wisata malang
Paket Wisata Malang & Tour Bromo
 0853 199 66777
 0878 199 66777
 cs.eksotika@gmail.com
 eksotikaindonesia.com

Home Profil Paket Wisata Gallery Foto Client

PETIK APEL BATU MALANG & MAKAN APEL LANGSUNG DARI POHON

Pernah nggak sih kalian berkunjung ke Kota Batu? Atau  mungkin kamu mempunyai rencana untuk beribur ke Kota Batu. Kota Batu memang identik dengan wisata sesuai dengan namanya. Kota Batu ini memiliki pilihan tempat wisata alam maupun tempat wisata wahana. Salah satunya adalah wisata petik apel.

Jika kamu ingin berlibur ke Kota Batu kamu dapat memilih wisata alam yang khas dari Kota Batu ini, yaitu wisata petik apel. Jika mendengar kata apel pasti kamu akan teringat dengan Kota Batu yang berada di Malang. Kota Malang merupakan kota terbesar kedua di Propinsi Jawa Timur. Malang sendiri memiliki beberapa destinasi wisata yang menjadi favorit para turis.

Kota Batu merupakan penghasil Apel terbesar di Provinsi Jawa Timur. Maka tak heran jika Malang disebut  juga dengan Kota Apel.  Jika biasanya kamu memakan buah apel dari  penjual buah atau toko, di sini kamu akan menikmati apel langsung dari pohonnya dan dipetik menggunakan tangan kamu sendiri, wah kelihatannya asik ya.

Meskipun kita diijinkan untuk makan buah apel sepuasnya dan memetik buah apel sesuka hati kita tidak boleh langsung ingin membawa pulang apel-apel tersebut. Ada tatacaranya tersendiri yaitu, buah yang sudah kamu petik  lalu dikumpulkan pada pengelola wisata. Kemudian ditimbang terlebih dahulu dan jangan lupa dibayar ya sobat travellers.

Banyak jenis apel yang ditanam di Malang dan Batu ada 5 jenis yaitu, Apel Manalagi, Apel Rome Beauty, Apel Granny Smith, Apel Anna dan Apel Wanglin. Tiap jenis apel memiliki rasa tekstur daging buah yang berbeda-beda ya sobat traveller

Wisata Petik Apel

Siapa sih yang nggak kenal Kota Batu , disini banyak sekali objek wisata menarik yang bisa kita datangi. Terletak di Provinsi Jawa Timur dengan Kabupaten Malang tepatnya 15 km di sebelah barat.  Selain memiliki obyek wisata sejarah dan edukasi, daerah ini juga menawarkan tentang keindahan Kota Batu.

Kota Batu berada di kawasan puncak atau dataran tinggi sehingga udara disini menjadi sejuk dan dingin. Salah satu tempat wisatayyang berada di Kota Batu adalah Wisata Petik Apel. Buah apel merupakan icon dari Kota Batu selain strawberry sehinggga diijadikan oleh-oleh yang wajib dibeli saat ke daerah Malang.

Penghasil Apel

Banyak kebun penghasil apel di kota ini, sebagian hasil panen dijual ke pasar, sebagian lagi diambil oleh para pengepul dan banyak juga yag dijadikan tempat wisata untuk menambah ekonomi warga yang berada disekitar kebun tersebut.

Ratusan pohon apel yang siap dipanen dibuka sebagai tempat wisata petik apel.  Wisata ini sangat ramai dikunjungi wisatawan pada saat hari libur, kebanyakan wisatawan yang berkunjung kesini bersama rombongan, keluarga, dan masih banyak lagi.

Jenis-Jenis Apel di Malang & Batu

Terdapat jenis-jenis apel yang dipelihara atau dibudayakan di sini, mulai dari buah apel anna hingga Granny Smith. Masing-masing jenis apel ini memiliki rasa dan tekstur tersendiri.

  1. Apel Anna

Apel primadona yang paling banyak dicari wisatawan, karena apel ini memiliki warna hijau kemerahan hingga  merah merona. Apel ini memiliki rasa yang asam dan manis, dengan tekstur buah yang lunak atau biasanya disebut masir karena ketika sedikit dilumatkan saja seperti ada pasir-pasir sari buah di dalamnya. Apel ini mempunyai aroma yang kuat serta kulitnya yang tipis.

  1. Apel Manalagi

Apel yang satu ini sangat banyak dibudidayakan karena rasanya yang manis banyak disukai oleh wisatawan. Warnanya hijau kekuningan dan aromanya sangat harum dibanding dengan jenis apel lain. Namun tekstur dari buah ini sedikit keras. Daya tahan apel ini juga lumayan bisa mencapai 1 bulan. Wahh cocok ya jika dijadikan oleh-oleh

  1. Apel Wanglin

Apel Wanglin merupakan hasil persilangan antara buah apel dan buah pear jadi menghasilkan rasa yang manis serta memiliki kandungan air yang banyak. Apel Wanglin mempunyai warna hijau dengan bintik hitam, tetaapi apel ini tergolong langka karena belum banyak petani yang menanamnya.

