wisata malang
Paket Wisata Malang & Tour Bromo
 0853 199 66777
 0878 199 66777
 cs.eksotika@gmail.com
 eksotikaindonesia.com

Home Profil Paket Wisata Gallery Foto Client

9 KEUNIKAN SUKU MANTE, LEGENDA RAKYAT YANG PERNAH MENDIAMI ACEH

Seperti yang kita tahu, Indonesia merupakan negara yang sangat kaya. Beragam suku tersebar dari Sabang sampai Merauke. Terutama di provinsi paling utara yaitu Nangroe Aceh Darussalam. Suku Mante adalah kekayaan milik NAD.

Tahun 2017 lalu, Indonesia digemparkan dengan sebuah video tentang penampakan sesosok manusia unik di dalam  hutan. Saat sekelompok motor tril sedang menyusuri jalan setapak di hutan, mereka bertemu dengan sosok manusia bertubuh kecil. Uniknya, sosok tersebut tidak berpakaian seperti pada umumnya.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata sosok tersebut berasal dari salah satu suku pedalaman yang mendiami hutan di Aceh. Namanya, Suku Mante. Sejumlah warga asli Aceh juga mengakui bahwa mereka juga pernah bertemu dengan suku tersebut. bahkan, ada juga orang yang tertarik untuk mengetahui suku ini lebih lanjut. Namun, hingga sekarang belum ada data scientific terkait keberadaan suku Mante tersebut.

Sejarah Suku Mante

Suku Mante disebut sebagai satu-satunya etnik paling awal dalam legenda rakyat yang pernah mendiami Aceh. Pasalnya, Suku Mante termasuk dalam rumpun bangsa Melayu. ‘The Atihers’ yang merupakan karya tulis dari Dr. Snouck Hurgroine menjelaskan bahwa suku unik di Aceh ini tinggal di daerah perbukitan.

Menurut sejarawan Aceh, Husain Ibrahim menuturkan bahwa Suku Mante diperkiraan hidup di Aceh sejak 3000 SM. Mereka menghuni kawasan Aceh besar , tepatnya di perbatasan Jantho hingga kawasan Tangse, Kab. Pidie. Bahkan, suku unik di Aceh ini masih ada hubungannya dengan masyarakat yang tinggal di pedalaman Aceh besar atau Rumoh Duobelah.

Pada abad ke- 17 Masehi ditemukan sepasang suku unik di Aceh, laki-laki dan perempuan. Mereka ditangkap dan dipertemukan kepada Sultan Aceh. Namun, mereka enggan menjelaskan dan tidak makan makanan yang telah dihidangkan. Akhirnya, mereka mati kelaparan.

Pasalnya, sekarang suku unik di Aceh sudah punah atau mulai hilang karena sudah bercampur dengan suku bangsa pendatang lainnya. Sebagian masyarakat juga penasaran dengan suku ini. Uniknya, sampai ada mahasiswa pecinta alam yang melakukan penelusuran ke gunung-gunung di Aceh untuk menemukan keberadaan suku unik di Aceh.

Suku Mante bukan sekedar legenda. Gusnar Effendy punya pengalaman beberapa kali bertemu dengan Suku Mante. Awalnya dia pikir suku ini hanya legenda belaka. Namun, semuanya terbukti saat dia melihat suku ini di belantara Lokop, Aceh Timur. Juga, di hutan Oneng, Pintu Rimba Rikit Gaib di Kab. Aceh tengah dan tenggara.

Sama seperti suku-suku lainnya, suku unik di Aceh ini juga memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri. Keunikan suku unik di Aceh ini akan kita bahas disini, yuk kepoin lebih lanjut bareng Eksotikaindonesia.com. Selamat membaca sobat!

1.      Suku Terasing Di Aceh

Jika suku lain lebih menyukai laut atau wilayah lain dengan pemandangan indah sebagai tempat tinggal, maka berbeda dengan Suku Mante. Mereka lebih menyukai tempat tinggal yang keberadaanya jauh di dalam hutan dan sulit dijamah oleh manusia lain. Hal ini menjadikan suku unik di Aceh ini sebagai suku terasing.

 Aktivitas mereka juga tidak diketahui secara luas, karena sifat mereka yang tertutup dan jarang berinteraksi dengan warga Aceh pada umumnya. Sebenarnya banyak orang yang dibuat penasaran dengan suku ini. Bahkan, bagi kalangan warga asli pun belum pernah bertemu dengan suku unik di Aceh ini.

2.      Bentuk Fisik Yang Unik

Suku Mante memiliki bentuk fisik yang lebih kecil dengan suku lainnya. Postur tubuhnya agak bungkuk namun sangat lincah. Tinggi rata-ratanya sekitar 60 -70 meter dan maksimal 1 meter. Sedangkan warna kulitnya adalah warna khas Suku Melayu, yaitu sawo matang. Bentuk wajah yang bulat, telinga agak runcing dan juga berotot.

