wisata malang
Paket Wisata Malang & Tour Bromo
 0853 199 66777
 0878 199 66777
 cs.eksotika@gmail.com
 eksotikaindonesia.com

Home Profil Paket Wisata Gallery Foto Client

8 REKOMENDASI TEMPAT WISATA DI KOTA SURAKARTA

Kota Surakarta atau yang kerap disebut sebagai Kota Solo ini adalah salah satu kota yang terletak di Jawa Tengah. Kota dengan pemilik slogan “The Spirit Of Java” ini dikenal sebagai kota budaya. Karena tradisi budaya Jawa di kota ini masih sangat kental dan mampu menjadi daya tarik unik tersendiri. Maka tak heran, jika banyak wisatawan datang untuk mengunjungi beragam suguhan destinasi wisata Surakarta maupun mempelajari tentang adat dan budayanya. Menikmati pesona kota Surakarta dengan paket wisata Surakarta di Eksotikaindonesia.com.

Selain itu Kota Solo juga memiliki destinasi wisata yang sangat beragam. Mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, edukasi, hingga wisata hiburan menarik lainnya. Tentunya, cocok untuk dikunjungi untuk mengisi liburan anda. Jika sobat ingin menikmati keindahan Kota wisata Surakarta ini, bis tingkat Werkudoro bisa menjadi transportasi pilihannya. Kamu akan diajak berkeliling kota, apalagi sambil menikmati terpaan angin  sambil duduk di deck atas.

Berbicara tentang Kota Solo ini, sobat pasti tidak akan asing dengan salah satu destinasi wisata populer Solo, yaitu Sungai Bengawan Solo. Sungai legendaris ini merupakan sungai terbesar yang ada di Pulau Jawa. Sambil mengisi liburan, kamu bisa menyusuri sungai Bengawan Solo dengan perahu kayu. Tentunya, akan membuat wisata Surakarta anda semakin menyenangkan.

Bukan hanya itu, kamu juga masih bisa mengeksplorasi kota budaya ini, lho. Solo memiliki beragam tempat wisata Solo yang wajib untuk dikunjungi. Kira-kira dimana aja, ya?

Nah, dibawah ini ada 8 rekomendasi tempat wisata di Surakarta.

1. Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta Hadiningrat merupakan tempat kediaman Sri Susuhunan Bakubuwana sebagai Raja di Kasunanan Surakarta. Selain itu, Keraton Surakarta ini juga menjadi destinasi wisata sejarah di Solo. Tentunya, cocok untuk destinasi paket wisata edukasi di Surakarta. Selain berwisata, kita juga bisa belajar sejarah tentang Keraton Surakarta Hadiningrat. Apalagi, keraton ini juga memiliki museum yang menyimpan beragam artefak dan benda-benda bersejarah.

Selain itu disini pengunjung juga bisa berkunjung ke museum di keraton. Di sana, terdapat beragam koleksi benda-benda peninggalan kasunanan dan benda-benda pemberian dari raja Eropa. Seperti, replika pusaka keraton, gamelan, hingga kereta kencana.  Namun, untuk berkunjung ke Keraton ini, ada beberapa peraturan yang harus kamu perhatikan, ya! Seperti melepas sandal tapi diperbolehkan jika menggunakan sepatu selama berkunjung di area Kraton dan juga peratusan lainnya yang dapat disimak melalui tour guide sobat.

2. Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg merupakan salah satu bangunan sejarah, berupa sebuah benteng yang dikenal sebagai peninggalan pemerintah Belanda. Benteng Vastenburg ini didirikan pada tahun 1745 atas perintah Gubernur Jendral Baron Van Imhoff. Benteng ini terletak di Kawasan Gladak, berjarak sekitar 15 menit dari Keraton Surakarta Hadiningrat. Mungkin, sobat dapat berkunjung ke tempat ini sebelum atau sesudah mengunjungi Keraton. Disini, kamu dapat berfoto ria dengan background berupa bangunan kuno yang pastinya akan membuat hasil foto jadi lebih epic selama berwisata di Surakarta.

3. Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu ini adalah destinasi wisata populer Surakarta, tepatnya wisata alam ini terletak di Kabupaten Karang Anyar. Destinasi wisata ini menawarkan keindahan air terjun dengan ketinggian 80 meter. Menariknya, Grojogan Sewu ini merupakan air terjun tertinggi di wilayah Jawa Tengah. Grojogan Sewu berlokasi di sisi Barat Gunung Lawu, tepatnya berada di daerah Tawangmangu. Tawangmangu sendiri merupakan daerah yang terkenal dengan hawa sejuk dan dinginnya udara di pegunungan.