  1. Apel Rome Bauty

Apel Rome Beauty mempunyai rasa yang segar dan sedikit asam, dengan warna kulit hijau bersemburat warna merah. Tekstur buah ini sedikit keras namun jika sudah matang tekstur buah apel ini menjadi sedikit renyah. Karena memiliki rasa yang kuat, apel ini banyak diolah untuk menjadi sari apel.

  1. Apel Granny Smith

Salah satu jenis buah apel yang cocok uutuk diolah menjadi jus karena memiliki kandungan air yang cukup banyak dan rasa asam yang segar. Buah apel ini berwarna hijau cerah dan terkadang memiliki bintik-bintik berwarana putih.

Tempat Wisata Petik Apel Malang

Pasti penasaran kan ya dimana sih dapat memetik buah apel dan makan apel sepuaasnya?

Jangan kemana-mana yuk simak ulasan berikut

1. Wisata Petik Apel Kebun Buah Kusuma Agro Wisata

Wisata ini berlokasi di Jl. Abdul Gani Atas No 12 Ngaglik Kecamatan Batu. Kebun buah ini menjadi pilihan yang tempat untuk kamu yang sedang berlibur di Malang ataupun yang ingin berlibur kesini. Di sini kamu dapat memetik buah Apel, kamu juga dapat memetik buah lainnya seperti jeruk, strawberry, jambu dll.

Selain itu tempat wisata ini letaknya juga strategis karena Kusuma Agrowisata memiliki lokasi yang berdekatan dengan Jatim Park 1. Jatim Park 2, Eco Green Park bahkan bersebelahan dengan Museum Angkut.

Harga di wisata Petik Apell ini adalah Rp 60.000 bisa makan apel sepuassnya diarea kebun. Jam operasionl kebun ini mulai dari pukul 07.00-17.00

2. Wisata Petik Apel Mandiri

Wisata Apel Madiri ini berlokasi di Jl. Raya Junggo No 33 Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu. Tempat ini sangat disukai  oleh pengunjung karena mempunyai karakteristik kebun berundak yang bisa membuat anda menikmati pemandangan indah lembah dibawahnya.

Selain dapat pemandangan yang indah Petik Apel Mandiri ini terkenal dengan rasa apel yang manis. Pengunjung dapat memetik dua jenis apel disini yaitu apel merah dan apel hijau

Harga yang dibandrol untuk masuk kesini adalah Rp 20.000 untuk makan apel sepuasnya di area kebun, sedangkan untuk dibawa pulang dibanderol  dengan harga Rp 30.000/kg jam kunjung disini adalah 07.00-17.00

3. Wisata Petik Buah Apel Madiredo

Di utara Kota Batu terdapatt kebun buah apel, tepatnya di Dusun Bengkaras Desa Madiredo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.  Pengunjung yang berkunjung ke sini bisa memetik buah apel sendiri dengan jenis apel manalagi dan apel rome beauty. Tempat ini cocok untuk kamu yang  ingin menghabiskan liburan di Kot Batu karena lokasi ini cukup dekat dengan pusat Kota Batu

4. Wisata Apel Agro Rakyat

Wisata Apel Agro Rakyat memiiki 4 dari 5 jenis apel, kecuali jenis Granny Smith. Tempat ini berjarak kurang lebih 30 menit dari pusat kota. Tepanya di Jl. Raya Sidomulyo, Desa Sidomulyo, Kec  Batu, Kota Batu. Jam operasional tempat ini dibuka pukul 07.00-17.00 dan harga tiket untuk masuk kesini adalah Rp 25,000 makan apel sepuasnya dan jika ngin dibawa pulang dibei harga Rp 30.000/kg

Dibawa Sebagai Oleh-oleh

Buah apel memang menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib kamu bawa jika ke Malang. Buah apel adalah pilihan yang cocok sebagai buah tangan kamu. Selain buah apel kamu juga bisa menemukan produk yang berbahan dasar apel, seperti keripik apel, sari buah apel, dodol apel dan masih banyak lagi.

Gimana asik kan liburan di Malang?

Yuk rame-rame kita petik buah Apel bareng keluarga, orang-orang tercinta di Kota Batu pastinya dengan eksotikaindonesiatour jadi lebih asik.

Memetik buah apel secaraa langsung dari pohonnya dengan suasana dingin khas Kota Batu akan  menjadi sensasi tersendiri dan pasti akan menjadi liburan yang tak akan terlupakan.

Sekian dulu artikel tentang wisata petik apel, sampai bertemu di artikel selanjutnyya… terimakasih telah mengunjungi web eksotikaindonesiatour. See you nexttime gaissssssss

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© eksotika indonesia