Kurang lengkap rasanya bila Anda tak mengunjungi Situ Patenggang saat berada di kawasan Ciwidey. Kata situ sendiri berasal dari bahas Sunda yang berarti danau atau telaga, sementara patenggang berarti saling mencari. Lantas, apa yang membuat danau tersebut menjadi salah satu destinasi wisata favorit di kawasan Bandung Selatan selama bertahun-tahun?

Sejarah Situ Patenggang

Sebelum membahas fasilitas dan keseruannya, mari kita kenali dulu sejarah Situ Patenggang. Konon saat Kerajaan Majapahit masih berdiri, ada sepasang kekasih bernama Raden Indra Jaya (Ki Santang, yang juga keponakan Prabu Siliwangi—raja Pajajaran) dan Dewi Rengganis (putri Kerajaan Majapahit) yang saling mencintai. Sayangnya, jalinan asmara mereka kandas akibat Perang Bubat yang dicetus dua kerajaan besar, Pajajaran dan Majapahit.

Akan tetapi, kisah Ki Santang dan Dewi Rengganis tetap bertahan. Buktinya, mereka berhasil bertemu lagi di tempat yang kini dikenal sebagai Batu Cinta di Danau Patenggang. Dewi Rengganis lalu meminta kekasihnya membuatkan perahu, lalu setelah jadi, kapal tersebut berubah menjadi pulau berbentuk hati yang dinamakan Pulau Asmara. Sampai sekarang, Anda masih dapat melihatnya langsung di destinasi wisata Situ Patenggang Bandung.

Daya tarik wisata Situ Patenggang Bandung

Patenggang berlokasi di ketinggian 1.600 meter dengan luas danau 45.000 hektare. Di dalamnya ada cagar alam seluas 123.077,15 hektare. Sementara rute menuju Situ Patenggang cukup terjangkau untuk Anda tempuh. Berlokasi di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali, danau tersebut dapat diakses lewat Jalan Tol Cipularang arah Bandung dan keluar di Tol Kopo untuk kemudian diteruskan ke Soreang dan Ciwidey. Jika Anda keluar dari Tol Buah Batu, ambil rute Banjaran-Soreang-Ciwidey menuju Patenggang. Dua jalur lain yang dapat Anda tempuh adalah lewat Leuwi Gajah dan Terminal Leuwi Panjang.

Lantas, selain keindahan alam dan udaranya yang menyejukkan, apa saja daya tarik yang membuat Patenggang tetap memesona? Pihak pengelola destinasi wisata tersebut menyediakan sejumlah fasilitas yang dapat dimanfaatkan wisatawan untuk menikmati hari mereka di Situ Patenggang. Misalnya dengan piknik bersama teman atau keluarga di sekitar danau atau berlayar dan mampir ke Batu Cinta. Jika satu hari tak cukup, Anda dapat menyewa kamar di penginapan di Situ Patenggang.

Jika Anda tertarik berwisata memakai perahu, ada dua opsi yang dapat dipilih. Pertama, membayarnya  langsung saat membeli tiket masuk. Tarif yang dikenakan sebesar Rp20.000 per jam kalau Anda ingin singgah ke Batu Cinta. Sementara kalau Anda hanya ingin berkeliling, tarif yang dikenakan hanya Rp10.000. Ada pun perahu dayung yang dapat disewa untuk rombongan dengan biaya Rp150.000 untuk satu perahu.

Bagaimana dengan harga tiket masuk Situ Patenggang? Biaya yang diberlakukan relatif terjangkau. Di hari biasa atau weekday, tiket dijual dengan harga Rp18.000 per orang, sedangkan di akhir pekan atau hari libur nasional sebesar Rp20.500 per orang. Bila Anda membawa bis atau truk, ada biaya parkir yang harus dikeluarkan senilai Rp22.500 per unit. Parkir kendaraan pribadi tarifnya lebih murah, yakni sebesar Rp3.500 per sepeda motor dan Rp11.000 per mobil.

Hal apa yang akan kita dapatkan dan rasakan saat berada di Situ Patenggang?

Berbagai pengalaman akan didapatkan dan dirasakan wisatawan yang bertandang ke Patenggang. Anda yang ingin melepas penat dari hiruk-pikuk kota akan mendapati pikiran jernih saat melihat danau berlatar pepohonan yang masih asri. Para turis yang berkunjung dengan paket wisata Situ Patenggang biasanya akan memperoleh tur mengelilingi kawasan wisata sampai menyantap kuliner khas yang murah dan lezat di sana.

Jangan lewatkan juga Kapal Pinisi yang saat ini sedang tren dijadikan tempat berfoto, apalagi konsepnya yang sangat kekinian sesuai dengan minat muda-mudi. Selain itu, ada pulapaket wisata Bandung yang menyediakan kemudahan menikmati fasilitas glamping (glamour camping), yakni berkemah di tepi danau Patenggang dengan nuansa hotel bintang lima. Bahkan Anda pun akan memperoleh pelayanan bak di penginapan berkelas. Lewat fasilitas ini, Anda akan memperoleh pengalaman liburan paling berkesan di Situ Patenggang. Tetarik untuk datang dan mencoba?