Maka tak heran, jika berkunjung kesini, sobat akan merasakan hawa dingin yang menyejukkan, sambil menikmati pemandangan air terjun yang menenangkan. Uniknya, ada sebuah mitos yang mengatakan bahwa jika berkunjung kesini bersama pasangan, maka hubungan yang dijalin akan bubar di tengah jalan. Hehehe.. buat yang nggak jomblo, hati-hati ya..

4. Museum Manusia Purba Sangiran

Museum Manusia Purba adalah sebuah museum arkeologi yang berlokasi di Desa Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Obyek wisata yang satu ini merupakan salah satu destinasi dari rangkaian wisata Surakarta yang wajib untuk dikunjungi. Selain dekat dengan Solo, karena Museum ini merupakan destinasi wisata yang menyajikan pembahasan sejarah mengenai manusia purba. Tentunya, cocok untuk destinasi di paket wisata edukasi di Solo. Wisata edukasi sendiri merupakan sebuah kegiatan rekreasi yang juga menawarkan aktivitas edukasi untuk menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan. Tentunya, juga cocok untuk destinasi wisata anak dan keluarga di Solo.

5. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran merupakan sebuah istana resmi yang digunakan sebagai tempat kediaman Kadipaten Praja Mangkunegaran. Bangunan dari Pura Mangkunegaran ini memiliki balutan arsitektur Jawa dan Eropa yang menghiasi setiap interior hingga ornamen-ornamen di setiap sudutnya. Destinasi wisata yang satu ini menyimpan beragam koleksi peninggalan dari Kerajaan Mataram dan Majapahit. Di ruang Pringgitan, pengunjung akan disuguhkan dengan beragam foto dan barang-barang milik keluarga kerajaan. Ada juga koleksi uang-uang kuno, senjata, perhiasan cantik, hingga peralatan makan dan minum yang terbuat dari perak hingga crystal. Berkunjung ke Pura Mangkunegaran akan semakin memperkaya wisata Surakarta sobat travelling semua.

6. Galabo Solo

Galabo sendiri merupakan singkatan dari Gladak Langen Bagon sebagai pusat wisata kuliner Surakarta. Di tempat ini para wisatawan bisa menemukan aneka ragam makanan populer lezat yang siap untuk memanjakan lidah anda. Mulai dari Sate Kere Yu Rebi, Gudeg Ceker Margoyudan, Rawon Penjara, hingga Thengkleng Klewer Bu Ediyem. Galabo ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk menjadi tempat nongkrong sambil menikmati santapan lezat dan suasana kota Solo, hingga larut malam. Galabo Solo ini berlokasi di Jalan Mayor Sunaryo, tepatnya berada di sebelah selatan wisata Benteng Vastenburg.

7. Kebun Binatang Taru Jurug

Kebun Binatang Taru Jurug merupakan destinasi wisata ramah anak di Surakarta. Destinasi wisata ini berlokasi di Jalan Ir. Sutami, Kentingan, Jebres, Solo. Disini, pengunjung dapat melihat berbagai jenis flora dan fauna yang bisa menjadi wisata edukasi anak di Solo. Seperti Merak Hijau, Harimau Sumatera, Iguana, Komodo, dan masih banyak lagi. Bagi sobat yang ingin mengajak berwisata keluarga ke Surakarta, bisa juga nih mampir Kebun Binatang.

8. Pasar Triwindu Solo

      Pasar Triwindu atau yang dikenal dengan pasar Antik Triwindu ini merupakan pusat penjualan barang antik di kota Solo. Pasar ini di bangun pada tahun 1939 sebagai bentuk peringatan 24 tahun pemerintahan Mangkunegaran VII. Di pasar ini kalian bisa membeli berbagai benda seni mulai dari patung yang terbuat dari batu maupun kayu, uang kuno, radio lawas, senjata kuno, wayang, dan lainnya. Kini, Pasar Triwindu ini sudah menjadi wisata budaya Solo yang wajib dikunjungi. Tentunya, bisa menjadi serangkaian dari paket wisata Surakarta anda.

Itulah beberapa 8 rekomendasi tempat wisata Surakarta. Tak hanya wisata budaya saja, ternyata terdapat beberapa wisata yang menawarkan keindahan alamnya dan beberapa wisata yang digunakan sebagai tempat untuk berbelanja. Buat kalian yang berada di Solo kalian wajib untuk mengunjungi beberapa tempat wisata tersebut, selain berwisata kalian juga akan mendapatkan pengalaman yang baru.

So, are you interested in vacation to Surakarta or Solo?. Bingung harus cari travel online terbaik dan nggak mau ribet?

Yuk kunjungi Eksotikaindonesia.com yang siap untuk menemani liburan anda dengan ragam paket wisata Solo terbaik. Mulai dari paket wisata keluarga, honeymoon, hingga gathering Solo. Terima kasih untuk sobat yang telah membaca artikel kami dan sampai jumpa di artikel selanjutnya..

 
Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© eksotika indonesia