wisata malang
Paket Wisata Malang & Tour Bromo
 0853 199 66777
 0878 199 66777
 cs.eksotika@gmail.com
 eksotikaindonesia.com

Home Profil Paket Wisata Gallery Foto Client

TAMAN BALAIKOTA BANDUNG

Salam bahagia untuk sobat Eksotika Indonesia sekalian. Bagaimana kabak sobat semua masih sabar untuk tetap berada di rumah yaaa di tengah kondisi pandemi ini kita tepat berikhtiar semaksimal mungkin. Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai salah satu destinasi wisata yang lagi-lagi berasal dari kota Bandung Provinsi Jawa Barat. Yak Taman Balaikota Bandung.

Memang ya, jikalau membahas tentang wisata di Bandung, dijamin tak akan ada habisnya. Apalagi, kota Kembang ini memang selalu bisa untuk membuat rindu para tamunya. Rindu dengan suasana kota Bandung dan beragam suguhan wisatanya yang sungguh unik dan menarik. Kali ini kita akan kupas tuntas ada apa saja sih di Balaikota Bandung?

Taman Balaikota Bandung menjadi salah satu tempat yang sedang populer dikalangan masyarakat Bandung. Tapi siapa sangka jika dulunya destinasi ini memiliki peranan penting dalam sejarah. Dikutip dari Wikipedia, dulunya destinasi ini merupakan tempat yang digunakan sebagai gudang kopi seorang Tuan Tanah bernama Andries de Wide yang berasal dari Priangan.

Hingga pada tahun 1927, gudang kopi ini diruntukan dan beraih fungsi menjadi ruang kerja wali kota. Namun, tak hanya disediakan sebuah bangunan saja, tetapi juga ada sebuah taman yang melengkapinya.

Dulunya, taman Balaikota  ini juga lebih sering dikenal dengan nama Taman Dewi Sartika. Hal ini dikarenakan ada sebuah patung Dewi Sartika. Seperti yang sudah kita kenal Dewi Sartika adalah seorang tokoh perintis pendidikan bagi kaum wanita.

Selain menyajikan keindaan alam dan juga kesejukan kota Bandung, destinasi ini juga menyediakan beragam spot dan fasilitas menarik yang bisa anda nikmati. Kira-kira apa aja ya?

Spot Dan Aktivitas Seru Di Taman Balaikota Bandung

1.    Menemukan Jalan Keluar Di Taman Labirin

Taman Labirin ini merupakan wahana paling asik dan paing disukai oleh para wisatawan yang berkunjung. Taman Labirinnya Balaikota  Bandung punya 4 penjuru yang bisa gunakan untuk pintu masuk. Disini, para pengunjung harus bisa menemukan jalan keluar dari wahana labirin ini.

Pengunjung tidak akan bisa untuk melihat keadaan sekitar. Karena seperti permainan labirin pada umumnya, taman labirin ini juga dibentengi oleh dinding rerumputan yang sangat tinggi. Membuat para pengnjung hanya terfokus untuk memikirkan jalur terbaik yang akan membawanya menuju pintu keluar. Dijamin asyik dan seru deh, guys!

2.    Olahraga Jogging

Wisata Taman Balikota Bandung ini juga menyediakan track untuk para pengunjung yang ingin melakukan jogging. Walaupun terletak di pusat kota, tapi tak membuat destinasi ini tercemar oleh polusi.

Sengaja berderet-deret pohon hijau rindang di tanam di sekitar taman. Tentu saja membuat taman ini semakin sejuk dan menjadi tempat yang pas untuk berolahraga di pagi dan atau sore hari. Sering juga menjadi destinasi wisata yang cocok untuk wisata olahraga Bandung.

3.    Mengabadikan Potret Diri Di Spot-Spot Menarik : Gembok Cinta

Wisata Taman Balaikota Bandung ini menyediakan beragam spot foto menarik, lho. Salah satunya adalah spot Gembok Cinta yang juga menjadi spot iconic di Taman Balaikota ini. Biasanya, spot ini sering didatangi oleh para pasangan muda-mudi untuk mengabadikan momen indah mereka.

Seperti Gembok Cinta pada umumnya, disini kita juga dapat mengaitkan sebuah gembok sebagai simbol bahwa cinta mereka akan langgeng. Tak hanya Gembok Cinta saja, Taman Balaikota  Bandung juga menyediakan spot foto Taman Bunga Berhias. Tamannya orang Bandung ini juga menyuguhkan dereta bunga warna-warni yang ditata dengan rapi. Bahkan, ada juga segerombolan merpati yang juga ikut menghiasi spot taman ini. Membuat setiap hasil jepretan foto anda semakin terlihat cantik dan instagramable.

