TMII adalah suatu kawasan wisata yang bertemakan serta berkonsep  wisata budaya dan suku  yang ada di Indonesia. Taman mini Indonesia indah pembuatannya dicetuskan oleh ibu negara presiden Republik Indonesia ke 2, yaitu ibu Tean Soeharto. Pembangunan tempat wisata ini memiliki tujuan untuk membangkitkan rasa cinta , sayang dan bangga kepada tanah air dan seluruh elemen yang ada di Indonesia.

Pada proses pembangunan TMII Jakarta, memakan waktu kurang lebih  tiga tahun. Pembangunan tempat wisata ini dimulai dari tanggal 30 Juni 1972, dan selesai serta diresmikan pada tanggal 20 April 1975. Peresmian tempat wisata ini, diresmikan langsung oleh presiden ke 2 Republik Indonesia, bapak Soeharto. Saat ini tempat wisata ini masih terawat dengan baik dan mengalami perkembangan seiring meningkatnya kualitas teknologi.

Letak dan rute menuju TMII

Objek wisata TMII terletak di kawasan  Jakarta Timur, dan mempunyai area yang luasnnya berkisar 1,5 Kilometer persegi dan luas total 150 hektar. Apabila Anda ingin berwisata ke wilayah provinsi DKI Jakarta, tempat ini biasanya dijadikan paket wisata Jakarta untuk Anda. Mengunjungi dan berwisata ke tempat ini  bisa dijangkau dengan cukup mudah, karena posisinya yang cukup strategis dan berada tidak jauh dari pusat kota, sehingga sangat banyak transportasi yang menuju kesana.

Jika Anda  ingin kesana menggunakan transportasi darat seperti kereta api, untuk menuju kesana Anda disarankan untuk turun di stasiun pasar minggu, karena posisi stasiun tersebut sudah dekat dengan taman mini. Untuk lebih menghemat uang tranposrtasi Anda bisa menaiki kereta api dengan jenis KRL.  Setelah sampai di stasiun pasar minggu, untuk menuju ke taman mini Anda harus melanjutkan perjalanan dengan transportasi umum yang jurusannya ragunan- taman mini, setelah itu kurang dari 20 menit Anda bisa turun tepat di dekat pintu 2 TMII.

Daya tarik objek TMII

Berwisata ke TMII memberikan daya tarik tersendiri apabila mengunjunginya. Ada banyak nilai-nilai edukasi yang tersirat pada setiap wahana TMII.  Pada objek wisatanya kita bisa melihat beranekaragam keunikan kebudayaan yang tergambar lewat beberapa miniatur yang ada disana.  Banyak keunikan tiap daerah yang tergambar pada miniatur memberikan rasa bangga dan ketertarikan sendiri ketika melihatnya. Selain itu, objek wisatanya bisa dijadikan pelajaran dan edukasi terhadap semua kalangan, termasuk anak-anak. Daya tarik objek wisata TMII juga tidak lepas dari banyaknya jenis rumah adat yang ada disini, mulai dari tongkongan yaitu rumah adat Tanah Toraja, Balon yang merupakan rumah adat khas Batak, hingga Joglo yang berasal dari Jawa Tengah. Semua hal tersebut  merupakan bagian dari paket wisata TMII yang bisa Anda  dapatkan jika kamu berwisata kesini. Jadi, tidak ada salahnya Anda meluangkan waktu Anda untuk datang ke TMII jika Anda sedang berada di Jakarta.

Apa yang dapat kita lakukan di TMII

Ketika Anda telah membayar tiket masuk TMII seharga Rp. 10.000 perorang, setelah itu Anda bisa melihat dan melakukan banyak hal di TMII. Bagi orangtua yang datang bersama anak ke TMII, Anda bisa berkunjung ke istana anak TMII. Istana anak ini merupakan bangunan yang berbentuk seperti istana dongeng. Istana ini dibuat untuk tujuan kelangsungan masa depan yang baik untuk anak, dan memberi filosofi pentingnya anak-anak menikmati masa bermain diusia mereka. Pada istana ini dilengkapi alat-alat peraga dengan teknologi yang canggih, dan dilengkapi dengan alunan alat musik pentatonik dan antonik.

Selain itu, pada wanaha istana anak juga terdapat permainan yang memberikan nilai edukasi kepada anak. Istana anak bukan hal satu-satunya yang bisa Anda dapatkan jika berkunjung kesini. Di TMII juga terdapat  beberapa bangunan yang bisa Anda kunjungi seperti, bangunan keagaamaan, museum, sarana reakreasi dan teater, hingga pusat kuliner dan oleh-oleh khas TMII. Sebelum berkunjung kesini ada baiknya Anda menyiapkan kondisi fisik yang kuat, karena TMII tergolong tempat wisata yang luas apabila ingin dikunjungi secara keseluruhan, dan bagi Anda yang suka berfoto-foto jangan lupa untuk membawa kamera Anda.