wisata malang
Paket Wisata Malang & Tour Bromo
 0853 199 66777
 0878 199 66777
 cs.eksotika@gmail.com
 eksotikaindonesia.com

Home Profil Paket Wisata Gallery Foto Client

CARA REFUND TICKET DARI MASKAPAI DAN SITUS BOOKING KARENA COVID19

Liburan menjadi satu hal penting dan menyenangkan yang selalu dinanti oleh banyak orang. Keluar dari rumah untuk sejenak refreshing seperti halnya menikmati wisata Malang, menjadi cita-cita banyak orang. Sudah dapat hari cuti dan tak sabar untuk membuat pikiran fresh lagi. Apalagi,  ketika berlibur bersama keluarga, pasangan dan sahabat, mereka memang selalu jadi partner terbaik.

Namun, banyak juga lho wisatawan yang berminat untuk melakukan solo traveling atau perjalanan yang dilakukan seorang diri. Hanya saja masih terkendala oleh adanya pandemi ini. Next, kita bisa agendakan untuk menikmati paket wisata Malang selepas covid19 ini reda.

Persiapan yang sudah kita lakukan jauh-jauh hari demi harga yang murah. Eh, terpaksa harus ditunda lebih dulu, demi menjaga keselamatan diri. Tidak mengapa, lain kali kalian tetap bisa menghubungi Eksotika Indonesia jika ingin menikmati paket wisata Malang, Bromo, Bali dan Lombok.

Akibat adanya pandemi Covid19, banyak larangan untuk bepergian ataupun melakukan perjalanan diberbagai kota bahkan dunia. Untuk memerangi penyebaran virus Corona, sejumlah negara juga telah mengurangi dan menghentikan penerbangan ke beberapa daerah tujuan untuk sementara. Hal tersebut juga membuat banyak orang terpaksa membatalkan liburan.

Lalu, bagaimana dengan nasib tiket pesawat yang sudah kita booking dari jauh-jauh hari?.

Kalau mengajukan pembatalan perjalanan, apakah pihak maskapai akan mengembalikan uangnya secara utuh atau sebagian saja?.

Eits, jangan panik berkepanjangan dulu. Tenang, cara membatalkan tiket pesawat itu tidak sulit, kok. Simak ulasan berikut tentang penjelasan dan cara pembatalan ticket (refund) sampai tuntas!.

Berikut Aturan Refund Berdasarkan Jenisnya

1. Refund Tiket Pesawat Dari Pihak Maskapai

Seperti biasanya, pihak maskapai akan melakukan pembatalan apabia ada sesuatu yang dapat mengganggu penerbangan. Seperti kerusakan pesawat secara mendadak, bencana alam di kota tujuan atau cuaca buruk dalam jangka panjang.

Menurut Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 185 Tahun 2015, refund atau pembatalan tiket yang diakibatkan oleh bencana alam akan dikenakan biaya pembatalan sebesar 10-20% untuk setiap penumpang. Kendati demikian, tak heran jika cara refund di setiap maskapai punya cara yang berbeda.

Namun, apabila pembatalan dilakukan secara sepihak oleh maskapai, maka maskapai akan menanggung uang pengembalian secara utuh sebesar  100%.

2. Refund Tiket Berdasarkan Permintaan Penumpang

Nah, kalau jenis seperti ini berarti pembatalan disesuaikan dengan keputusan penumpang sendiri. Namun, tetap diingat bahwa masing-masing maskapai punya cara refund sendiri.

Sejauh ini, belum ada pihak maskapai yang  melakukan pengembalian uang penumpang sampai secara utuh atau  100%. Biasanya hanya sebesar 50% dari jumlah harga tiket yang sebelumnya sudah dibayar oleh penumpang.

Cara Mudah Refund Tiket Pesawat

1. Hubungi Call Center Pihak Maskapai

Cara yang pertama, kamu dapat menghubungi telepon pusat pihak maskapai. Kamu bisa menghubunginya kapan saja, karena biasanya layanan tersebut dapat beroperasi selama 24 jam. Setelah itu, pihak maskapai akan meminta beberapa dokumen sebagai validasi data. Mulai dari scan atau butki foto pembelian tiket serta data diri.

2. Situs Online Pemesanan Tiket

Saat mengajukan pembatalan tiket atau refund melalui situs pemesanan, jangan lupa untuk melampirkan kode booking, nomer tiket dan bukti identitas diri saat pengajuan. Tips supaya cepat di proses, ada baiknya untuk mengajukan refund pada hari dan jam kerja.

