wisata malang
Paket Wisata Malang & Tour Bromo
 0853 199 66777
 0878 199 66777
 cs.eksotika@gmail.com
 eksotikaindonesia.com

Home Profil Paket Wisata Gallery Foto Client

WEDANG RONDE MINUMAN HANGAT LEGENDARIS

Holaaa holaaaa gaes.. ada yang belum pernah nge-wedang ronde. Wedang sama dengan minuman dalam bahasa Jawa. Ronde adalah nama jenis minuman hangat yang endues.. Ayooo siapa yang mau ditraktir wedang Ronde cung….

Wedang Ronde Legend Mbah Payem

Yogyakarta salah satu kota budaya di Indonesia yang selalu punya keunikan yang khas masyarakat. Yang satu ini kita mau membahas satu jenis minuman tradisional khas. Yak wedang ronde. Sebenarnya mungkin minuman ini ada di beberapa kota di Indonesia. Bahkan mungkin di luar jawa karena banyak orang Jawa yang membawa kuliner ini sebagai komoditas di kota lain.

Jenis kuliner legendaris yang terus lestari dan tetap digemari semua kalangan di kota Jogja selain angkringan adalah Wedang Ronde. Ada satu wedang ronde yang saat ini justru banyak digemari oleh anak muda hits karena keunikannya terlanjur terekspose melalui kanal dunia maya. Ronde Mbah Payem salah satu warung wedang Ronde legendaris yang cukup tersohor di Jogja. Semakin terkenal dan banyak wisatawan Yogyakarta mencari dan memburu wedang ronde Mbah Payem ini karena mereka tergiur akan narasi dan persuasi khalayak negeri maya melalui tulisan gambar maupun materi materi video.

Oke sekarang kita bahas Mbah Payem dan tentunya Wedang ronde buatan tangannya. Warung ini telah ada sejak tahun 1965. Terletak di pinggir jalan dekat dengan Masjid Agung Kauman dan Obyek wisata Kraton Yogyakarta tepatnya di Jl. Kauman. Jangan dibayangkan seperti café atau restoran ya. Mbah Payem hanya berjualan di pinggir jalan dengan gerobak kecil dan kursi panjang untuk para pembeli. Satu kursi panjang bias untuk duduk berempat dan ada dua kursi merah tambahannya. Jika sudah jam 21.30 barulah ada tikar yang bisa digelar di depan toko optic samping lapak.

Sampai saat ini Mbah Payem sendirilah yang mengurus usahanya tersebut, secara langsung melayani para pembeli membuka lapak kecilnya sejak pukul 19.30 . Dengan baju dan tampilan sederhana layaknya simbah yaitu sebutan bagi senior di Jawa, terkadang ditambah sweater untuk menahan dingin angin malam Kota Yogyakarta.

Begitu juga untuk menu yang dihidangkan tak lain dan tidak bukan adalah wedang ronde. Sejak jam 17.00 mbah Payem sendiri mempersiapkan hidangannya, menumbuk tepung beras kemudian mengolahnya menjadi butir – butir ronde yang empuk. Hal itu dilakukannya untuk menjaga cita rasa hidangan buatannya. Beliau sendiri juga yang mengiris kolang kaling, menyiapkan kacang tanah dan juga memasak kuah jahenya. Ia memastikan bahwa rasa wedang ronde yg dibuatnya adalah wedang yg sehat tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan.

Saat ini usia mbah Payem beranjak 90 tahun. Di jaman persiden Soeharto mbah Payem sering diundang oleh petugas istana di Gedung Agung Yogyakarta untuk membuat hidangan minuman hangat tradisional. Sungguh mengesankan ya pengalaman mbah Payem sebagai seorang penjual kecil. Mbah Payem mengaku bahwa tidak mengambil banyak keuntungan dari wedang rondenya. Semangkuk wedang ronde mbah Payem menjualnya dengan harga Rp 6.000. Kalau Kalian ke Yogyakarta jangan lupa yaaa mampir dan cicipin wedang ronde buatan mbah Payem. Cus ke Jogja janjian sama Eksotika Indonesia

Pilihan Menu Minuman Hangat khas Solo

Ronde khas Solo bisa kita dapatkan di lapak kaki lima dekat Balai Kota Solo atau dekat Lapangan Manahan Solo tepat di depan SMAN 4 Solo. Wedang ronde khas Solo ada isian kacangnya pada bulatan ronde. Ditambah dengan butiran kacang di luar kemudian di siram dengan kuah jahe yang sarat dengan rasa pedas hangat sekaligus manis dan aroma wangi khas. Selain kacang wedang Ronde khas Soo ditambah juga dengan potongan kolang-kaling.

minuman hangat tradisional khas Solo ini biasanya mangkal pada pukul 19.00 – 22.00 WIB 

Selain wedang Ronde di Solo ada satu menu minuman hangat lainnya yaitu Wedang Kacang. Tidak hanya menjadi penghangat cuaca malam yaaa Wedang Kacang juga bisa menjadi pengisi perut. Karena seporsi wedang kacang ini terdiri dari kacang tanah dan juga ketan. Kuah siramnya terbuat dari santan menambah rasa gurih ke dalam seporsi wedang.