Uniknya, ukuran telapak kaki mereka lebih lebar daripada manusia pada umumnya. Ada juga perbedaan yang mencolok antara laki-laki dan perempuan suku unik di Aceh ini. Bagi perempuan memiliki bulu halus di sekujur tubuh, sedangkan laki-laki tidak. Rambut mereka lurus dan dibiarkan tumbuh sampai menutupi pantat, baik laki-laki ataupun perempuan.

3.     Tempat Tinggal Dan Hidup Nomaden

Suku ini suka hidup berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. saat Hindu masuk ke Indonesia, Suku Mante berpindag ke kawasan hutan belantara Aceh. Kemudian, saat Islam masuk mereka berpindah lagi ke tempat lain. Mungkin, suku ini memang tidak mau terpengaruh oleh budaya luar manapun.

suku unik di Aceh ini hingga saat ini dapat hidup dan bertahan di dalam kawasan hutan hal ini masih dapat dibuktikan higaa saat ini. Akan tetapi jumlahnya tinggal sedikit. Biasanya tinggal di goa-goa dan memakan apa saja yang disediakan oleh alam. Adapun beberapa Gua yang masih digunakan untuk warga suku Manten tinggal yaitu Gua Jambur Ratu, Gua Jambur Simpang, Goa Jambur Ketibung, Goa Beye, dan Goa Jambur Atang.

4.      Punya Bahasa Sendiri

Seperti suku lainnya, suku unik di Aceh ini juga memiliki bahasa khas yang hanya bisa dipahami oleh sukunya. Namun, kita belum mengetahui bagaimana aksen dan logat bahasa Suku Mante. Karena, belum banyak yang dapat berkomunikasi langsung dengan suku ini.

Konon, pernah ada warga lokal yang tersesat dan ditunjukkan  jalan oleh suku ini dengan menggunakan bahasa isyarat. Yakni dengan mengambarkan arah di atas tanah. Mereka baik banget, bukan?.

5.      Pemakan Segala [Omnivora]

Sama seperti kita, Suku Mante juga pemakan segala. Mereka akan makan apapun yang ada di alam. Mulai dari ayam hutan, ikan, salak hutan, hingga berbagai jenis tumbuhan.

6.      Kecil Tapi Lincah

Suku Mante terkenal sangat gesit dan lincah. Bahkan, mereka juga memiliki kemampuan berlari dengan sangat cepat. Hal tersebut dapat kita ketahui dari video viral di tahun 2017 silam.  Kita dapat melihat seberapa gesit orang Mante berlari dan secepat kilat masuk ke dalam hutan.

7.      Masyarakat Suku Mante Menghindar Saat Bertemu Orang Asing

Suku Mante akan ketakutan dan langsung melarikan diri jika merasa tergannggu.  Mereka selalu merasa terancam jika bertemu dengan orang asing. Biasanya, Suku Mante akan ditemukan dalam keadaan sedang sendirian dan tidak bergerombol. Pasalnya, mereka sering mengintai kehidupan  manusia. Namun, hal itu dilakukan hanya untuk menjaga kelestarian sukunya.

8.      Sulit Terdeteksi Keberadaannya

Suku Mante memiliki ruang sendiri yang berbeda dengan ruang satwa. Itulah mengapa aktivitas suku ini selalu aman dan tidak pernah terekam oleh kamera jebakan yang dipasang untuk aktivitas lingkungan. Akibatnya, keberadaan dari suku ini belum bisa diketahui secara pasti.

9.      Biasanya Warga Suku Mante Terlihat Di Waktu Subuh

Ada beberapa warga yang pernah bertemu dengan Suku Mante pada siang hari, namun sebenarnya mereka sering keluar pada waktu subuh. Pada waktu itu mereka akan keluar dari gua. Mereka akan menyusuri sungai dan mencari makanan. Sedangkan pada malam hari, mereka akan kembali pulang.

Nah, demikian sedikit ulasan mengenai 9 keunikan dan karakteristik Suku Mante yang ada di provinsi Aceh, Indonesia. Keberadaan suku yang sempat hilang dan keingintahuan banyak orang dapat menjadi sumber pengetahuan lewat video viral tersebut. Suku-suku ini juga menjadi perwujudan dari indahnya keberagaman di Indonesia. Tentunya, kekayaan dan keberagaman Indonesia wajib untuk kita jaga. Yup! Kalau bukan kita, siapa lagi?

Terimakasih untuk sobat yang telah membaca artikel kami dan sampai jumpa di artikel selanjutnya…

Cek Eksotika Indonesia sebagai referensi wisata anda. Cek juga Paket Wisata Budaya Yogyakarta.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© eksotika indonesia