3. Pembatalan Lewat Travel Agent?

Untuk kamu yang melakukan pemesanan tiket pesawat melalui travel agent, kamu juga bisa kok untuk melakukan refund di travel agent tersebut. Namun, pastikan saat melakukan refund, tiket pesawat masih dalam masa validitas yang berlaku. Yakni selama tiga bulan terhitung sejak tanggal keberangkatan.

Jika tiket pesawat sudah melewati waktu validitasnya, maka tiket tersebut sudah tidak dapat di refund. Begitu pula jika kamu sudah melakukan check-in ticket baik di bandara maupun secara on-line. Gapapa lah ya, terpaksa wisata ke Malang dan berbagai destinasi lainnya menjadi ditunda dahulu.

Kira-kira Uang Kembali Berapa Ya? Nah, Berikut Kebijakan Refund Untuk Maskapai Garuda Indonesia

Dikutip dari berbagai sumber, berikut kebijakan refund maskapai besar Garuda Indonesia. Namun, tetap diingat bahwa kebijakan ini dapat berubah ya. Informasi penting: kebijakan berbeda pada setiap sub kelas dan tidak akan mendapat pengembalian untuk biaya Add On, IWJR dan VAT (Value-Added Tax).

– Waktu di atas 72 jam, sebelum jadwal keberangkatan mendapatkan pengembalian sebesar 75 persen dari tarif dasar.

– Waktu di bawah 72 sampai dengan 48 jam sebelum jadwal keberangkatan mendapatkan pengembalian 50 persen dari tarif dasar.

– Waktu di bawah 48 sampai dengan 24 jam sebelum tanggal keberangkatan, mendapatkan uang pengembalian sebesar 40 persen dari tarif dasar.

– Di bawah 24 sampai dengan 12 jam sebelum jadwak keberangkatan  mendapatkan pengembalian sebesar 30 persen dari tarif dasar.

– Di bawah 12 sampai dengan 4 jam sebelum waktu keberangakatan akan mendapat pengembalian sebesar 20 persen dari tarif dasar.

– Di bawah 4 jam sebekum waktu keberangkatan akan mendapatkan pengembalian 10 persen dari tarif dasar.

Masih Bingung? Yuk Intip Cara Refund Di Situs Traveloka

Langkah pertama, klik bagian Pesanan. Pilih pesanan yang akan dibatalkan, kemudian klik Atur Pesanan pada bagian bawah. Lalu klik refund.

 – Langkah kedua, klik Baca Kebijakan sebagai ulasan menganai aturan kebijakan dari perusahaan tersebut dan mengetahui jumlah Estimasi Jumlah Refund yang disesuaikan dengan Alasan Refund kamu.

 – Langkah ketiga, pilih penerbangan yang ingin kamu batalkan, lalu klik Lanjutkan. Klik Pilih Alasan yang sesuai dengan kamu dan klik Simpan. Klik Pilih Penumpang, dan pilih nama penumpang yang ingin kamu batalkan. Klik Tentukan Alasan Refund, kemudian pilih alasan kamu dan klik Simpan. Klik Lanjutkan.

 – Langkah keempat, cek kembali refund atau pembatalan yang kamu lakukan dan klik Ajukan Refund. Jika sudah dirasa benar, lanjutkan untuk mengeklik Ya, lalu Lanjutkan sebagai konfirmasi bahwa detail pengajuan kamu sudah benar.

 – Langkah kelima, konfirmasikan akun traveloka kamu dengam mengeklik Kirim untuk mengirim kode verifikasi ke nomor ponsel kamu. Jika sudah menerima kode verifikasi, masukkan dan klik Verifikasi. Kemudian, akan muncul status permintaan refund kamu sudah diajukan.

Okay, demikian ulasan mengenai cara refund tiket pesawat dari pihak maskapai, penumpang sampai travel agent. Semoga membantu dan bermanfaat bagi para sobat traveller. Tetap semangat jalani aktivitas dan semakin produktif. Lakukan hal positif dan menyenangkan untuk isi hari-hari di masa pandemi. Tahan dulu rencana berwisata ke berbagai destinasi di Jawa seperti wisata Malang, Bali, Bandung dan Jogjakarta.

Yuk, saat siap-siap untuk rencanakan liburan impian kamu bersama Eksotika Indonesia sebagai travel online terbaik di Indonesia. Telah dipercaya lebih dari 1000 klien dan perusahaan di Indonesia. Pelayanan dan Customer Service yang ramah dan tanggap siap untuk membantu. Bahkan, banyak dari para klien yang berulang kali menggunakan jasa travel agent terbaik kami. Khususnya untuk menikmati wisata Malang dan Bromo.

Terimakasih untuk sobat yang telah membaca artikel kami, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!. Jangan lupa pesan paket wisata Malang dan Bali hanya di Eksotika Indonesia Tour. Stay healthy, guys!.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© eksotika indonesia