masuknya juga guys. Pantai unik di Lombok ini berada di desa Kuta, kecamatan Pujut, kabupaten Lombok Tengah. Pantai ini terbilang cukup luas karena memiliki kawasan garis pantai sepanjang kurang lebih 7,2 km. Jika kamu ingin mengunjunginya dari kota Mataram, maka jaraknya kurang lebih 72 km ke arah tenggara.

Perjalanan kurang lebih ditempuh dalam waktu kurang lebih 90 menit. Sebelum sampai di lokasi pantai kamu akan lewat ke Desa Sade, merupakan salah satu desa dari Suku Sasak yakni suku asli Pulau Lombok. Untuk tiket masuk ke kawasan ini tidak ada tarif khusus, hanya membayar secarfa sukarela saja dan membayar parkir Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk motor. Namun seiring berjalannya waktu maka kemungkinan besar tiket masuk akan segera diberlakukan oleh pemerintah daerah setempat.

 

YANG DAPAT DILAKUKAN DI PANTAI KUTA LOMBOK

Jangan bosan dulu ya guys, karena memang tema kali ini masih seputaran pantai di area Lombok. Buat kamu yang hobi olahraga air nih disini bisa jadi alternative spending time selain berjemur hehe. Banyak tempat persewaan alat snorkeling jadi sudah nggak perlu bingung lagi. Jadi tidak perlu repot membawa peralatn sendiri yahh. Kegiatan olahraga air mulai dari surfing, snorkeling, berenang pun dapat dilakukan disini.

Tapi buat kamu yang tidak ingin basah-basahan bisa sekedar berjalan-jalan santai sekitar ini. Bisa juga sambil memesan es kelapa muda menikmati sunset di Pantai Kuta Lombok ini. Atau jika ingin menikmati keindahan pantai Kuta dari atas bukit bisa jadi pilihan.

Karena disini terdapat bukit yang bernama Mandalika. Di atas bukit ini suasana cukup sejuk dengan pemandangan yang indah dan eksotis dari pantai ini.  Berbaring di hamparan pasir putih sambil menikmati keindahan panorama pantai juga menjadi salah satu aktifitas yang menyenangkan. Oiya guys, kalo kalian yang suka petualangan, kalian bisa berjalan ke timur sekitar 2 kilometer. Disana kalian akan menemukan Pantai Seger  yang juga masih menjadi bagian dari Pantai Kuta Lombok.

 

FASILITAS YANG TERDAPAT DI PANTAI KUTA LOMBOK

Saat ini keberadaan pantai unik ini sudah dikenal banyak orang domestik maupun mancanegara. Oleh karna itu, disini sudah disediakan fasilitas publik berupa hotel atau penginapan homestay yang dekat dengan Pantai ini maupun Pantai Seger.

Tapi nggak cuma tempat penginapan aja ya guys yang tersedia disini, tapi fasilitas penunjang lainnya pun juga ada seperti toko souvenir khas Pulau Lombok, toilet umum atau ruang ganti, area parkir yang luas, dan tempat untuk penyewaan alat olahraga air. Oiya guys, buat kalian yang merasa lapar atau haus setelah puas berjalan-jalan di pantai, nggak usah khawatir mencari tempat makan ya. Karna disini sudah tersedia tempat makan atau cafe yang menyajikan makanan khas Lombok. Jadi kalian nggak perlu jauh-jauh dan bingung mencari tempat makan.

 

TIPS WISATA DI PANTAI KUTA LOMBOK

1. Jangan lupa pakai sunblock

Memakai sunblock sangat penting buat kamu yang nggak mau kulit jadi serasa terbakar. Karena panas matahari di Pantai Mandalika ini terasa begitu terik terutama saat musim kemarau

 

2. Kacamata hitam dan penutup kepala

Kedua benda ini bisa membuatmu tidak terlalu silau saat sedang menikmati pantai ketika siang hari

 

3. Nego harga peralatan snorkeling

Kamu bisa menawar untuk harga sewa peralatan snorkeling dari yang ditawarkan. Biasanya harga sewa dapat ditawar hingga 30%. Selamat mencoba!

 

4. Datang di bulan Juli – Agustus

Buat kamu yang hobi surfing disarankan datang ke pantai ini pada bulan Juli-Agustus. Karena pada bulan-bulan tersebut gelombang air sangat ideal untuk melakukan aktivitas olahraga air ini.

 

5. Untuk memaksimalkan waktu, selain mengunjungi pantai Kuta Lombok kamu juga bisa mampir ke pantai Mawun, Selong Belanak, dll

 

6. Jagalah kebersihan. Jangan buang sampah sembarangan ya guys. Karena sudah tersedia banyak sekali tempat membuang sampah di sekitaran pantai Lombok ini.

 

Nah, jangan lewatkan ya berkunjung ke pantai ini karena tentunya segudang keunikannya mampu membuat pikiran jadi fresh sebelum kembali ke rutinitas kantor yang menyibukkan. Yuk, wisata ke Lombok. Tentunya bisa serahkan semua kebutuhanmu di ahlinya paket wisata Lombok. Kunjungi website www.eksotikaindonesia.com untuk paket wisata lengkap lainnya. Selamat berwisata!

^^