Kacang putih bersih didapatkan dari kacang tanah yang sudah dikupas kulit arinya. Kacang tanah tersebut juga mengalami proses presto sehingga tidak salah jika teksturnya sungguh empuk dan tidak perlu ngoyo (keras-keras) mengunyahnya sudah lumat. Ketan sebagai pelengkap karbohidrat begitu cocok didampingkan dengan kacang putih.

Wedang berwarna putih ini bisa dinikmati di Kawasan Keprabon. Kawasan yang sudah terkenal akan kulinernya ini tepatnya berada di Kampung Keprabon Timur, Kelurahan Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Solo. Sepanjang jalan Teuku Umar penuh dengan pilihan Kuliner termasuk juga wedang kacang putih.

Ronde Titoni Malang

Setelah dari Solo Jawa Tengah kita beranjak ke Kota Malang Jawa Timur gaes…

Warung Ronde Titoni ini telah melegenda sejak tahun 1948 . Waw usia yang cukup senior untuk kalangan pengusaha kuliner yaaa… 70 tahun bukan waktu singkat untuk membangun brand sebuah usaha. Tak heran jika banyak orang dan bahkan penggemar berat minuman hangat tradisional Titoni ini berasal dari daerah luar Malang. Selain itu di jaman penuh percepatan ini, segala daya informasi kecepatannya telah meruntuhkan jarak dan waktu. Perkembangan teknologi informasi mampu mendongkrak usaha –usaha kecil yang mungkin berada di daerah kecil nyempil tapi tetap bisa diketemukan oleh khalayak.

Kalau kalian ke Kota Malang jangan lupa burulah wedang ronde Titoni. Selain mencba pengalaman lidah mencicipi wedang ronde khas Malang, juga warung ini berada di kawasan yang sejuk, sehingga menu wedang ronde ini mengimbanginya dengan kehangatan yang pas dan khas.

Ada dua jenis Ronde di Warung Titoni. Wedang Ronde basah dan wedang ronde kering. Harganya berbeda, tekstur dan bentuk rondenya juga berbeda. Kalau Ronde basah butiran ronde halus di siram dengan kuah jahe. Dan untuk ronde kering bulatan rondenya dilumuri dengan bubuk kacang.

Ohya jangan lupa cek juga Paket Wisata Malang di sini. Nanti kalian bisa request untuk mampir ke Wedang Ronde Titoni sama mas driver.

Harga Ronde dibanderol dengan harga Rp 8.000 dan Rp 10.000. Cuup terjangkau bukan. Selain menu Ronde di Titoni ada juga wedang angsle yang juga menarik untuk di coba. Jangan ragu untuk mengudap cakwe dan roti goring khas Warung Titoni.

Resep Cara Membuat Wedang Ronde

Nah sekarang mimin mau update yaaa untuk resep wedang ronde. Supaya stay at home kalian enggak dingin dan membeku. Hahahaa udah gak boleh piknik nggak makan enak duh rasanya dunia udah mau males aja…

Supaya malam malam enggak gabut cus simak resep minuman hangat tradisional yang simple ini.

Bahan Bulatan Ronde :

Tepung ketan 300 gr

Tepung Kanji / Tapioka 150 gr

Air secukupnya

Bahan Isian ronde :

Kacang tanah goring buang kulitnya & haluskan

Gula Aren

Gula Pasir

Garam

Kuah jahe :

Jahe 6 bonggol di geprek

Gula jawa/pasir/batu

2 Sereh

Pandan (optional)

Air 1 liter

Bahan tambahan :

Kacang Tanah Kupas Sangrai

Kolang kaling rebus potong kecil-kecil

Roti Tawar (kalau suka)

 

Cara Membuat :

  1. Campur tepung tapioka/kanji, tepung ketan
  2. Aduk perlahan sambil masukan air uleni sampai bisa di buat bulatan-bulatan
  3. Campur semua bahan isian. Cicipi kalau sudah enak tambahkan air sedikit
  4. Ambil sebagian kecil adonan tepung. Pipihkan dan beri isian kacang. Sisihkan
  5. Rebus air, jahe, gula dan garam. Tes rasanya dan perbaiki dengan tambahan gula atau air.
  6. Masak adonan bulatan ronde ke dalam air mendidih hingga mengapung
  7. Siapkan mangkun atau gelas, siram ronde-ronde tadi dengan kuah jahe
  8. Tambahkan semua bahan tambahan secukupnya dan sesuai dengan selera

Tips

Jangan merendam bulatan ronde ke dalam air jahe. Karena bisa rusak bentuknya.

Naaahhaaa gimana gaes udah paham yak….silahkan bisa mencoba di rumah masing-masing. Semoga bermanfaat. Ohya katanya minuman jahe dapat meningkatkan daya tahan tubuh yaa dan juga mencegah virus yang lagi nge hits gila di penjuru dunia..

Tetep stay home, dan silahkan bisa ngelist daftar destinasi wisata yang pingin banget kamian kunjungi. Cek cek juga yaaa Paket Wisata Gathering ke Yogyakarta.

Sampai jumpaaaa^^

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© eksotika indonesia