4.    Area Bermain Dan Kebugaran

Bagi pengunjung yang membawa si kecil, tak perlu khawatir jika si kecil akan bosan. Taman Blaikota ini juga mnyediakan beragam permainan untuk anak-anak. Seperti, ayunan dan jungkat-jungkit.

Namun, bagi para pengunjung dewasa juga tak perlu risau. Jika anda bosan, anda bisa melakukan aktivitas olahraga. Disini, anda akan disuguhkan dengan area olahraga yang dilengkapi dengan alat-alat olahraga sederhana. Area kebugaran ini dapat anda gunakan kapan pun tanpa batasan waktu yang ditentukan.

5.    Tempat Nongkrong Yang Asik

Selain dapat digunakan untuk wisata keluarga, destinasi ini juga cocok lho untuk tempat hangoutnya anak muda. Destinasi ini juga menyuguhkan suasana yang rindang nan asri, membuat tempat ini menjadi pilihan yang pas untuk tempat berkumpul. Selain itu, biasanya tempat ini juga dijadikan sebagai tempat untuk diadakannya aktivitas anak muda. Seperti latihan menari, parkour, dan kegiatan lainnya.

6.    Bermain Air Sungai

Ada aliran sungai yang mengaliri destinasi wisata Taman Balaikota ini, yaitu Sungai Cikapayang. Walaupun destinasi ini tidak menyediakan fasilitas kolam renang, tapi setidaknya sungai ini bisa jadi alternatifnya. Sungai ini sudah melalui proses penyaringan yang aman, sehingga dapat digunakan oleh anak-anak untuk bermain air.

 

Fasilitas Wisata Taman Balaikota Bandung

  • Area Parkir
  • Mushola
  • Area Olahraga
  • Layanan Kesehatan Puskesmas Kecil
  • Spot Foto Menarik
  • Taman Hewan

Satu fasilitas unik dan menarik yang perlu kami bahas di sini adalah tempat sampah. Ada keunikan tersendiri di mana tempat sampah di cat berwarna-warni da nada gambar yang sesuai yang berfungsi untuk memilah.

Jadi misalnya ada tempat sampah warna biru lalu ada gambar botol, plastic kresek maka tempat sampah itu khusus untuk sampah kering. Juga warna warna yang lainnya yang juga ada gambarya masing-masing. Menarik bukan??

Lokasi Dan Rute Menuju Lokasi Taman Balaikota Bandung

Destinasi wisata Taman Balaikota Bandung ini berlokasi di Jalan Wastukencana No.2, Babakan, Ciamis, Sumur Sandung, Kota Bandung. Anda bisa mencapai lokasi ini baik dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Untuk menemukannya anda bisa menggunakan aplikasi google map, ya.

Jika anda menggunakan angkutan umum, carilah rute menuju Kelapa-Ledeng, Stasiun Hall-Dago, Antapani-Ciroyom, Stasiun Hall-Ciumbuleuit, dan Margahayu-Ledeng. Jangan lupa untuk bilang kepada pak supir untuk turun di Taman Balaikota Bandung, ya. Hingga sampaila di lokasi Taman Balaikota Bandung yang anda cari.

Tiket Masuk & Jam Buka Taman Balaikota Bandung

Untuk memasuki Taman Balaikota Bandung ini, anda tidak akan dipungut biaya sedikitpun alias gratis, lho. Sementara untuk jam operasional destinasi ini dibuka setiap hari mulai dari jam 7 pagi sampai dengan jam 8 malam. Namun, sebenarnya Taman Balaikota Bandung ini memiliki jam kunjung selama 24 jam, jadi anda tak perlu khawatir jika ingin berlama-lama untuk menikmati destinasi ini.

Demikian ulasan mengenai destinasi wisata Taman Balaikota Bandung yang bisa anda masukkan ke dalam list perjalanan wisata anda. Tentunya dapat anda nikmati dengan suguhan beragam paket wisata Bandung di Eksotika Indonesia. Terimakasih sobat Eksotika Indonesia yang telah membaca artikel kami dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tak lupa kami ucapkan Selamat beribadah puasa bagi sobat Eksotika Indonesia yang menjalankan dan mohon maaf lahir batin Selamat Idul Fitri 1441 H / 2020 M. Semoga ibadah kita semua diterima dan diberikan keberkahan serta diberikan umur utuk bertemu dengan Ramadhan tahun yang akan dating, Aamiin.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© eksotika indonesia